Peraturan Bola Basket
Peraturan Bola Basket

Peraturan Bola Basket

Bola basket adalah olahraga yang sangat populer di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, olahraga ini sangat diminati oleh banyak orang. Namun, agar dapat bermain bola basket dengan benar, kita harus memahami peraturan-peraturannya terlebih dahulu.

Jumlah Pemain

Pertandingan bola basket dimainkan oleh dua tim, masing-masing terdiri dari lima pemain. Jumlah pemain yang diizinkan untuk berada di bangku cadangan tergantung pada aturan yang diterapkan oleh liga atau kompetisi tempat pertandingan berlangsung.

Waktu Pertandingan

Pertandingan bola basket terdiri dari empat quarter, masing-masing berdurasi 12 menit. Jika terjadi overtime, maka durasinya adalah lima menit. Selama pertandingan, tim memiliki kesempatan untuk melakukan time-out, yaitu istirahat singkat untuk membahas strategi.

Poin

Untuk mencetak poin, bola harus melewati ring atau keranjang yang terletak di ujung lapangan lawan. Setiap bola yang berhasil melewati ring akan dihitung sebagai dua poin, kecuali jika tembakan tersebut dilakukan dari luar garis tiga angka, maka akan dihitung sebagai tiga poin. Jika pemain melakukan tembakan bebas, maka poin yang didapat adalah satu poin.

Pelanggaran

Terdapat berbagai jenis pelanggaran dalam bola basket, seperti travelling, double dribble, dan offensive foul. Jika terjadi pelanggaran, maka hakim akan memberikan bola kepada tim lawan atau memberikan kesempatan untuk melakukan tembakan bebas.

Out of Bounds

Jika bola keluar dari lapangan, maka bola tersebut dianggap out of bounds dan akan diberikan kepada tim yang tidak menyentuh bola terakhir sebelum keluar dari lapangan. Jika bola menyentuh pemain atau benda lain di luar lapangan, maka bola masih dianggap dalam permainan.

Jump Ball

Jika dua pemain dari tim yang berbeda memiliki hak yang sama untuk mendapatkan bola, maka hakim akan melakukan jump ball. Pemain dari masing-masing tim akan berdiri di sisi yang berlawanan dari bola dan mencoba untuk memenangkan lompatan tersebut.

Substitusi

Setiap tim diizinkan untuk melakukan substitusi selama pertandingan. Namun, pemain yang keluar dari lapangan tidak boleh kembali ke dalam lapangan kecuali jika pemain lain mengalami cedera atau diskualifikasi.

Time-Out

Setiap tim memiliki kesempatan untuk melakukan time-out selama pertandingan. Jumlah time-out yang diizinkan tergantung pada aturan yang diterapkan oleh liga atau kompetisi.

Perpanjangan Waktu

Jika kedua tim memiliki jumlah poin yang sama pada akhir waktu regulasi, maka pertandingan akan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu. Perpanjangan waktu ini terdiri dari lima menit dan jumlahnya tergantung pada aturan yang diterapkan oleh liga atau kompetisi.

Perlengkapan

Pemain bola basket harus menggunakan perlengkapan yang sesuai, seperti sepatu basket yang nyaman dan sesuai dengan ukuran kaki pemain. Selain itu, pemain juga harus menggunakan jersey dan celana pendek yang sesuai dengan warna tim.

Kesimpulan

Peraturan bola basket sangat penting untuk dipahami oleh semua pemain dan penggemar olahraga ini. Dengan memahami peraturan-peraturan tersebut, pemain dapat bermain dengan benar dan menghindari pelanggaran yang dapat mempengaruhi hasil pertandingan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memahami peraturan-peraturan bola basket.

Artikel Peraturan Bola Basket

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM