TEKNOBGT

Doa Setelah Sholat Jenazah

Sholat jenazah adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan umat muslim ketika ada saudara atau kerabat yang meninggal dunia. Setelah sholat jenazah, ada beberapa doa yang biasanya dibaca untuk mendoakan arwah orang yang telah meninggal dunia. Berikut beberapa doa setelah sholat jenazah yang bisa Anda amalkan:

1. Doa Selamat

Doa selamat merupakan doa yang paling umum dibaca setelah sholat jenazah. Doa ini berisi permohonan keselamatan bagi almarhum dan juga untuk keluarga yang ditinggalkan.

“Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu wa’akrim nuzulahu wa wassi’ madkhalahu waghsilhu bilma’i wats-tsani walbarad walma’i wa ththalji walma’”

Artinya: Ya Allah, ampunilah dia, kasihanilah dia, berikanlah kesejahteraan kepadanya, luaskanlah tempatnya, bersihkanlah dia dengan air, salju dan air es, serta jadikanlah rumahnya lebih baik dari rumahnya sebelumnya.

2. Doa Agar Diterima Amalannya

Doa ini berisi permohonan agar amalan yang telah dilakukan oleh almarhum diterima oleh Allah SWT.

“Allahummaj’alhu lanafian wa j’alhu lanazarroan wa j’alhu lana syafi’an wa mushaffa’an”

Artinya: Ya Allah, jadikanlah dia manfaat bagi kami, jadikanlah dia pemberi rizki yang baik bagi kami, jadikanlah dia sebagai penolong dan penyembuh bagi kami.

3. Doa Ampunan

Doa ini berisi permohonan ampunan bagi almarhum atas segala dosa yang telah dilakukan selama hidupnya.

“Allahummaghfirli hayyina wa mayyitina wa shahidina wa ghaibina wa saghirina wa kabirina wa dhakarina wa untsana. Allahumma man ahyaitahu minna fa ahyihi ‘ala al-Islam wa man tawaffaytahu minna fatawaffahu ‘ala al-Iman”

Artinya: Ya Allah, ampunilah dosa-dosa orang yang masih hidup dan yang sudah meninggal, orang-orang yang hadir dan yang tidak hadir, orang yang masih muda dan yang sudah tua, laki-laki dan perempuan. Ya Allah, bagi mereka yang masih hidup, jadikanlah mereka hidup dalam keadaan Islam, dan bagi mereka yang telah meninggal, jadikanlah mereka meninggal dalam keadaan Iman.

4. Doa Perdamaian

Doa ini berisi permohonan agar almarhum mendapatkan perdamaian di alam kubur.

“Allahummaghfirli hayyina wa mayyitina wa shahidina wa ghaibina wa saghirina wa kabirina wa dhakarina wa untsana. Allahumma man ahyaitahu minna fa ahyihi ‘ala al-Islam wa man tawaffaytahu minna fatawaffahu ‘ala al-Iman”

Artinya: Ya Allah, jadikanlah kuburnya sebagai taman surga dan jangan menjadikannya sebagai tempat siksaan. Berilah dia kebahagiaan dan kesenangan di dalam kubur.

5. Doa Kesabaran Bagi Keluarga

Doa ini berisi permohonan agar keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan keikhlasan.

“Allahummaj’alhu lanafian wa j’alhu lanazarroan wa j’alhu lana syafi’an wa mushaffa’an”

Artinya: Ya Allah, berikanlah kesabaran dan keikhlasan kepada keluarga yang ditinggalkan, serta jadikanlah mereka menjadi orang yang selalu bersyukur.

Kesimpulan

Sholat jenazah adalah ibadah yang sangat penting bagi umat muslim. Setelah sholat jenazah, ada beberapa doa yang bisa dibaca untuk mendoakan arwah orang yang telah meninggal dunia. Dengan membaca doa setelah sholat jenazah, kita dapat memberikan kesempatan untuk meredakan rasa sakit yang dirasakan oleh keluarga yang ditinggalkan. Semoga doa kita diterima oleh Allah SWT dan juga diampuni segala dosa-dosa orang yang telah meninggal. Aamiin.