Cara Customize Status Bar Android

2 Cara Customize Status Bar Android Tanpa Rooting

Customize Status Bar Android bisa jadi solusi untuk kamu yang merasa bosan melihat tampilan layar Hp seperti begitu saja dan ingin berbeda dengan teman-temanmu.

Mungkin sudah biasa jika yang diubah itu Ikon aplikasi, Tema ataupun wallpaper yang tersedia dari bawaan Androidnya ataupun dengand dukungan instal Aplikasi tambahan lagi. Bahkan, ada yang lebih ekstrem dengan me-rooting dan menginstal ROM kustom pihak ketiga.

Dari semua yang dilakukan itu, mereka tidak sadar bahwa bilah status bar di android (yang ada icon sinyal, baterai, wifi dan lainnya) bisa juga di modifikasi. Ada 2 cara untuk Customize Status Bar Android, yaitu dengan fitur bawaan Android itu sendiri dan Aplikasi tambahan yang bisa diinstal dengan mudah.

Bagaimana Cara Customise Status Bar di HP Android?

Bilah Status Android menunjukkan waktu di sudut kiri atas, sinyal jaringan ke sudut kanan atas, dan di sebelahnya adalah ikon baterai, tetapi Kamu juga bisa menyesuaikan dan menambahkan beberapa hal ke bilah kecil di bagian atas layar Hp Androidnya.

Cara 1 : Via Phone Setting

Status Bar Phone Setting Android

Beberapa merek smartphone menyediakan opsi untuk menyesuaikan status dalam pengaturan telepon, misalnya, saya menggunakan telepon Oneplus, ini menyediakan fungsi untuk menyesuaikan bilah status:

  1. Masuk ke menu “Settings” dan pilih bagian “Display”
  2. Scroll kebawah dan klik di “Status Bar”
  3. Di sini kita bisa membuat persentase baterai terlihat atau menyembunyikannya, atau bisa juga mengaktifkan kecepatan jaringan untuk muncul di bilah status.
  4. Selain itu, Kamu juga dapat memilih dari 3 pola baterai yang berbeda, dan 3 pola waktu yang berbeda.
  5. Bisa juga untuk mengontrol ikon mana yang akan muncul di bilah status.

Cara 2 : Via Aplikasi Super Status Bar

Super Status Bar Apk

Downloan Apk

Super Status Bar adalah salah satu aplikasi paling populer di Google Play Store dengan lebih dari 1 juta unduhan. Ini menawarkan sejumlah besar penyesuaian, termasuk mengaktifkan bilah status default dengan iPhone Kamu.

Adapun Cara menggunakannya untuk Customize Status Bar Android adalah sebagai berikut :

Pilihan tampilan status bar di aplikasi

  • Unduh aplikasi dan selesaikan pengaturan awal.
  • Klik tombol Mulai, dan izinkan izin yang diperlukan
  • Di sini Kamu dapat mengatur pita khusus (iOS, MIUI, OneUI, Android 10, dll.), atau memodifikasi pita default ponsel Kamu.
  • Kamu juga dapat membuat bilah baru, dengan mengirimkan Formulir Google ke Aplikasi Super Status Bar.
  • Super Staus Bar Apk juga mendukung gerakan (geser, geser, ketuk, dll.), memungkinkan Kamu menyesuaikan kecerahan, melakukan tindakan (mengambil tangkapan layar, mengunci layar, dll.), dan banyak lagi.
  • Ini juga memberikan pratinjau teks kecil dari pemberitahuan di pita itu sendiri (dikenal sebagai teks pita).
  • Ada fitur yang lebih canggih seperti bantalan samping, kompatibilitas celah, dll.

Itulah 2 cara bagaimana kamu bisa dengan mudah untuk Customize Status Bar Android. Menurutmu, cara manakah dari 2 metode ini yang paling mudah? Menggunakan fitur phone settings atau dengan aplikasi pihak ketiga?.