Doa Shalat Istikharah: Panduan dan Manfaatnya
Doa Shalat Istikharah: Panduan dan Manfaatnya

Doa Shalat Istikharah: Panduan dan Manfaatnya

Shalat istikharah adalah salah satu doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk meminta petunjuk Allah SWT dalam mengambil keputusan. Shalat istikharah bisa dilakukan dalam berbagai hal, seperti memilih jodoh, memilih pekerjaan, atau memutuskan suatu hal.

Cara Melakukan Shalat Istikharah

Untuk melakukan shalat istikharah, pertama-tama kita harus melakukan shalat sunnah dua rakaat. Setelah itu, bacalah doa istikharah yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Setelah selesai membaca doa, berdoalah kepada Allah SWT untuk meminta petunjuk dalam mengambil keputusan.

Setelah itu, tidurlah dengan tenang dan jangan memikirkan apapun. Jika dalam tidur kita bermimpi, maka mimpi tersebut bisa menjadi petunjuk dari Allah SWT. Namun, jika tidak bermimpi, maka kita harus memilih keputusan yang menurut kita terbaik.

Manfaat Shalat Istikharah

Shalat istikharah memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita. Pertama, shalat istikharah membantu kita dalam mengambil keputusan yang tepat. Dalam kehidupan, seringkali kita dihadapkan pada pilihan yang sulit. Dengan melakukan shalat istikharah, kita bisa meminta petunjuk dari Allah SWT untuk memilih yang terbaik.

Kedua, shalat istikharah membantu kita dalam meningkatkan keimanan. Dalam melakukan shalat istikharah, kita harus yakin bahwa Allah SWT akan memberikan petunjuk yang terbaik untuk kita. Hal ini akan membuat kita semakin dekat dengan Allah SWT dan meningkatkan keimanan kita.

Ketiga, shalat istikharah membantu kita dalam mengatasi kecemasan. Dalam mengambil keputusan, seringkali kita merasa cemas dan takut akan mengambil keputusan yang salah. Dengan melakukan shalat istikharah, kita bisa merasa tenang karena yakin bahwa Allah SWT akan memberikan petunjuk yang terbaik untuk kita.

Doa Shalat Istikharah

Berikut adalah doa shalat istikharah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَا أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلَا أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوْبِ، اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ خَيْرٌ لِّيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ، فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ شَرٌّ لِّيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ، فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ، وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ ارْضِنِيْ بِهِ،

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang maha luas, aku memohon kepada-Mu kekuatan yang maha kuat dan aku memohon kepada-Mu karunia yang maha besar. Engkau mampu sedangkan aku tidak, engkau mengetahui sedangkan aku tidak, dan Engkau mengetahui segala yang ghaib. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini baik bagiku dalam agamaku, kehidupanku dan akibat perkaraku, maka takdirkanlah untukku dan mudahkanlah jalannya, kemudian berilah berkah padaku dalam urusan tersebut. Dan jika Engkau mengetahui bahwa urusan ini buruk bagiku dalam agamaku, kehidupanku dan akibat perkaraku, maka jauhkanlah aku darinya dan jauhkanlah urusan tersebut dariku, kemudian takdirkanlah kebaikan bagiku dimana saja yang Engkau kehendaki dan ridhai aku dengan keputusan tersebut.”

Kesimpulan

Shalat istikharah adalah doa yang bisa membantu kita dalam mengambil keputusan yang tepat. Dalam melakukan shalat istikharah, kita harus yakin bahwa Allah SWT akan memberikan petunjuk yang terbaik untuk kita. Dengan melakukan shalat istikharah, kita bisa mengatasi kecemasan dan meningkatkan keimanan kita. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan meminta petunjuk dari Allah SWT dalam segala hal yang kita lakukan.

Artikel Doa Shalat Istikharah: Panduan dan Manfaatnya

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM