aplikasi rekam layar copy

6 Daftar Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar HP Terbaik

Aplikasi Perekam Layar HP semakin hits saat ini. Seiring kebutuhan masyarakat milenial untuk tetap eksis di dunia maya. Banyak video dari unggahan pengguna sosial media yang tidak dapat begitu saja diunduh.

Padahal video tersebut berisi informasi, konten lucu, meme, quote bijak dan sebagainya yang bermanfaat. Tentu sangat disayangkan apabila tidak dapat di download. Sebab bisa disimpan kemudian diputar saat ingin dinikmati.

Video yang tersimpan bisa jadi arsip berguna. Misalnya konten edukasi, tutorial, tips dan sebagainya. Namun jika dari sosial media dan bukan platform video online seperti Youtube konten tersebut tidak dapat di download.

Solusinya adalah menggunakan aplikasi untuk perekam layar. Jadi tidak perlu menggunakan 2 perangkat, satu untuk merekam sebab hasilnya kurang bagus. Ada banyak aplikasi bisa kamu unduh untuk bisa merekam layar dengan praktis.

Aplikasi Perekam Layar AZ Screen Recorder

AZ Screen Recorder

Download via Playstore

 

Pertama yang cukup populer adalah AZ Screen Recorder. Aplikasi tidak memberikan watermark pada hasil download. Jadi bisa kamu gunakan layaknya mendapatkan video dari sumber aslinya bukan rekaman.

Watermark biasanya dihindari karena menyebabkan tampilan konten jadi tertutupi. Tidak tampak profesional sebab orang lain akan tahu bahwa video yang kamu upload merupakan rekaman dari sumber lain.

Aplikasi perekam layar AZ Screen Recorder sudah diunduh sebanyak satu juta pengguna. Indikasi bahwa banyak pengguna merasa puas terhadap layanan dan fitur didalamnya. Berikut beberapa fitur berkualitas dai AZ Screen Recorder.

  1. Pilihan Kualitas Video

Salah satu kepuasan diberikan dari fitur pilihan kualitas video. Kamu bisa memilih mulai dari HD hingga Full HD. Kualitas HD paling standar, ringan namun grafisnya tidak setajam seperti Full HD.

  1. Opsi Resume dan Pause

Fitur selanjutnya adalah Pause dan Resume. Pause adalah untuk menghentikan sementara proses download serta Resume untuk meneruskan proses sebelumnya yang mungkin terhenti karena suatu sebab.

  1. Fitur Pengaturan Lengkap

Aplikasi perekam layar AZ Screen Recorder ini memiliki menu pengaturan lengkap. Kamu bisa membuat pengaturan sendiri untuk resolusi video, frame rate, bit-rate, orientasi layar, waktu berhenti, membagikan, serta menghapus rekaman jika tidak diperlukan lagi.

Ketiga fitur unggulan di atas adalah fasilitas dari versi gratis AZ Screen Recorder. Masih terbilang standar, untuk lebih maksimalnya bisa mendownload versi berbayar. Fiturnya lebih lengkap dan berkualitas.

Fitur berbayar yang tersedia diantaranya tombol ajaib, tanpa iklan, countdown timer, dan masih banyak lagi. Jika kebutuhan aplikasi perekam layar cukup intens lebih maksimal lagi menggunakan versi pro.

Aplikasi Perekam Layar Super Screen Recorder

Aplikasi perekam layar Super Screen Recorder

Download Aplikasi Via Play Store

 

Selanjutnya Super Screen Recorder. Ini merupakan salah satu perekam dengan tampilan menarik. Sangat nyaman digunakan terutama bagi yang masih awam dengan tampilan sebuah platform digital. User interface sangat ramah bagi pengguna semua kalangan.

Selain ramah bagi pengguna baru, platform satu ini tidak memerlukan root untuk digunakan. Meski begitu semua fitur di dalamnya bisa dinikmati oleh pengguna. Platform ini juga memiliki keunggulan yang jadi daya tarik, seperti berikut.

  1. Fitur Unggulan

Aplikasi perekam layar Super Screen Recorder memiliki berbagai fitur unggulan seperti pengaturan kualitas rekaman, frame rates, serta bit rates yang tinggi. Terdapat pilihan untuk Pause dan Resume perekaman.

  1. Fitur Tambahan

Terdapat fitur untuk menyembunyikan floating windows. Fitur tambahan juga ada seperti Facecam, GIF Maker, serta tool brush untuk menggambar klip. Sama seperti fitur utama, disini kamu tidak perlu bantuan root untuk menggunakannya.

  1. Tanpa Batas Waktu

Tidak ada batasan waktu perekaman. Kamu bisa mengunduh konten dengan durasi panjang sekalipun. Selain itu tidak ada watermark pada hasil yang didapat jadi tampak asli lebih nyaman dilihat.

  1. Gratis

Tidak perlu membayar biaya berlangganan. Setelah mendownload kemudian dilanjutkan menginstalnya pada perangkat HP, kamu bisa langsung menggunakannya. Hanya mengeluarkan kuota internet saja, tidak diminta untuk membayar fasilitas yang diberikan.

  1. Pilihan Resolusi

Terdapat opsi pengaturan resolusi hingga 1080p, bit rate, termasuk juga frekuensi gambar. Sehingga bisa dipilih ukuran file-nya juga. Marka tinta atau watermark bisa dinonaktifkan, seperti sudah dijelaskan sebelumnya.

  1. Fitur Tambahan

Fitur tambahan berupa dukungan Facecam, GIF Maker, serta bermacam alat lainnya juga bisa kamu gunakan. Dari semua fitur keuntungan, aplikasi ini masih terdapat iklan serta penawaran pembelian dalam aplikasi.

Apk Perekam Layar DU Recorder

DU Recorder

Download Aplikasi Via Play Store

 

Sebanyak 10 juta pengguna Android sudah mengunduh aplikasi perekam layar ini. Kamu dapat merekam apa saja yang ada di layar perangkat android. Selain perekaman di sini kamu dapat melakukan editing langsung dengan tools yang sudah tersedia di dalamnya.

Secara fitur tidak banyak perbedaan dari fasilitas perekam lainnya. DU Recorder juga memiliki fitur yang kurang lebih mirip dengan kompetitornya di pasaran. Berikut beberapa fitur unggulannya.

  1. Fitur Utama

Fitur utama ini standar, sama dengan Super Screen Recorder. Meliputi fasilitas untuk memilih kualitas video, frame rates, front- facing camera, bit rates, GIF serta shake gesture.

Untuk fitur GIF hasilnya nanti adalah animasi singkat, potongan dari video rekaman. Namun  ini menarik karena bisa digunakan untuk ekspresi saat berkirim pesan melalui platform WA atau lainnya.

  1. Tidak membutuhkan root

Tanpa root tetap dapat mengakses semua fasilitas dan tools yang ada. Pengguna juga tidak akan terganggu dengan batasan waktu, sebab bisa digunakan untuk durasi lama sekalipun.

  1. Gratis

Gratis, tidak ada biaya berlangganan untuk penggunaannya. Kamu hanya dibebankan kuota internet saja pada saat mendownload aplikasi perekam layar. Selanjutnya bisa digunakan kapan saja selama yang diinginkan.

  1. Variasi Bahasa

Menyediakan sebanyak 20 Bahasa berbeda di semua fiturnya, cocok untuk yang ingin bereksperimen menggunakan Bahasa Asing. Namun kelemahan dari DU Recorder adalah masih ada Watermark untuk hasil rekamannya.

Aplikasi Perekam Layar ADV Screen Recorder

ADV Screen Recorder

Download Aplikasi Via Play Store

 

Aplikasi berikutnya adalah ADV Screen Recorder. ADV Screen Recorder ini merupakan fasilitas mumpuni untuk mendukung kebutuhan bersosial media. Penggunanya sudah lebih dari 90.000 dan terus bertambah.

Bisa kamu download aplikasi perekam layar ini melalui Google Play Store untuk perangkat Android. Memiliki kelebihan maupun kekurangan yang menjadikannya daya tarik bagi para pengguna internet dan sosial media, berikut di antaranya.

  1. Friendly User Interface

Antar muka yang sangat ramah pengguna, mudah digunakan. Bahkan bagi kamu yang awam dan belum pernah menggunakan platform digital semacam ini dijamin tidak akan kesulitan.

  1. Tersedia 2 tipe desain

ADV Screen Recorder tersedia dalam dua desain berbeda, yaitu default dan advanced. Pengguna bisa memilih mana saja sesuai kebutuhan. Keduanya memiliki fitur editing setelah video selesai direkam.

  1. Fitur standar

Sama seperti aplikasi perekam layar lainnya, ADV Screen Recorder memiliki menu untuk mengatur resolusi. Bisa dipilih mana yang diperlukan sesuai kecepatan dan ukuran file tertentu. Kemudian menu bit rates frame rates serta gambar tulisan dalam klip.

  1. Dapat menggunakan 2 engine berbeda

Saat proses perekaman berlangsung, pengguna dapat mengakses kamera depan maupun belakang atau keduanya. Hasilnya tetap maksimal baik kualitas gambar maupun suara.

  1. Gratis

Tidak perlu membayar untuk menikmati layanan dari ADV Screen Recorder. Selain itu penggunaannya tidak memerlukan root, tanpa gangguan watermark dan dapat melakukan pause saat proses berlangsung.

Namun untuk memulainya ADV Screen Recorder memerlukan jeda sampai 3 detik. Kelebihan lainnya adalah masih ada iklan setiap beberapa saat penggunaan. Ini mungkin akan mengganggu kenyamanan.

Aplikasi Perekam Layar Mobizen Screen Recorder

Mobizen Screen Recorder

Download Via Play Store

 

Mobizen Screen Recorder bisa jadi alternatif pilihan bagi kamu yang ingin mencoba layanan serupa. Perekam video ini juga menawarkan keunggulan yang mungkin akan sesuai dengan harapan pengguna.

  1. Perekam Wajah

Terdapat perekam wajah menggunakan Facecam, ini paling menarik. Kemudian Mobizen Screen Recorder juga menyajikan kualitas maksimal. Hasil rekaman grafis tinggi yang nyaman dilihat.

  1. User Interface dan Editing

User Interface sangat sederhana tanpa menu-menu rumit didalamnya. Terdapat menu Screenshot saat pemutaran serta pengeditan setelah video selesai. Jadi bisa dibuat perubahan pada part tertentu yang dirasa kurang pas.

  1. Fitur Menarik Lainnya

Mobizen menawarkan aplikasi dengan fitur menarik. Diantaranya editing videos, merekam video dengan kualitas terbaik beresolusi 1080p, 60 FPS dengan 12,0Mbps. Semakin tinggi resolusi tampilannya semakin berkualitas.

  1. Tanpa Watermark

Tanpa gangguan Watermark, jadi selama menonton tidak akan terganggu dengan tulisan-tulisan. Gratis 100%, pengguna tidak dibebankan biaya apapun hanya diperlukan kuota data internet pada saat mendownload.

  1. Bisa untuk Android dan iOS

Bisa didownload pengguna Android maupun iOS. Support untuk perangkat spek menengah. Didalamnya sudah ada menu Record Screen serta Stop apabila ingin berhenti.

Dari 5 kelebihan di atas, Mobizen Screen Recorder memiliki sisi kelemahan. Dari ulasan para pengguna sebelumnya, aplikasi ini dinilai lemot bahkan kadang-kadang berhenti. Sehingga menyebabkan video rekaman hilang sebelum selesai.

Aplikasi Game Screen Recorder

Game Screen Recorder Aplikasi Perekam Layar

Download Via Play Store

 

Aplikasi perekam layar selanjutnya yang bisa dicoba adalah Game Screen Recorder. Fasilitas ini diluncurkan pengembang DGenius Mobile. Sayangnya pengguna diharuskan membayar untuk menikmati fasilitas tanpa root ini.

Sisi kelebihannya adalah dapat mendeteksi semua jenis games yang pernah dipasang pada perangkat. Fitur ini tidak ada pada 5 aplikasi sebelumnya, jadi cukup unik. Kemudian dilengkapi juga dengan tombol Pause Feature, untuk menghentikan sejenak sebelum mulai lagi.

Hasil rekaman bisa langsung dibagikan melalui akun sosial media. Jadi kamu bisa menggunakan menu Share. Ini paling banyak digunakan, sebab pada dasarnya tujuan merekam video adalah untuk membagikannya kembali ke sosial media.

Bukan hanya pada akhir rekaman, saat pembukaan sudah bisa dilakukan editing. Ini menarik sebab kamu bisa berkreasi sebelum membagikannya. Caranya juga mudah, tools-nya jelas bisa dilakukan oleh awam sekalipun.

Dari semua kelebihan diatas pengguna perlu mengetahui bahwa aplikasi ini belum ada fitur live streaming. Namun tetap menguntungkan untuk dicoba jika tujuannya hanya untuk memiliki video saat main game.

Meski namanya Game Screen Recorder, fasilitas ini bisa juga merekam layar saat kamu menonton video dari perangkat Android. Untuk menggunakannya cukup mendownload melalui Play Store kemudian menginstall di perangkat seluler.

Tanpa batasan durasi, mirip dengan beberapa aplikasi sebelumnya. Pengguna dijamin kepuasannya karena bisa merekam sebanyak yang dimau. Perlu diingat bahwa untuk menggunakannya pastikan perangkat memiliki OS Lollipop atau diatasnya.

Keenam rekomendasi di atas bisa kamu bandingkan sendiri mana paling sesuai dengan kebutuhan. Ada yang gratis namun ber-watermark, tidak perlu root namun fitur kurang lengkap, semua pilihan penggunaan aplikasi perekam layar disesuaikan dengan keinginanmu.