Diantara Kumpulan Berikut yang Termasuk Himpunan Adalah
Diantara Kumpulan Berikut yang Termasuk Himpunan Adalah

Diantara Kumpulan Berikut yang Termasuk Himpunan Adalah

Pengertian Himpunan

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kumpulan apa saja yang termasuk himpunan, kita perlu memahami terlebih dahulu apa itu himpunan. Himpunan dapat diartikan sebagai suatu kumpulan objek atau elemen yang memiliki sifat atau ciri-ciri yang sama.

Macam-macam Himpunan

Terdapat beberapa macam himpunan yang perlu kita ketahui, yaitu himpunan kosong, himpunan terbatas, himpunan tak terbatas, himpunan terdefinisi dan himpunan tak terdefinisi.1. Himpunan kosong adalah himpunan yang tidak memiliki elemen sama sekali. Contohnya adalah himpunan bilangan bulat positif yang kurang dari nol.2. Himpunan terbatas adalah himpunan yang jumlah elemennya terbatas. Contohnya adalah himpunan bulan dalam setahun yang terbatas hanya 12 bulan.3. Himpunan tak terbatas adalah himpunan yang jumlah elemennya tidak terbatas. Contohnya adalah himpunan bilangan bulat.4. Himpunan terdefinisi adalah himpunan yang elemennya dapat ditentukan secara jelas dan pasti. Contohnya adalah himpunan bilangan prima antara 1 sampai 10.5. Himpunan tak terdefinisi adalah himpunan yang elemennya tidak dapat ditentukan secara pasti. Contohnya adalah himpunan manusia di dunia.

Kumpulan yang Termasuk Himpunan

Berikut adalah kumpulan yang termasuk himpunan:1. Himpunan bilangan bulat positif kurang dari 10: {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}2. Himpunan anggota keluarga: {ayah, ibu, kakak, adik}3. Himpunan buah-buahan: {apel, jeruk, pisang, mangga, pepaya}4. Himpunan hari dalam seminggu: {Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, Minggu}5. Himpunan bahasa di Indonesia: {Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, Bahasa Bali}6. Himpunan warna pelangi: {merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu}7. Himpunan anggota parlemen di Indonesia: {DPR, DPD, MPR}8. Himpunan suku di Indonesia: {Jawa, Sunda, Batak, Minang, dll}9. Himpunan sungai di Indonesia: {Sungai Musi, Sungai Kapuas, Sungai Citarum, dll}10. Himpunan negara-negara di Asia: {Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dll}

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa himpunan adalah suatu kumpulan objek atau elemen yang memiliki sifat atau ciri-ciri yang sama. Terdapat beberapa macam himpunan, yaitu himpunan kosong, himpunan terbatas, himpunan tak terbatas, himpunan terdefinisi dan himpunan tak terdefinisi. Selain itu, terdapat juga beberapa kumpulan yang termasuk himpunan seperti himpunan bilangan bulat positif kurang dari 10, himpunan anggota keluarga, himpunan buah-buahan, himpunan hari dalam seminggu, dan lain sebagainya.

ArtikelDiantara Kumpulan Berikut yang Termasuk Himpunan Adalah

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM