Aplikasi Screenshot Laptop Terbaik

Mencari Aplikasi Screenshot Laptop? Ini Rekomendasi Terbaik

Saat ini memang ada banyak sekali aplikasi screenshot laptop yang bisa kamu gunakan. Setiap pilihan aplikasi tersebut, tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing, sehingga perlu disesuaikan dengan kebutuhan.

Sebenarnya kamu juga dapat menggunakan aplikasi atau software bawaan yang memiliki fungsi screenshot pada laptop. Namun biasanya aplikasi bawaan semacam ini memiliki fungsi yang sangat terbatas sehingga akan menjadi kendala.

Menggunakan software tambahan, pengguna bisa memilih aplikasi terbaik dengan tambahan fitur yang lebih lengkap. Bahkan banyak pilihan yang juga memiliki fitur seperti editing gambar, sehingga akan lebih praktis saat digunakan.

Tidak hanya fitur, kualitas gambar yang dihasilkan pada setiap aplikasi tersebut juga saja berbeda beda. Jika sedang butuh gambar berkualitas baik, tentu kamu harus mencari aplikasi yang memiliki fitur lengkap.

Belum lagi jika memerlukan proses editing gambar atau sejenisnya, perlu memperhatikan dulu kualitas dan fitur yang ada. Pengguna tidak perlu bingung memilihnya, karena kali ini akan kami berikan rekomendasi terbaik.

Beberapa rekomendasi sudah kami pilihkan, tentu dengan kualitas aplikasi screenshot laptop terbaik. Akan kami jelaskan pula beberapa fitur unggulan di dalamnya, sehingga memudahkan kamu memilihnya sesuai dengan keperluan.

Sebelum itu, kamu juga harus menentukan dulu seperti apa kebutuhan dalam menggunakan aplikasi semacam ini. Dengan langkah tersebut, nantinya pengguna bisa memilih salah satu rekomendasi yang paling sesuai.

Kenapa Kamu Butuh Aplikasi Screenshot Laptop

Screenshot Laptop Win + PrtSc
Kombinasi Tombol Win + PrtSc adalah cara screenshot bawaan Windows tanpa aplikasi tambahan lagi

Sebenarnya untuk mengambil gambar dari layar laptop, pengguna tidak memerlukan aplikasi tambahan sama sekali. Akan tetapi fitur ini bisa jadi tidak sesuai dengan kebutuhan, karena kemampuannya sangat terbatas.

Disamping itu cara untuk mengambil tangkapan layar laptop juga tidak fleksibel, dimana perlu banyak tahap. Setelah mengambil gambar, kamu harus menyimpan gambar tersebut menggunakan aplikasi ataupun software lainnya.

Karena alasan itulah pengguna butuh software khusus atau aplikasi screenshot laptop tambahan yang lebih baik. Sedangkan untuk mencari tahu kebutuhan penggunaan software tersebut, simak penjelasan berikut ini :

  1. Mengambil gambar layar secara utuh

Bisa jadi kamu membutuhkan tampilan layar laptop secara utuh, termasuk tanggal dan waktu untuk keperluan tertentu. Hal tersebut sedikit sulit dilakukan jika hanya mengandalkan software atau fitur bawaan laptop saja.

Ini adalah salah satu alasan kenapa ada banyak orang yang mencari aplikasi screenshot laptop. Menggunakan software tambahan khusus, kebutuhan semacam ini bisa sangat mudah untuk kamu penuhi kapan saja.

  1. Menyertakan fitur edit gambar

Gambar yang sudah kamu ambil dari layar laptop, belum tentu bisa langsung digunakan begitu saja. Kerap kali pengguna harus menambahkan keterangan, di mana harus dilakukan dengan menggunakan software editing terpisah.

Langkah ini akan membuat pekerjaan kamu semakin banyak dan pastinya bertambah lama. Dengan memilih aplikasi software tepat, proses editing bisa langsung kamu lakukan sehingga pekerjaan bisa cepat selesai.

  1. Menyimpan gambar dengan beragam pilihan resolusi

Tidak kalah penting, kualitas atau resolusi gambar dengan ukuran khusus tentu kamu perlukan. Karena itulah diperlukan aplikasi tambahan, yang mampu memberikan pilihan atau menu setting untuk ukuran resolusi gambar tersebut.

Perhatikan dulu Kualitas Aplikasi Screenshot Laptop Kamu

Sebelum mencari dan memilih salah satu rekomendasi kali ini, perlu diketahui kebutuhan penggunaannya lebih dulu. Setiap pengguna pasti memiliki kebutuhan berbeda beda, sehingga bagian ini sangat penting untuk diperhatikan kualitasnya.

Pertama, kamu harus mencari dulu software yang terpercaya agar aman saat menggunakannya. Jangan sampai kamu malah mengunduh apliaksi malware yang bisa membahayakan data pada perangkat PC atau laptop.

Perhatikan lebih dulu kredibilitas pengembang atau developer aplikasi screenshot laptop yang akan kamu download dan istall. Membaca rekomendasi semacam ini juga bisa kamu lakukan agar tidak salah saat memilih.

Setelah hal mendasar tersebut dipastikan, barulah masuk pada fungsi yang ada pada aplikasi screenshot. Ada banyak pilihan aplikasi gratis yang memberikan beragam fitur menarik untuk para penggunanya termasuk kamu.

Tidak kalah penting melihat apakah aplikasi tersebut berbayar atau tidak. Jika memang berbayar, perhatikan penawaran harga dibandingkan dengan satu sama lain, sehingga bisa ditentukan mana yang sesuai anggaran dan tidak.

Pada rekomendasi kali ini, akan kami berikan pilihan aplikasi screenshot laptop gratis dengan kualitas terbaik. Jadi kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan, meski membutuhkan software berkualitas dengan fitur lengkap.

Sama seperti pilihan sebelumnya, software ini bisa kamu pasang pada berbagai macam OS. Spesifikasi perangkat laptop ataupun PC yang dibutuhkan juga tidak terlalu tinggi, sehingga pasti bisa kamu gunakan.

Aplikasi Screenshot Laptop Berkualitas Lightshot

Lightshot app
Lightshot — screenshot tool for Mac & Win

Tanpa banyak panjang lebar, langsung akan kami sampaikan beberapa pilihan software screenshot laptop terbaik. Pertama, kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih lightshot, dimana pilihan ini juga populer dan sudah banyak digunakan.

Beberapa keunggulan ditawarkan oleh aplikasi screenshot laptop yang dapat digunakan pada OS Windows serta Mac ini. Meskipun tidak berbayar, kamu akan disuguhkan dengan banyak sekali fitur unggulan di dalamnya.

Gratis atau tidak berbayar, jelas menjadi keunggulan pertama yang akan kamu rasakan. Selain itu, beberapa fitur tambahan di bawah ini juga bisa kamu pertimbangkan sebelum memasang Lightshot pada laptop. Segera Download Lightshot untuk memudahkan pekerjaanmu untuk capture layar.

  1. Memiliki fitur editing bawaan yang mudah digunakan

Setelah kamu mengambil data pada tampilan layar laptop, bisa langsung melakukan editing. Menu dan tools editing yang ditawarkan menarik, karena beberapa fitur editing gambar dasar bisa kamu gunakan.

  1. Membutuhkan memory yang relatif kecil

Spesifikasi dasar untuk bisa menggunakan aplikasi screenshot laptop satu ini tidak terlalu tinggi. Jika perangkat laptop kamu memiliki memory setidaknya 128MB, maka sudah bisa diinstall dengan software Lightshot ini.

  1. Memenuhi berbagai macam kebutuhan dasar

Berbagai macam pekerjaan ataupun tugas sekolah dapat diselesaikan dengan mudah berkat bantuan dari aplikasi ini. Fungsi utama untuk mengambil data pada tampilan layar laptop, jelas disediakan dengan lengkap dan berkualitas.

Aplikasi Screenshot Laptop Screenpesso yang Praktis

Screenpesso screen capture

Jika kamu membutuhkan software screenshot yang cepat dan praktis, Screenpesso bisa jadi pilihan. Tentunya fitur utama untuk melakukan screenshot sudah tersedia, dimana proses dan tahapannya sangat praktis.

Untuk melakukan pekerjaan sederhana semacam ini, tentu tidak perlu melakukan banyak pengaturan atau setting. Justru aplikasi praktis bernama Screenpesso ini akan sangat sesuai jika kamu membutuhkan pekerjaan yang cepat.

Tanpa banyak melakukan setting lebih dulu, kamu bisa mengambil gambar layar penuh atau sebagian. Setelah gambar yang diingkan sudah ditentukan, setelah itu kamu bisa langsung menyimpannya di laptop.

Tidak hanya disimpan secara offline, aplikasi screenshot laptop satu ini menawarkan beberapa opsi untuk menyimpan gambar. Pengguna dapat menyimpan gambar tersebut di Google Drive dan beberapa layanan penyimpanan virtual lain.

Satu keunggulan tambahan, Kamu bisa Download Screenpesso dan bisa dipasang pada beragam OS. Bahkan untuk Windows, Screenpesso bisa dipasang dengan minimal OS Windows 7 saja, sehingga bertambah semakin mudah.

