Surat Yasin Ayat 82: Keutamaan Membaca Al-Quran
Surat Yasin Ayat 82: Keutamaan Membaca Al-Quran

Surat Yasin Ayat 82: Keutamaan Membaca Al-Quran

Surat Yasin adalah salah satu surat dalam Al-Quran yang memiliki banyak keutamaan. Salah satu ayat yang terdapat dalam surat ini adalah ayat 82 yang berbunyi:

“Dan apabila dibacakan Al-Quran, maka dengarkanlah baik-baik dan perhatikanlah dengan tenang, agar kamu mendapat rahmat.”

Artinya, ketika kita membaca Al-Quran, kita harus mendengarkan dengan baik dan perhatian agar kita bisa mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

Keutamaan Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran memiliki banyak keutamaan. Salah satunya adalah dapat menenangkan hati dan pikiran. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman:

“Dan Kami turunkan dari Al-Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Al-Isra: 82)

Artinya, Al-Quran bisa menjadi obat bagi orang yang beriman. Ketika kita membaca Al-Quran, hati dan pikiran kita akan menjadi tenang.

Selain itu, membaca Al-Quran juga bisa menjadi amal jariyah untuk kita. Dalam hadits riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa membaca satu huruf dari Kitabullah, maka baginya satu kebaikan (pahala), dan satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan yang semisal dengannya. Aku tidak mengatakan ‘Alif Lam Mim’ satu huruf, akan tetapi ‘Alif’ satu huruf, ‘lam’ satu huruf, dan ‘mim’ satu huruf.”

Artinya, setiap kali kita membaca Al-Quran, kita akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat.

Mendengarkan dan Memahami Al-Quran

Selain membaca Al-Quran, kita juga harus mendengarkan dan memahami makna dari Al-Quran. Dalam ayat 82 Surat Yasin, Allah SWT menyuruh kita untuk mendengarkan Al-Quran dengan baik dan perhatian.

Memahami Al-Quran juga sangat penting karena dengan memahami makna dari Al-Quran, kita bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari setiap ayat yang ada.

Memperbanyak Membaca Al-Quran

Untuk mendapatkan keutamaan dari membaca Al-Quran, kita harus memperbanyak membaca Al-Quran setiap hari. Dalam hadits riwayat Bukhari, Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa membaca Al-Quran maka baginya 10 kebaikan untuk setiap huruf yang dibacakannya.”

Artinya, setiap huruf yang kita baca di Al-Quran akan mendapatkan 10 kebaikan. Oleh karena itu, kita harus memperbanyak membaca Al-Quran agar mendapatkan kebaikan yang banyak pula.

Kesimpulan

Surat Yasin ayat 82 mengajarkan kita untuk mendengarkan Al-Quran dengan baik dan perhatian agar kita bisa mendapatkan rahmat dari Allah SWT. Membaca Al-Quran memiliki banyak keutamaan seperti menenangkan hati dan pikiran, mendapatkan pahala yang berlipat-lipat, dan bisa menjadi amal jariyah untuk kita. Selain membaca Al-Quran, kita juga harus memahami makna dari Al-Quran dan memperbanyak membaca Al-Quran setiap hari untuk mendapatkan kebaikan yang banyak.

Artikel Surat Yasin Ayat 82: Keutamaan Membaca Al-Quran

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM