Apa Itu ProRaw? Format Foto/Gambar Terbaru Dari Apple di iPhone 12

Apakah ada format gambar/foto terbaru yang menawarkan hasil terbaik dari sebuang perangkat ponsel? mungkin jawabannya adalah Apple ProRaw.

Apple benar-benar membawa teknolog terbaru pada perangkat terbarunya iPhone 12 yaitu dengan beberapa teknologi kameranya dan salah satu fitur yang lebih menarik adalah format foto baru yang disebut Apple ProRaw.

Format gamar baru ini sekarang tersedia di iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max, berjanji untuk memberikan hasil foto yang sempurna dari rangkaian impian kecerdasan fotografi komputasi dan fleksibilitas pengeditan mentah.

Tapi apa artinya itu, dan bagaimana cara kerjanya dalam praktik? Dilansir dari lama Techradar, menurut kepala direktur teknik perangkat lunak kamera Apple tentang Apple ProRaw, dan bagaimana hal itu dapat membantu membawa pengeditan foto iPhone ke tingkat berikutnya.

Sebelum mempelajari itu, berikut panduan singkat tentang cara mengoperasikan ProRaw di iPhone 12 Pro atau iPhone 12 Pro Max …

Bagaimana Cara Menjalankan Fitur Apple ProRaw

cara mengaktifkan fitur Apple ProRawApple ProRaw sekarang tersedia untuk iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Max sebagai bagian dari iOS 14.3. Langkah pertama adalah memastikan bahwa Anda sudah memperbarui versi iOS ini dengan membuka Pengaturan> Umum> Pembaruan Perangkat Lunak.

semua baik – baik saja? Anda sekarang memiliki opsi untuk meluncurkan Apple ProRaw di pengaturan kamera. Untuk menemukan opsi ini, buka Pengaturan> Kamera> Format dan aktifkan opsi Apple ProRaw (seperti pada gambar di atas).

Harap anda ketahui bahwa: Gambar ProRaw jauh lebih besar daripada file zip standar seperti HEIC / JPEG (10 kali lebih besar), jadi Anda tidak mungkin ingin menggunakan format baru sepanjang waktu.

Untungnya, menjalankan ProRaw menggunakan metode di atas tidak membuatnya berjalan secara permanen. Sebagai permulaan, untuk mengambil foto ProRaw, Anda harus mengklik ikon RAW (yang dicoret secara default) di aplikasi Kamera. Saat ini mati, iPhone Anda akan beralih ke format default di pengaturan Camera Capture (baik HEIF atau JPEG).

proraw fitur iphone 12
Foto: Techradar

Selain itu, jika Anda ingin menjalankan ProRaw sepanjang waktu, Anda harus melakukannya di pengaturan yang disimpan (Pengaturan> Kamera> Simpan Pengaturan). Tetapi bagi kebanyakan orang, Apple ProRaw paling baik disimpan dalam situasi tertentu – misalnya, pada malam hari atau dalam situasi yang kontras dengan sinar matahari yang cerah dan bayangan gelap. Inilah alasannya.

Mengenal Tentang RAW

Menurut laman resmi Apple, ProRAW itu merupakan cara menggabungkan informasi format RAW standar bersama dengan pemrosesan gambar iPhone, yang memberi Anda lebih banyak fleksibilitas saat mengedit eksposur, warna, dan white balance di foto Anda. Dengan iOS 14.3 atau lebih baru, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max Anda dapat mengambil gambar dalam format ProRAW menggunakan salah satu kameranya, termasuk saat juga menggunakan fitur Smart HDR, Deep Fusion, atau Night mode. * Anda dapat mengedit foto ProRAW di aplikasi Foto dan aplikasi foto pihak ketiga lainnya.

fitur proRaw di iphone 12 proUntuk mengilustrasikan mengapa Anda terkadang ingin menggunakan Apple ProRaw, ada baiknya menjawab pertanyaan yang lebih luas – mengapa kami memiliki format pencitraan yang berbeda? Meskipun kelihatannya tidak terlalu rumit, memiliki pilihan dalam format gambar bisa sangat membantu, sama seperti ide yang baik untuk memilih antara mengendarai mobil otomatis atau manual.

Anda mungkin pernah mendengar tentang format gambar mentah. Ini termasuk dalam spektrum format gambar “pro”, karena file-file ini hampir sepenuhnya tidak diproses. Sisi negatifnya adalah ukuran dan kerumitannya, tetapi manfaat besarnya adalah jumlah kebebasan mengedit yang diberikannya kepada Anda.

Dengan gambar mentah seperti fitur Apple ProRa ini, Anda dapat sepenuhnya mengubah white balance, eksposur, tone dan warna gambar setelah fakta, tanpa menurunkan kualitas gambar.

Dalam pengertian ini, mereka adalah kebalikan dari file JPEG dan HEIF, yang merupakan makanan siap pakai, makanan siap microwave untuk format gambar. Ini cepat dan nyaman, tetapi juga mengabaikan kualitas fotografis penting yang tidak dapat Anda pulihkan lagi setelah Anda menekan shutter.

Jadi di mana Apple ProRaw cocok dengan semua ini? Singkatnya, ini ada di sini untuk menawarkan orang-orang yang sebelumnya ditahan dengan rumah sederhana di tengah-tengah di antara dua opsi – atau, seperti yang secara alami dikatakan Apple, “yang terbaik dari kedua dunia.” Alasan Apple membutuhkan format baru karena hingga saat ini, kamera belum mengambil foto dengan cara yang sama seperti ponsel seperti iPhone 12 Pro.