Makanan Khas Lampung: Nikmati Kelezatan Kuliner Khas Sumatera Selatan

Lampung merupakan salah satu provinsi di Sumatera Selatan yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, Lampung juga memiliki banyak kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini beberapa makanan khas Lampung yang wajib dicoba.

Pempek

Pempek adalah makanan khas Lampung yang terbuat dari ikan dan tepung sagu. Pempek Lampung memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang gurih. Anda bisa menikmati pempek ini dengan saus cuka atau saus kecap.

Gulai Taboh

Gulai Taboh adalah masakan khas Lampung yang terbuat dari ikan taboh, santan, dan bumbu rempah. Ikan taboh adalah jenis ikan air tawar yang hanya ditemukan di daerah Lampung. Gulai Taboh memiliki rasa yang gurih dan pedas.

Sate Bandeng

Sate Bandeng adalah makanan khas Lampung yang terbuat dari ikan bandeng. Ikan bandeng dipotong menjadi beberapa bagian, kemudian ditusuk dan dibakar. Sate Bandeng disajikan dengan saus bumbu kacang yang gurih dan pedas.

Sate Taichan

Sate Taichan adalah sate ayam yang berasal dari Lampung. Sate ini memiliki rasa yang pedas dan gurih. Sate Taichan disajikan dengan saus sambal yang khas.

Kue Lumpur

Kue Lumpur adalah makanan khas Lampung yang terbuat dari tepung ketan, gula merah, dan kelapa parut. Kue Lumpur memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis.

Mie Celor

Mie Celor adalah mie khas Lampung yang disajikan dengan kuah santan dan udang. Mie Celor memiliki rasa yang gurih dan lezat.

Pindang Tulang

Pindang Tulang adalah masakan khas Lampung yang terbuat dari tulang sapi atau tulang kerbau. Pindang Tulang memiliki rasa yang gurih dan pedas.

Sate Matang

Sate Matang adalah sate khas Lampung yang terbuat dari daging sapi atau daging kambing. Sate Matang disajikan dengan saus bumbu kacang yang khas.

Gulai Ayam

Gulai Ayam adalah masakan khas Lampung yang terbuat dari ayam dan santan. Gulai Ayam memiliki rasa yang gurih dan pedas.

Empek-empek

Empek-empek adalah makanan khas Lampung yang mirip dengan pempek. Namun, empek-empek terbuat dari daging ikan yang sudah dihaluskan. Empek-empek disajikan dengan saus cuka atau saus kecap.

Sate Padang

Sate Padang adalah sate khas Lampung yang terbuat dari daging sapi atau daging kambing. Sate Padang memiliki rasa yang pedas dan gurih.

Kulit Nanas

Kulit Nanas adalah makanan khas Lampung yang terbuat dari kulit buah nanas yang dikeringkan dan dijadikan keripik. Kulit Nanas memiliki rasa manis dan asam yang khas.

Pindang Ikan

Pindang Ikan adalah masakan khas Lampung yang terbuat dari ikan dan bumbu rempah. Pindang Ikan memiliki rasa yang gurih dan pedas.

Sate Lilit

Sate Lilit adalah sate khas Lampung yang terbuat dari daging sapi atau daging kambing yang dicincang halus dan dibumbui. Sate Lilit disajikan dengan saus bumbu kacang yang khas.

Soto Lombok

Soto Lombok adalah soto khas Lampung yang terbuat dari daging sapi atau daging ayam. Soto Lombok memiliki rasa yang gurih dan pedas.

Kue Pukis

Kue Pukis adalah makanan khas Lampung yang terbuat dari tepung terigu, telur, gula, dan santan. Kue Pukis memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis.

Rujak Serut

Rujak Serut adalah makanan khas Lampung yang terbuat dari buah-buahan yang dicampur dengan saus asam manis. Rujak Serut memiliki rasa yang segar dan nikmat.

Gulai Tunu

Gulai Tunu adalah masakan khas Lampung yang terbuat dari daging sapi atau daging kerbau. Gulai Tunu memiliki rasa yang gurih dan pedas.

Seruit

Seruit adalah makanan khas Lampung yang terbuat dari kentang, wortel, dan kacang panjang yang dipotong-potong dan dicampur dengan saus kacang. Seruit memiliki rasa yang gurih dan lezat.

Kesimpulan

Dari sekian banyak makanan khas Lampung, tentunya ada yang menjadi favorit Anda. Tidak hanya enak, makanan khas Lampung juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi. Jadi, jangan lupa mencicipi kuliner khas Lampung saat berkunjung ke sana.