cara-Registrasi-Kartu-Indosat

Bagaimana Cara Registrasi Kartu Indosat yang Mudah?

Memahami bagaimana cara registrasi kartu Indosat akan membantu kamu untuk bisa menggunakannya dengan baik dan aman. Jika tidak segera diregistrasi, maka kartu tersebut kemungkinan akan diberikan sanksi berupa tidak bisa melakukan panggilan keluar.

Setelah itu, mungkin kamu juga akan mendapatkan sanksi selanjutnya, yaitu tidak bisa menerima telepon masuk. Oleh karena itu, proses registrasi kartu ini sangatlah penting untuk segera dilakukan.

Namun, bagaimana caranya? Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan ini, mari cari tahu pada pembahasan berikut!

Syarat dalam Cara Registrasi Kartu Indosat

syarat-Registrasi-Kartu-Indosat

Indosat adalah salah satu provider paling besar di Indonesia yang sudah digunakan oleh banyak orang karena menawarkan berbagai macam keuntungan.

Beberapa di antaranya adalah harga super terjangkau, mudah ditemukan, jaringan kuat, harga paket murah, dan lain-lain.

Guna mendapatkan keuntungan tersebut, kamu bukan hanya perlu membeli dan menggunakannya, tetapi juga melakukan registrasi. Fungsi dari registrasi identitas diri sendiri salah satunya untuk menurunkan tingkat penyalahgunaan nomor atau penipuan.

Oleh karena itu, kamu perlu tahu bagaimana cara registrasi kartu Indosat yang mempunyai beberapa persyaratan, yaitu:

Persyaratan Registrasi Kartu Indosat Bagi WNI

Terdapat beberapa persyaratan registrasi kartu Indosat yang harus dipenuhi jika kamu adalah seorang WNI (Warga Negara Indonesia), antara lain:

  • Mempunyai KTP elektronik.
  • Mempunyai Kartu Keluarga karena akan digunakan Nomor KK.
  • Jika registrasi dilakukan secara online, gunakan nomor HP kedua.

Persyaratan Registrasi Kartu Indosat Bagi WNA

Tidak hanya WNI, WNA (Warga Negara Asing) juga bisa melakukan cara registrasi kartu Indosat dengan persyaratan berupa:

  • Mempunyai paspor.
  • Dilengkapi Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP).
  • Dilengkapi Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS).
  • Menggunakan nomor HP kedua jika melakukan registrasi daring atau online.

Cara Registrasi Kartu Indosat Bagi Pengguna Baru

daftar-kartu-baru-indosat

Seorang pengguna baru harus melakukan registrasi kartu agar bisa menggunakannya dan mendapatkan berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh Indosat. Pengguna baru sendiri bisa registrasi melalui SMS hingga contact center.

1. Registrasi Kartu melalui SMS

SMS menjadi salah satu cara termudah untuk melakukan registrasi kartu Indosat yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah dan berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi SMS pada ponsel kamu.
  2. Tulis pesan dengan format NIK#Nomor KK#. Pastikan agar tidak ada kesalahan dalam penulisan nomor yang disertakan.
  3. Setelah sudah dipastikan benar semua, kirimkan pesan tersebut ke nomor 4444.
  4. Registrasi berhasil jika kamu sudah mendapatkan pemberitahuan SMS.

2. Registrasi Kartu Melalui Online

Tidak hanya melalui SMS, kamu juga bisa menggunakan cara registrasi kartu Indosat lewat online atau website. Ini bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Berikut adalah informasi mengenai langkah-langkahnya, yaitu:

  • Buka browser, baik melalui ponsel atau desktop dan pastikan peramban sudah mempunyai akses internet
  • Setelah itu, kunjungi laman resmi Indosat dan cari menu Registration.
  • Jika sudah, masukkan Nomor KTP dan KK di kolom yang tersedia. Pastikan pula jangan sampai ada salah tulis.
  • Klik kode verifikasi dan berikan centang pada keterangan I’m not robot.
  • Klik opsi Periksa dan tunggu selama beberapa saat hingga proses registrasi selesai.

3. Cara Registrasi Kartu Indosat Lewat Contact Center atau Gerai

Selain menggunakan dua cara di atas, kamu juga bisa memanfaatkan layanan contact center yang disediakan oleh Indosat untuk registrasi. Memang bagi pengguna baru, terkadang ada rasa bingung tentang proses pendaftaran atau registrasi kartu.

Menggunakan layanan ini menjadi ide yang sesuai untuk mendapatkan bantuan. Kamu cukup datang ke gerai Indosat terdekat dengan domisili atau menghubungi nomor 185 dan (021) 30003000.

Sebelum itu, jangan lupa untuk siapkan KK dan KTP sebagai syarat utama pendaftaran. Kemudian, langsung ajukan diri ke petugas dan sampaikan maksud kedatangan kamu, yaitu untuk melakukan registrasi.

Jika melalui telepon, kamu bisa menyampaikan keluhan pada operator sistem dan ikuti semua perintah yang diberikan. Tunggu selama beberapa saat sampai petugas selesai mendaftarkan nomormu.

Cara Registrasi Kartu Indosat Bagi Pengguna Lama

Tidak hanya pengguna baru, pengguna lama terkadang juga harus melakukan registrasi ulang karena beberapa faktor, misalnya untuk mengganti layanan, belum teregistrasi secara resmi, dan lain sebagainya.

Sama seperti pengguna baru, melakukan registrasi pada pengguna lama juga bisa kamu lakukan hanya dengan beberapa langkah berikut.

1. Registrasi Kartu Melalui Website

Website adalah salah satu sarana terbaik yang bisa kamu gunakan untuk melakukan registrasi ulang kartu. Registrasi via website bisa dikatakan tergolong mudah dan cepat. Hanya cukup beberapa step berikut, kamu sudah berhasil melakukan registrasi, yaitu:

  • Kamu perlu menggunakan ponsel atau laptop untuk mengakses web milik Indosat. Pastikan perangkat yang digunakan sudah terhubung dengan koneksi internet yang memadai
  • Kemudian buka website resmi milik Indosat Ooredoo.
  • Setelah berhasil mengakses website, kemudian klik opsi “Cek Disini”.
  • Tunggu hingga semua menu tampil pada layar dan masukkan NIK beserta nomor KK. Pastikan jangan sampai salah karena itu akan menyebabkan registrasi gagal. Alangkah lebih baiknya untuk melakukan pemeriksaan ulang.
  • Setelah itu, berikan tanda centang pada bagian kolom verifikasi dan klik “Periksa”.
  • Tunggu hingga proses selesai dan kamu sudah bisa menggunakan kartu tersebut dengan aman.

2. Registrasi Kartu Melalui SMS

Cara registrasi kartu Indosat untuk pengguna lama yang berikutnya adalah dengan melalui SMS. Berikut ini adalah tahapan yang akan kamu lalui, yaitu:

  • Sama dengan registrasi bagi pengguna baru, buka aplikasi pesan singkat dan tulis pesan.
  • Format pesan registrasi adalah ULANG#NIK#Nomor KK#. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan nomor agar proses berjalan dengan lancar.
  • Berikutnya, kirimkan pesan ke nomor 4444.
  • Tunggu hingga proses berjalan tuntas.

Cara Registrasi Kartu Indosat Lewat Website Resmi

registrasi-kartu-indosat-via-website

Website menjadi salah satu metode yang paling sering digunakan ketika melakukan registrasi nomor Indosat. Selain mudah, cara ini banyak digunakan karena sebagian besar orang sudah enggan menggunakan SMS. Ini dia langkah-langkah registrasi online, yaitu:

  • Gunakan browser, baik melalui ponsel atau laptop. Pastikan peramban sudah dilengkapi dengan akses internet yang memadai.
  • Setelah itu, kunjungi laman web resmi Indosat dan cari menu Registration.
  • Masukkan nomor KTP dan KK kamu pada kolom yang ada.
  • Klik kode verifikasi dan centang pada bagian keterangan bahwa kamu bukan robot.
  • Pastikan semua data sudah terisi dengan benar dan klik tombol Periksa.
  • Tunggu selama beberapa saat sampai proses registrasi selesai.

Cara Registrasi Kartu Indosat Melalui Gerai Terdekat

Jika tidak ingin repot mendaftarkan kartu sendiri, kamu bisa mengunjungi layanan gerai Indosat terdekat. Cara yang satu ini cocok untuk dilakukan jika domisili tempat tinggal dekat dengan kantor gerai Indosat.

Melakukan pendaftaran menggunakan metode ini bisa dikatakan tergolong mudah. Kamu hanya perlu membawa NIK dan KK, kemudian datangi gerai Indosat. Sesampainya di sana, beritahu petugas mengenai maksud dan tujuan kamu.

Setelah itu, petugas gerai akan membantu melakukan proses registrasi. Kamu bisa memeriksanya terlebih dahulu sebelum meninggalkan gerai. Cek status kartu Indosat sendiri cukup mudah, yaitu dengan mengirimkan SMS ke nomor 4444.

Jika kartu sudah terdaftar, berbagai layanan yang ditawarkan oleh Indosat sudah bisa diakses, baik itu telepon reguler, SMS, hingga internet. Apabila membutuhkan tambahan kuota, kamu bisa membelinya melalui Aplikasi MyIM3, gerai pulsa, atau transfer bank.

Kenapa Registrasi Kartu Indosat Bisa Gagal?

Terdapat beberapa kasus yang menjadikan registrasi kartu Indosat gagal. Oleh karena itu, kamu harus segera melakukan sesuatu agar kartu Indosat tersebut bisa segera digunakan.

Tidak sedikit orang yang mengeluh gagal ketika melakukan registrasi SIM Card Indosat pada ponsel mereka. Biasanya, hal ini dikarenakan adanya kendala ketika memasukkan NIK dan nomor KK.

Tentu ini akan membingungkan mereka karena tidak bisa menggunakan kartu untuk SMS maupun telepon. Berikut ini daftar faktor agar cara registrasi kartu Indosat berjalan lancar, yaitu:

1. Periksa Kesesuaian NIK dan Nomor KK

Sejak Kominfo menetapkan aturan dalam proses registrasi kartu untuk menggunakan NIK KTP dan nomor KK, maka kamu harus melakukan periksa ulang ketika memasukkan nomor penting tersebut.

Hal yang paling sering ditemui adalah salah memasukkan nomor, mungkin bisa karena kurang angka atau bahkan kelebihan. Oleh karena itu, masukkan nomor dengan teliti ketika registrasi melalui SMS ke nomor 4444.

Tidak hanya itu, jika NIK dan nomor KK belum divalidasi, maka kemungkinan data pengguna tersebut masih belum masuk dalam Kependudukan dan Perencanaan Sipil Kemendagri.

2. Ulangi SMS dengan Format yang Benar Secara Berkala

Kemkominfo menjamin data NIK dan KK yang didaftarkan untuk registrasi akan aman karena para operator seluler mempunyai ISO 27001. Selain itu, dilengkapi juga dengan adanya Peraturan Menteri Kominfo mengenai Perlindungan Data Pribadi.

Kemungkinan berikutnya mengapa cara registrasi kartu Indosat gagal adalah mungkin SMS masih belum terkirim dengan benar. Oleh karena itu, kamu perlu mengulangi SMS secara berkala.

Cara registrasi pelanggan SIM card baru Indosat adalah mengirim pesan dengan format NIK#No.KK# dan kirim ke nomor 4444. Jika masih belum berhasil, kamu bisa mengulanginya sebanyak mungkin sampai mendapatkan notifikasi sudah berhasil.

3. Registrasi Kartu di Website Resmi Milik Indosat

Jika cara registrasi kartu Indosat gagal, kamu bisa mengatasinya dengan banyak cara salah satunya adalah beralih menggunakan website jika sebelumnya menggunakan SMS.

Kamu bisa memeriksa kesesuaian NIK KTP dan nomor KK serta ulangi SMS secara berkala maupun registrasi lewat situs resmi Indosat.

4. Datang Langsung ke Gerai Indosat Terdekat

Jika kamu bisa menjangkau gerai resmi Indosat, mungkin untuk mengatasi cara registrasi kartu Indosat yang gagal adalah dengan datang langsung dan meminta bantuan petugas.

Pastikan kamu membawa KTP dan KK yang nantinya digunakan untuk memasukkan data ketika registrasi. Selain itu, ini juga bisa digunakan untuk menunjukkan masalah jika kamu sudah memasukkan data yang benar, tetapi terus gagal.

Selain itu, kamu bisa membuat surat pernyataan mengenai identitas yang diinformasikan sudah benar, tetapi tidak tervalidasi oleh sistem. Oleh karenanya, Indosat sudah menentukan standar pembuatan surat pernyataan berdasarkan peraturan yang berlaku.

Indosat adalah salah satu operator paling besar dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia karena dikenal sangat murah. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan jaringannya di berbagai lokasi.

Proses registrasi kartu Indosat sendiri tidak jauh berbeda dengan jenis kartu perdana lain, yaitu melalui SMS, mengunjungi gerai terdekat, ataupun lewat website resmi. Cara yang harus dilakukan juga sangatlah mudah dan cepat.

Namun, jika registrasi mengalami kegagalan kamu bisa melakukan pemeriksaan sendiri atau berkunjung ke gerai untuk mendapatkan bantuan. Jadi, sudahkah kamu menggunakan cara registrasi kartu Indosat di atas?