Spesifikasi kapasitas RAM laptop mulai dari 2GB saja, bahkan sudah bisa kamu gunakan untuk mengistall software ini. Jadi kamu yang masih menggunakan laptop dengan spesifikasi tersebut, tidak perlu khawatir mengistallnya.

Belum lagi dengan storage rendah sebesar 200 MB saja, Screenpesso sudah dapat dijalankan. Kamu tidak perlu menambah kapasitas penyimpanan, berkat spesifikasi dasar yang lebih mudah untuk dipenuhi semacam ini.

Aplikasi Skitch dengan Fitur Screeshot Lengkap

Aplikasi Skitch

Masih ada beberapa rekomendasi lain yang akan sangat sayang jika kamu lewatkan. Informasi lengkap dan menarik lainya juga sudah kami siapkan, agar pekerjaan komputasi kami bisa semakin praktis lagi.

Khusus untuk kamu yang memang butuh lebih banyak fitur ketika melakukan screenshot, Skitch bisa dipertimbangkan. Karena aplikasi satu ini memang terkenal memiliki banyak fitur terbaik, bahkan tanpa memerlukan biaya tambahan.

Beberapa dari kamu mungkin sudah tidak asing dengan Skitch, karena memang sudah ada sejak lama. Meski sudah lama, ada versi 2.8 yang memiliki fitur serta tampilan UI mudah digunakan.

Versi aplikasi screenshot laptop ini memang banyak menjadi pertimbangan bagi penggunanya. Karena setiap versi bisa jadi memiliki kelengkapan fitur berbeda, sehingga penting untuk kamu perhatikan sebelum melakukan proses pemasangan.

Sedangkan untuk versi yang lebih baru dari 2.8, Skitch hanya bisa digunakan pada perangkat dengan OS Mac. Meski begitu, tentu saja versi tersebut juga menawarkan lebih banyak lagi fitur menarik.

Tidak perlu khawatir, untuk versi 2.8 tadi juga masih sangat layak dan berkualitas untuk digunakan. Tidak sekedar melakukan screenshot, pengguna juga dapat melakukan editing, seperti menambahkan keterangan ataupun teks.

Jika berencana untuk menggunakan apliaksi satu ini, kamu harus mencari installer versi lama. Tidak sulit untuk menemukannya, karena bisa mudah dilakukan dengan berselancar di internet secara langsung.

Bagi kamu yang kebetulan menggunakan laptop dengan OS Mac, tentu bisa mendapatkan versi paling baru. Beragam fitur canggih juga sudah dihadirkan di sana, sehingga bisa langsung kamu manfaatkan saja.

ShareX Aplikasi Screenshot Laptop yang Handal

ShareX

Tidak hanya sekedar memberikan fitur dasar untuk melakukan screenshot saja, ShareX punya kelebihan khusus. Salah satunya, pengguna bisa langsung membagikan gambar yang sudah disimpan, melalui berbagai macam paltform lain.

Aplikasi screenshot laptop sekarang ini memang sudah jauh berkembang, sehingga memberikan lebuh banyak kemudahan bagi penggunanya. Jadi setelah gambar diambil, kamu bisa langsung memberikannya kepada orang lain untuk diproses.

Aplikasi dengan fitur ini cocok digunakan jika pengguna melakukan pekerjaan secara tim atau berkelompok. Jadi rekan kerja bisa langsung menambahkan data ataupun keterangan khusus pada gambar yang sudah discreenshot.

Pada software ini pula, pengguna dapat memilih data mana yang akan diambil dan disimpan. Bisa dilakukan penyimpanan gambar secara penuh, sesuai dengan ukuran layar laptop kamu atau khsusu bagian tertentu.

Bahkan untuk bentuk gambar yang akan disimpan juga tersedia dalam beberapa pilihan. Selain betuk dasar seperti persegi, pengguna juga dapat menyimpan bagian gambar tertentu dalam bentuk lingkaran dan lain sebagainya.

Sebagai catatan, untuk aplikasi ShareX ini hanya bisa dipasang pada komputer yang menggunakan OS Windows dan bisa didapatkan secara gratis di situs resminya https://getsharex.com. Setidaknya PC kamu harus memiliki OS Windows 7 atau lebih, agar dapat menginstall aplikasi ShareX.

Setelah mencarmati berbagai macam pilihan dan rekomenadsi terbaik tadi, sekarang tidak perlu bingung lagi. Sesuaikan saja pilihan pengguna dengan keperluan atau perkerjaan yang ingin dilakukan berkaitan dengan screenshot layar laptop.

Jika memang ada salah satu rekomendasi yang sesuai, bisa langsung pengguna dapatkan dengan mudah. Setelah itu tinggal gunakan aplikasi screenshot laptop tersebut untuk mempermudah pekerjaan yang sedang kamu lakukan.