Keutamaan Puasa Arafah
Keutamaan Puasa Arafah

Keutamaan Puasa Arafah

Puasa Arafah merupakan puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah. Puasa ini memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah:

1. Menghapuskan Dosa

Salah satu keutamaan puasa Arafah adalah dapat menghapuskan dosa-dosa yang telah dilakukan sebelumnya. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam hadits, “Puasa Arafah, aku berharap Allah SWT akan menghapuskan dosa satu tahun yang sudah lewat dan satu tahun yang akan datang” (HR. Muslim).

2. Mendapat Pahala Besar

Puasa Arafah juga memberikan pahala yang besar kepada orang yang melakukannya. Dalam hadits, Rasulullah SAW bersabda, “Puasa Arafah memberikan pahala dua tahun, satu tahun yang telah lewat dan satu tahun yang akan datang” (HR. Muslim).

3. Membuka Pintu Rezeki

Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits, “Puasa Arafah membuka pintu rezeki yang terkunci dan melimpahkan rizki dari Allah SWT” (HR. Ibnu Majah).

4. Mendapat Pengampunan Allah SWT

Orang yang melaksanakan puasa Arafah akan mendapatkan pengampunan dari Allah SWT. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam hadits, “Barangsiapa yang berpuasa pada Hari Arafah, dosanya yang telah lalu dan yang akan datang akan diampuni Allah SWT” (HR. Muslim).

5. Dapat Diterima Haji

Orang yang melaksanakan puasa Arafah juga akan mendapatkan kemudahan dalam menjalankan ibadah haji. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam hadits, “Puasa Arafah merupakan penebus dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang, serta merupakan syarat sahnya haji” (HR. Muslim).

6. Meningkatkan Ketaqwaan

Dalam hadits, Rasulullah SAW bersabda, “Puasa Arafah adalah ketaqwaan yang besar dan dapat menghapuskan dosa-dosa yang telah lewat” (HR. An-Nasa’i). Oleh karena itu, puasa Arafah dapat meningkatkan ketaqwaan seseorang kepada Allah SWT.

7. Memberikan Perlindungan dari Neraka

Orang yang melaksanakan puasa Arafah juga akan mendapatkan perlindungan dari neraka. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam hadits, “Puasa Arafah akan memberikan perlindungan dari neraka bagi orang yang melaksanakannya” (HR. At-Tirmidzi).

8. Menjadi Hari Raya Bagi Orang-orang yang Berpuasa

Orang yang melaksanakan puasa Arafah juga akan merayakan hari raya pada saat itu. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam hadits, “Puasa Arafah merupakan hari raya bagi orang yang berpuasa” (HR. Ad-Darimi).

9. Meningkatkan Kesabaran dan Keteguhan

Puasa Arafah juga dapat meningkatkan kesabaran dan keteguhan seseorang dalam menghadapi ujian hidup. Hal ini disebabkan karena puasa Arafah merupakan puasa yang cukup berat, sehingga membutuhkan kesabaran dan keteguhan dalam melaksanakannya.

10. Menjadi Teladan bagi Orang Lain

Melaksanakan puasa Arafah juga dapat menjadi teladan bagi orang lain dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT. Seorang muslim yang melaksanakan puasa Arafah dengan khusyuk dan penuh keikhlasan dapat menjadi inspirasi bagi orang lain untuk melakukan hal yang sama.

11. Meningkatkan Kecintaan kepada Allah SWT

Puasa Arafah dapat meningkatkan kecintaan seseorang kepada Allah SWT. Hal ini disebabkan karena puasa Arafah merupakan ibadah yang dilakukan dengan tujuan semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

12. Menjaga Kesehatan Tubuh

Puasa Arafah juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh seseorang. Hal ini disebabkan karena puasa Arafah dapat membantu membersihkan racun-racun dalam tubuh dan memperbaiki sistem pencernaan.

13. Menjalin Silaturahmi

Puasa Arafah juga dapat menjadi sarana untuk menjalin silaturahmi antar sesama muslim. Hal ini disebabkan karena puasa Arafah sering kali dilakukan bersama-sama dengan keluarga, saudara, dan teman-teman.

14. Menyucikan Hati dan Jiwa

Orang yang melaksanakan puasa Arafah juga akan merasakan kesucian hati dan jiwa. Hal ini disebabkan karena puasa Arafah dapat membantu membersihkan hati dan jiwa dari sifat-sifat buruk dan dosa-dosa yang telah dilakukan sebelumnya.

15. Meningkatkan Kekuatan Iman

Puasa Arafah dapat meningkatkan kekuatan iman seseorang. Hal ini disebabkan karena puasa Arafah merupakan ibadah yang dilakukan dengan penuh keikhlasan dan ketulusan, sehingga dapat memperkuat iman seseorang kepada Allah SWT.

16. Meraih Syurga

Orang yang melaksanakan puasa Arafah dengan ikhlas dan penuh keimanan akan mendapatkan tempat di syurga. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam hadits, “Barangsiapa yang berpuasa pada Hari Arafah, maka Allah SWT akan menulis baginya pahala seperti berpuasa selama satu tahun dan menghapuskan dosa-dosanya yang telah lewat. Allah SWT akan mengangkat derajatnya di sisi-Nya dan memberikan tempat di syurga” (HR. At-Tirmidzi).

17. Mendapatkan Berkah dari Allah SWT

Melaksanakan puasa Arafah juga akan memberikan berkah dari Allah SWT. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam hadits, “Puasa Arafah memberikan berkah pada rezeki dan keluarga” (HR. An-Nasa’i).

18. Menjadi Penebus Dosa

Puasa Arafah juga dapat menjadi penebus dosa-dosa seseorang. Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam hadits, “Puasa Arafah adalah penebus dosa satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang” (HR. Muslim).

19. Merasakan Ketenangan Hati

Orang yang melaksanakan puasa Arafah juga akan merasakan ketenangan hati. Hal ini disebabkan karena puasa Arafah dapat membantu seseorang untuk menenangkan hati dan fokus pada ibadah kepada Allah SWT.

20. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Puasa Arafah dapat membantu seseorang untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal ini disebabkan karena puasa Arafah merupakan ibadah yang dilakukan dengan tujuan semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Kesimpulan

Puasa Arafah memiliki banyak keutamaan bagi orang yang melaksanakannya. Selain dapat menghapuskan dosa, mendapatkan pahala besar, membuka pintu rezeki, dan mendapatkan pengampunan dari Allah SWT, puasa Arafah juga dapat meningkatkan ketaqwaan, memberikan perlindungan dari neraka, dan menjadi hari raya bagi orang yang berpuasa. Oleh karena itu, sudah selayaknya bagi setiap muslim untuk melaksanakan puasa Arafah dengan sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan.

Artikel Keutamaan Puasa Arafah

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM