Gunung Tertinggi di Jawa
Gunung Tertinggi di Jawa

Gunung Tertinggi di Jawa

Indonesia memiliki banyak sekali gunung yang tersebar di seluruh wilayahnya. Bahkan, Indonesia dijuluki sebagai negara dengan gunung terbanyak di dunia. Salah satu wilayah di Indonesia yang terkenal dengan keindahan gunungnya adalah Jawa. Jawa memiliki banyak sekali gunung yang menjadi tujuan para pendaki dari berbagai belahan dunia. Nah, berikut ini adalah beberapa gunung tertinggi di Jawa yang bisa kamu jelajahi.

Gunung Semeru (3.676 mdpl)

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung ini terletak di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Semeru adalah gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. Meskipun demikian, banyak pendaki yang tertarik untuk menaklukkan puncaknya. Pendakian gunung ini memerlukan waktu sekitar 2-4 hari tergantung kondisi fisik dan cuaca.

Gunung Slamet (3.428 mdpl)

Gunung Slamet adalah gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa. Gunung ini terletak di Jawa Tengah dan memiliki ketinggian sekitar 3.428 meter di atas permukaan laut. Gunung Slamet terkenal dengan keindahan puncaknya yang membentuk huruf “U”. Pendakian gunung ini memerlukan waktu sekitar 2-3 hari tergantung kondisi fisik dan cuaca.

Gunung Merbabu (3.145 mdpl)

Gunung Merbabu adalah gunung yang terletak di antara Kabupaten Magelang dan Boyolali, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.145 meter di atas permukaan laut. Merbabu terkenal dengan pemandangan matahari terbit yang sangat indah di puncaknya. Pendakian gunung ini memerlukan waktu sekitar 1-2 hari tergantung kondisi fisik dan cuaca.

Gunung Lawu (3.265 mdpl)

Gunung Lawu adalah gunung yang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.265 meter di atas permukaan laut. Lawu terkenal dengan keindahan pemandangan matahari terbit yang sangat indah di puncaknya. Pendakian gunung ini memerlukan waktu sekitar 1-2 hari tergantung kondisi fisik dan cuaca.

Gunung Sindoro (3.135 mdpl)

Gunung Sindoro adalah gunung yang terletak di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.135 meter di atas permukaan laut. Sindoro terkenal dengan keindahan puncaknya yang berbentuk tiga puncak. Pendakian gunung ini memerlukan waktu sekitar 2-3 hari tergantung kondisi fisik dan cuaca.

Gunung Sumbing (3.371 mdpl)

Gunung Sumbing adalah gunung yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.371 meter di atas permukaan laut. Sumbing terkenal dengan keindahan puncaknya yang memiliki panorama yang sangat indah. Pendakian gunung ini memerlukan waktu sekitar 2-3 hari tergantung kondisi fisik dan cuaca.

Gunung Raung (3.332 mdpl)

Gunung Raung adalah gunung yang terletak di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.332 meter di atas permukaan laut. Raung terkenal dengan keindahan puncaknya yang ditumbuhi oleh tumbuhan Edelweis. Pendakian gunung ini memerlukan waktu sekitar 3-4 hari tergantung kondisi fisik dan cuaca.

Gunung Argopuro (3.088 mdpl)

Gunung Argopuro adalah gunung yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Probolinggo dan Lumajang, Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.088 meter di atas permukaan laut. Argopuro terkenal dengan keindahan puncaknya yang memiliki panorama yang sangat indah. Pendakian gunung ini memerlukan waktu sekitar 2-3 hari tergantung kondisi fisik dan cuaca.

Gunung Arjuno (3.339 mdpl)

Gunung Arjuno adalah gunung yang terletak di Kabupaten Malang dan Mojokerto, Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.339 meter di atas permukaan laut. Arjuno terkenal dengan keindahan puncaknya yang menjulang tinggi dan ditumbuhi oleh hutan pinus. Pendakian gunung ini memerlukan waktu sekitar 1-2 hari tergantung kondisi fisik dan cuaca.

Gunung Lawu (3.265 mdpl)

Gunung Lawu adalah gunung yang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.265 meter di atas permukaan laut. Lawu terkenal dengan keindahan pemandangan matahari terbit yang sangat indah di puncaknya. Pendakian gunung ini memerlukan waktu sekitar 1-2 hari tergantung kondisi fisik dan cuaca.

Gunung Kendil (2.657 mdpl)

Gunung Kendil adalah gunung yang terletak di Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.657 meter di atas permukaan laut. Kendil terkenal dengan keindahan puncaknya yang memiliki panorama yang sangat indah. Pendakian gunung ini memerlukan waktu sekitar 1-2 hari tergantung kondisi fisik dan cuaca.

Gunung Ciremai (3.078 mdpl)

Gunung Ciremai adalah gunung yang terletak di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.078 meter di atas permukaan laut. Ciremai terkenal dengan keindahan puncaknya yang menjulang tinggi dan ditumbuhi oleh hutan pinus. Pendakian gunung ini memerlukan waktu sekitar 2-3 hari tergantung kondisi fisik dan cuaca.

Gunung Papandayan (2.665 mdpl)

Gunung Papandayan adalah gunung yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.665 meter di atas permukaan laut. Papandayan terkenal dengan keindahan puncaknya yang membentuk kawah dengan kawah-kawah kecil di dalamnya. Pendakian gunung ini memerlukan waktu sekitar 1-2 hari tergantung kondisi fisik dan cuaca.

Gunung Gede (2.958 mdpl)

Gunung Gede adalah gunung yang terletak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.958 meter di atas permukaan laut. Gede terkenal dengan keindahan puncaknya yang ditumbuhi oleh hutan pinus dan bunga Edelweis. Pendakian gunung ini memerlukan waktu sekitar 1-2 hari tergantung kondisi fisik dan cuaca.

Gunung Pangrango (3.019 mdpl)

Gunung Pangrango adalah gunung yang terletak di Kabupaten Sukabumi dan Cianjur, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.019 meter di atas permukaan laut. Pangrango terkenal dengan keindahan puncaknya yang ditumbuhi oleh hutan pinus dan bunga Edelweis. Pendakian gunung ini memerlukan waktu sekitar 1-2 hari tergantung kondisi fisik dan cuaca.

Artikel Gunung Tertinggi di Jawa

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM