Cara Memperbaiki Backlight Laptop
Cara Memperbaiki Backlight Laptop

Cara Memperbaiki Backlight Laptop

Sobat TeknoBgt, selamat datang kembali di artikel kami. Kali ini kami akan membahas tentang cara memperbaiki backlight laptop. Backlight atau pencahayaan di bagian belakang layar sangat penting untuk memberikan tampilan yang jelas pada laptop. Namun, jika backlight mengalami kerusakan, maka tampilan pada layar dapat menjadi buram atau bahkan tidak kelihatan sama sekali. Berikut adalah beberapa cara memperbaiki backlight laptop yang bisa Sobat Teknobgt coba.

1. Cek Kabel Pembangkit Cahaya

Pertama-tama, Sobat Teknobgt bisa memeriksa kabel pembangkit cahaya atau biasa disebut inverter. Kabel inverter berfungsi untuk memberikan daya pada backlight. Jika kabel tersebut putus, maka backlight tidak akan menyala. Sobat TeknoBgt bisa membuka tutup belakang laptop dan mencari kabel inverter. Periksa apakah ada kerusakan pada kabel atau koneksi kabel yang tidak baik. Jika kabelnya putus, Sobat Teknobgt bisa menggantinya dengan yang baru.

FAQ

Berapa harga kabel inverter baru?Dimana bisa membeli kabel inverter baru?
Harga kabel inverter baru bervariasi, tergantung merk dan tipe laptop. Rata-rata harga kabel inverter berkisar antara Rp 50.000 – Rp 200.000.Kabel inverter bisa Sobat Teknobgt beli di toko online seperti Tokopedia, Bukalapak, atau Shopee. Sobat Teknobgt bisa mencari kabel inverter sesuai merk dan tipe laptop yang digunakan.

2. Ganti Lampu LED

Jika kabel inverter tidak bermasalah, kemungkinan lainnya adalah lampu LED backlight yang sudah rusak atau mati. Lampu LED biasanya terdapat di sekitar layar laptop dan berfungsi sebagai sumber cahaya untuk layar. Sobat TeknoBgt bisa mencari tahu di mana letak lampu LED tersebut pada laptop. Jika lampu LED sudah rusak atau mati, Sobat Teknobgt bisa menggantinya dengan yang baru.

FAQ

Apa jenis lampu LED yang digunakan untuk backlight laptop?Berapa harga lampu LED baru?
Jenis lampu LED yang digunakan untuk backlight laptop adalah LED strip. Ukuran dan jumlah LED strip bervariasi tergantung pada tipe laptop. Sobat Teknobgt bisa mencari informasi tentang LED strip yang digunakan pada laptop yang digunakan.Harga lampu LED strip bervariasi tergantung merk dan tipe laptop. Rata-rata harga lampu LED strip berkisar antara Rp 200.000 – Rp 500.000.

3. Periksa Driver VGA

Kerusakan pada driver VGA juga dapat mempengaruhi backlight pada layar laptop. Sobat TeknoBgt bisa memperiksa driver VGA apakah sudah terinstal dengan benar atau tidak. Jika driver VGA tidak terinstal dengan benar, maka kemungkinan besar tampilan pada layar tidak optimal termasuk backlightnya. Sobat Teknobgt bisa mencari driver VGA yang sesuai dengan merk dan tipe laptop pada situs resmi produsen laptop.

FAQ

Bagaimana caranya memperbarui driver VGA?Apakah memperbarui driver VGA dapat memperbaiki backlight laptop?
Sobat Teknobgt bisa memperbarui driver VGA melalui Device Manager di Windows. Caranya adalah dengan membuka Device Manager, pilih display adapter, klik kanan dan pilih Update Driver. Kemudian, Sobat Teknobgt bisa memilih opsi untuk mencari driver secara online atau menggunakan driver yang sudah terdownload sebelumnya.Mempertajam tampilan layar melalui pengaturan driver VGA dapat memperbaiki backlight laptop. Jika pengaturan driver VGA sudah optimal namun backlight masih tidak menyala, maka pengaturan driver VGA tidak mempengaruhi masalah backlight laptop.

4. Bawa ke Service Center

Jika setelah melakukan beberapa cara di atas backlight laptop masih tidak menyala, kemungkinan sudah terjadi kerusakan yang lebih parah. Sobat Teknobgt bisa membawa laptop ke service center terdekat untuk diperiksa dan diperbaiki oleh ahlinya. Pastikan Sobat Teknobgt membawa laptop ke service center yang terpercaya agar kerusakan dapat diperbaiki dengan baik.

FAQ

Apa penyebab kerusakan backlight laptop?Berapa biaya perbaikan backlight laptop di service center?
Kerusakan pada backlight laptop dapat disebabkan oleh kabel inverter yang putus, lampu LED yang rusak atau mati, atau kerusakan pada driver VGA. Selain itu, kerusakan pada komponen hardware lainnya juga dapat mempengaruhi backlight laptop.Biaya perbaikan backlight laptop di service center bervariasi tergantung tingkat kerusakan dan jenis perbaikan yang dilakukan. Rata-rata biaya perbaikan backlight laptop bisa mencapai Rp 500.000 – Rp 1.000.000.

Itulah beberapa cara memperbaiki backlight laptop yang bisa Sobat Teknobgt coba. Pastikan Sobat Teknobgt melakukan perbaikan dengan hati-hati dan teliti agar tidak menimbulkan kerusakan lainnya. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Memperbaiki Backlight Laptop