Ciri-ciri Radang Tenggorokan
Ciri-ciri Radang Tenggorokan

Ciri-ciri Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan atau pharyngitis adalah suatu kondisi di mana tenggorokan menjadi meradang dan membengkak. Radang tenggorokan dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti virus, bakteri, alergi, atau iritasi. Gejala yang muncul pada radang tenggorokan bisa berbeda-beda tergantung pada penyebabnya. Berikut adalah beberapa ciri-ciri radang tenggorokan yang perlu diketahui:

1. Nyeri Tenggorokan

Salah satu ciri-ciri radang tenggorokan yang paling umum adalah nyeri pada tenggorokan. Nyeri ini bisa terasa seperti terbakar atau terasa sakit saat menelan. Biasanya nyeri ini akan semakin parah jika seseorang memakan makanan atau minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin.

2. Pusing

Radang tenggorokan dapat menyebabkan seseorang merasa pusing atau lelah. Hal ini terjadi karena tubuh harus memproduksi lebih banyak sel darah putih untuk melawan infeksi yang terjadi pada tenggorokan. Produksi sel darah putih yang berlebihan dapat menyebabkan tubuh kelelahan dan merasa pusing.

3. Demam

Jika radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, maka seseorang dapat mengalami demam. Demam adalah suatu kondisi di mana suhu tubuh meningkat di atas normal (biasanya di atas 38 derajat Celsius). Demam ini terjadi karena tubuh sedang berusaha melawan infeksi yang terjadi pada tenggorokan.

4. Batuk

Seseorang yang mengalami radang tenggorokan juga bisa mengalami batuk. Batuk ini terjadi karena tenggorokan yang meradang menghasilkan lendir yang lebih banyak dari biasanya. Batuk ini bisa kering atau berdahak tergantung pada penyebab radang tenggorokan.

5. Suara Serak

Radang tenggorokan dapat menyebabkan seseorang memiliki suara serak atau suara parau. Hal ini terjadi karena terjadinya peradangan pada tenggorokan yang menyebabkan gangguan pada pita suara. Suara serak ini bisa membuat seseorang kesulitan berbicara atau berkomunikasi dengan orang lain.

6. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Radang tenggorokan juga bisa menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening di leher. Kelenjar getah bening ini berfungsi sebagai filter untuk melawan infeksi pada tubuh. Jika terjadi infeksi pada tenggorokan, maka kelenjar getah bening akan membesar karena sedang berusaha melawan infeksi tersebut.

7. Sulit Menelan

Radang tenggorokan dapat menyebabkan seseorang merasa sulit menelan makanan atau minuman. Hal ini terjadi karena tenggorokan yang meradang dan membengkak menghambat proses menelan. Jika sulit menelan terjadi dalam waktu yang lama, maka bisa menyebabkan dehidrasi atau malnutrisi.

8. Sakit Kepala

Radang tenggorokan bisa menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala. Hal ini terjadi karena tubuh sedang berusaha melawan infeksi pada tenggorokan yang menyebabkan peradangan. Peradangan ini bisa menyebar ke area sekitarnya seperti kepala dan leher sehingga menyebabkan sakit kepala.

9. Lemas

Radang tenggorokan juga bisa menyebabkan seseorang merasa lemas atau kehilangan energi. Hal ini terjadi karena tubuh sedang berusaha melawan infeksi pada tenggorokan sehingga membutuhkan banyak energi. Jika tidak diistirahatkan dengan baik, maka lemas bisa semakin parah dan menyebabkan tubuh menjadi lemah.

10. Nafas Pendek

Jika radang tenggorokan disebabkan oleh alergi, maka seseorang dapat mengalami nafas pendek atau sesak napas. Hal ini terjadi karena reaksi alergi pada tubuh yang menyebabkan saluran udara menjadi sempit. Nafas pendek ini bisa sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan cepat.

11. Mual dan Muntah

Seseorang yang mengalami radang tenggorokan bisa mengalami mual dan muntah. Hal ini terjadi karena peradangan pada tenggorokan yang mempengaruhi saluran pencernaan. Mual dan muntah ini bisa membuat seseorang kehilangan nafsu makan dan mengalami dehidrasi.

12. Gangguan Tidur

Radang tenggorokan bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan tidur. Hal ini terjadi karena nyeri pada tenggorokan yang membuat seseorang sulit tidur atau bangun-bangun di malam hari. Gangguan tidur ini bisa membuat tubuh menjadi lelah dan sulit berkonsentrasi di siang hari.

13. Sakit Telinga

Radang tenggorokan juga bisa menyebabkan seseorang mengalami sakit telinga. Hal ini terjadi karena saluran Eustachius yang menghubungkan tenggorokan dengan telinga terganggu oleh peradangan. Sakit telinga ini bisa sangat menyiksa dan membuat seseorang kesulitan berkonsentrasi.

14. Ruam Kulit

Jika radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus, maka seseorang bisa mengalami ruam kulit. Ruam kulit ini terjadi karena infeksi yang menyebar ke kulit dan menyebabkan kemerahan atau bintik-bintik kecil pada kulit. Ruam kulit ini bisa sangat gatal dan menyebabkan ketidaknyamanan bagi seseorang yang mengalaminya.

15. Diare

Jika radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri, maka seseorang bisa mengalami diare. Diare ini terjadi karena bakteri yang menyebar ke saluran pencernaan dan menyebabkan peradangan pada usus. Diare bisa sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan cepat karena bisa menyebabkan dehidrasi dan kekurangan elektrolit.

16. Tenggorokan Kering

Radang tenggorokan bisa menyebabkan seseorang merasa tenggorokan menjadi kering dan gatal. Hal ini terjadi karena produksi saliva atau air liur menjadi berkurang akibat peradangan pada tenggorokan. Tenggorokan kering ini bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman dan sulit berkonsentrasi.

17. Lesu

Radang tenggorokan bisa menyebabkan seseorang merasa lesu atau tidak bertenaga. Hal ini terjadi karena tubuh sedang berusaha melawan infeksi pada tenggorokan sehingga membutuhkan banyak energi. Lesu ini bisa semakin parah jika tidak diistirahatkan dengan baik dan bisa mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

18. Kehilangan Suara

Jika radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang parah, maka seseorang bisa kehilangan suara. Hal ini terjadi karena peradangan pada tenggorokan yang menyebabkan gangguan pada pita suara. Kehilangan suara ini bisa menyebabkan seseorang kesulitan berkomunikasi dengan orang lain dan mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

19. Kelenjar Getah Bening Bengkak

Jika radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi yang parah, maka kelenjar getah bening di leher bisa membengkak secara signifikan. Kelenjar getah bening yang

Artikel Ciri-ciri Radang Tenggorokan

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM