Doa Sholat Istikharah: Cara Meminta Petunjuk Kepada Allah SWT
Doa Sholat Istikharah: Cara Meminta Petunjuk Kepada Allah SWT

Doa Sholat Istikharah: Cara Meminta Petunjuk Kepada Allah SWT

Sholat istikharah adalah salah satu sholat sunah yang dilakukan untuk meminta petunjuk kepada Allah SWT dalam mengambil keputusan. Sholat ini dapat dilakukan ketika seseorang merasa bimbang dan tidak tahu harus memilih jalan yang mana.

Cara Melakukan Sholat Istikharah

Sebelum melakukan sholat istikharah, sebaiknya kita memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Bersihkan diri dan tempat sholat
  2. Pilih waktu yang tepat untuk sholat istikharah
  3. Niatkan sholat istikharah dengan sungguh-sungguh
  4. Setelah selesai sholat, jangan lupa berdoa dengan doa istikharah

Setelah memperhatikan hal-hal tersebut, kita bisa melakukan sholat istikharah sebagai berikut:

  1. Sholat dua rakaat
  2. Pada rakaat pertama, setelah membaca Al-Fatihah, bacalah surat Al-Kafirun. Kemudian pada rakaat kedua, setelah membaca Al-Fatihah, bacalah surat Al-Ikhlas.
  3. Setelah selesai sholat, bacalah doa istikharah dengan khusyuk dan ikhlas.

Doa Istikharah

Berikut adalah doa istikharah yang bisa dibaca setelah selesai sholat istikharah:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ، اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِّيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ، فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِّيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ، فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ، وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, dan aku memohon kekuasaan kepada-Mu dengan kekuasaan-Mu. Aku memohon kepada-Mu dari karunia-Mu yang besar, karena sesungguhnya Engkau mampu sedangkan aku tidak mampu, Engkau mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui. Engkau-lah yang Maha Mengetahui segala yang ghaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini (sebutkan masalah yang akan diputuskan) adalah baik bagiku dalam agamaku, kehidupanku dan akibatnya di akhiratku, maka tentukanlah untukku dan mudahkanlah jalannya, kemudian berkatilah aku dalam keputusan itu. Dan jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini adalah buruk bagiku dalam agamaku, kehidupanku dan akibatnya di akhiratku, maka singkirkanlah dariku dan singkirkanlah aku darinya, serta tetapkanlah bagiku kebaikan di mana saja terdapatnya, kemudian jadikan aku ridha dengan keputusan-Mu.”

Kapan Harus Melakukan Sholat Istikharah?

Sholat istikharah bisa dilakukan saat kita akan mengambil keputusan penting, seperti menikah, membeli rumah atau mobil, memilih pekerjaan, dan lain sebagainya.

Ketika kita bimbang dan tidak tahu harus memilih jalan yang mana, sholat istikharah bisa menjadi solusi untuk meminta petunjuk pada Allah SWT.

Manfaat Melakukan Sholat Istikharah

Manfaat dari sholat istikharah adalah kita bisa merasa lebih tenang dan yakin dalam mengambil keputusan. Dengan melakukan sholat istikharah, kita memohon petunjuk pada Allah SWT yang Maha Mengetahui segala sesuatu. Kita bisa merasa lebih dekat dengan Allah SWT dan merasa lebih percaya diri dalam mengambil keputusan.

Kesimpulan

Sholat istikharah adalah salah satu cara untuk meminta petunjuk pada Allah SWT dalam mengambil keputusan. Dalam melakukan sholat istikharah, kita harus memperhatikan beberapa hal, seperti bersihkan diri dan tempat sholat, memilih waktu yang tepat, dan niat dengan sungguh-sungguh. Setelah selesai sholat, kita harus membaca doa istikharah dengan khusyuk dan ikhlas. Sholat istikharah bisa dilakukan saat kita akan mengambil keputusan penting dalam hidup kita. Dengan melakukan sholat istikharah, kita bisa merasa lebih tenang dan yakin dalam mengambil keputusan serta meminta petunjuk pada Allah SWT yang Maha Mengetahui segala sesuatu.

Artikel Doa Sholat Istikharah: Cara Meminta Petunjuk Kepada Allah SWT

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM