Rumus Keliling Bangun Datar
Rumus Keliling Bangun Datar

Rumus Keliling Bangun Datar

Bangun datar merupakan benda geometri yang terdiri dari bidang-bidang datar. Contoh bangun datar di antaranya segitiga, persegi, persegi panjang, trapesium, dan lain-lain. Setiap bangun datar memiliki sifat-sifat khusus, termasuk rumus keliling. Rumus keliling bangun datar adalah rumus yang digunakan untuk menghitung panjang keliling dari suatu bangun datar.

Rumus Keliling Segitiga

Segitiga adalah bangun datar yang terdiri dari tiga sisi dan tiga sudut. Rumus keliling segitiga adalah jumlah panjang ketiga sisinya, yaitu:

Keliling = sisi 1 + sisi 2 + sisi 3

Contoh: Jika panjang sisi 1 = 5 cm, panjang sisi 2 = 6 cm, dan panjang sisi 3 = 7 cm, maka keliling segitiga tersebut adalah:

Keliling = 5 cm + 6 cm + 7 cm = 18 cm

Rumus Keliling Persegi

Persegi adalah bangun datar yang memiliki empat sisi yang sama panjang. Rumus keliling persegi adalah 4 kali panjang sisi, yaitu:

Keliling = 4 x sisi

Contoh: Jika panjang sisi persegi adalah 8 cm, maka keliling persegi tersebut adalah:

Keliling = 4 x 8 cm = 32 cm

Rumus Keliling Persegi Panjang

Persegi panjang adalah bangun datar yang memiliki dua pasang sisi yang sama panjang. Rumus keliling persegi panjang adalah 2 kali jumlah panjang dan lebar, yaitu:

Keliling = 2 x (panjang + lebar)

Contoh: Jika panjang persegi panjang adalah 10 cm dan lebarnya adalah 5 cm, maka keliling persegi panjang tersebut adalah:

Keliling = 2 x (10 cm + 5 cm) = 30 cm

Rumus Keliling Trapesium

Trapesium adalah bangun datar yang memiliki dua sisi sejajar dan dua sisi yang tidak sejajar. Rumus keliling trapesium adalah jumlah panjang keempat sisinya, yaitu:

Keliling = sisi 1 + sisi 2 + sisi 3 + sisi 4

Contoh: Jika panjang sisi 1 = 3 cm, panjang sisi 2 = 5 cm, panjang sisi 3 = 4 cm, dan panjang sisi 4 = 6 cm, maka keliling trapesium tersebut adalah:

Keliling = 3 cm + 5 cm + 4 cm + 6 cm = 18 cm

Kesimpulan

Setiap bangun datar memiliki rumus keliling yang berbeda-beda. Dengan mengetahui rumus keliling, kita dapat menghitung panjang keliling dari suatu bangun datar dengan mudah dan cepat. Berlatihlah menghitung rumus keliling bangun datar agar dapat mempercepat proses belajar dan memahami matematika dengan lebih baik.

Artikel Rumus Keliling Bangun Datar

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM