TEKNOBGT
Ayat Tentang Bersyukur
Ayat Tentang Bersyukur

Ayat Tentang Bersyukur

Bersyukur adalah salah satu sikap yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Bersyukur berarti mengucapkan terima kasih atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Ada banyak ayat dalam Al-Quran yang mengajarkan tentang pentingnya bersyukur. Berikut ini adalah beberapa ayat tentang bersyukur yang perlu kita ketahui:

1. QS. Ibrahim ayat 7

“Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.

Ayat ini mengajarkan bahwa Allah akan memberikan lebih banyak nikmat kepada orang yang bersyukur. Oleh karena itu, kita harus selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah.

2. QS. An-Nahl ayat 114

“Maka makanlah dari rezeki yang diberikan Allah kepadamu, halal dan baik, dan bersyukurlah atas nikmat Allah, jika kamu hanya kepada-Nya menyembah”.

Ayat ini mengajarkan bahwa kita harus selalu bersyukur atas rezeki yang telah diberikan oleh Allah dan hanya menyembah-Nya.

3. QS. Luqman ayat 12-13

“Dan sesungguhnya Luqman memberi nasihat kepada anaknya, lalu ia berkata: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar”. Dan Kami telah memerintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu-bapakmu, hanya kepada-Ku lah kembalimu”.

Ayat ini mengajarkan bahwa kita harus selalu bersyukur kepada Allah dan juga kepada kedua orang tua kita yang telah memberikan kita kehidupan dan merawat kita sejak kecil.

4. QS. Al-Baqarah ayat 152

“Oleh karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku akan ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku”.

Ayat ini mengajarkan bahwa kita harus selalu mengingat Allah dan bersyukur kepada-Nya atas segala nikmat yang telah diberikan.

5. QS. Al-A’raf ayat 43

“Dan Kami hapuskan segala kebencian dari dada mereka, (sehingga) mereka mengalirkan (satu sama lain) kata-kata yang penuh kasih sayang di antara mereka. Dan Kami jadikan bagi mereka surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya. Itulah balasan orang-orang yang berbuat baik”.

Ayat ini mengajarkan bahwa bersyukur kepada Allah akan membawa kebahagiaan dan kedamaian di hati. Allah akan menghapus segala kebencian dari dada kita dan memberikan balasan yang baik bagi orang yang berbuat baik.

6. QS. Al-Isra ayat 78

“Dirikanlah shalat untuk mengingat Aku”.

Ayat ini mengajarkan bahwa shalat adalah salah satu cara untuk mengingat Allah dan bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan.

7. QS. Ibrahim ayat 34

“Dan dijadikan bagi setiap umat (suatu garis yang jelas), supaya apabila datangnya azab mereka, mereka dapat diberi peringatan. Mereka itu tidak beriman kepada ayat-ayat Tuhan mereka dan tidak pula kepada (pertemuan dengan-Nya pada hari) kiamat nanti, dan Kami jadikan bagi mereka suatu pemisah antara satu hati dengan hati yang lain. Dan (sebab) itu mereka tidak memahami (Al-Quran),”.

Ayat ini mengajarkan bahwa orang yang tidak bersyukur kepada Allah akan diberi peringatan dan akan mengalami kesulitan di dunia dan akhirat. Oleh karena itu, kita harus selalu bersyukur kepada Allah dan beriman kepada ayat-ayat-Nya.

Kesimpulan

Ada banyak ayat dalam Al-Quran yang mengajarkan tentang pentingnya bersyukur. Dengan bersyukur, kita akan merasakan kebahagiaan dan kedamaian di hati serta mendapatkan lebih banyak nikmat dari Allah. Oleh karena itu, mari kita selalu mengucapkan terima kasih atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah dan berusaha untuk selalu bersyukur dalam setiap keadaan.

Artikel Ayat Tentang Bersyukur

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM