Cara Menampilkan Kursor Laptop

Hello Sobat TeknoBgt! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas cara menampilkan kursor laptop yang hilang atau tidak terlihat. Kursor atau yang sering disebut dengan pointer adalah tanda yang bergerak pada layar yang digunakan untuk mengontrol pergerakan mouse atau touchpad. Tanpa kursor, tentunya kita sulit untuk melakukan navigasi pada laptop. Oleh karena itu, simak ulasan berikut ini untuk mengetahui langkah-langkah cara menampilkan kursor laptop yang hilang.

1. Periksa Pengaturan Touchpad

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan untuk menampilkan kursor laptop yang hilang adalah dengan memeriksa pengaturan touchpad pada laptop kamu. Caranya, buka Control Panel pada laptop dan pilih menu Mouse. Setelah itu, pastikan opsi ‘Hide pointer while typing’ tidak dicentang. Jika opsi ini dicentang, maka kursor akan hilang ketika kamu mengetik pada keyboard.

Selain itu, kamu juga dapat memeriksa pengaturan lain yang terkait dengan touchpad pada laptop. Pastikan touchpad tidak dalam keadaan menyala dan tidak terkunci. Jangan lupa, restart laptop kamu setelah melakukan perubahan pada pengaturan touchpad tersebut.

2. Cek Kabel Mouse atau Touchpad

Jika kursor laptop masih tidak muncul, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengecek kabel mouse atau touchpad pada laptop kamu. Pastikan kabel mouse atau touchpad terhubung dengan baik pada laptop, serta tidak ada kerusakan pada kabel tersebut. Jika perlu, cabut dan pasang kembali kabel mouse atau touchpad untuk memastikan koneksi yang baik.

3. Restart Laptop

Jika kedua langkah di atas tidak berhasil, coba untuk merestart laptop kamu. Hal ini agar sistem operasi pada laptop dapat memperbarui konfigurasi yang terkait dengan kursor atau pointer. Setelah laptop dinyalakan kembali, cek apakah kursor sudah muncul atau tidak.

4. Perbarui Driver Mouse atau Touchpad

Jika kursor masih belum muncul setelah melakukan langkah-langkah di atas, kemungkinan besar masalah terletak pada driver mouse atau touchpad pada laptop kamu. Oleh karena itu, perbarui driver mouse atau touchpad tersebut dengan versi yang terbaru.

Untuk melakukan perbaruan driver, kamu dapat menggunakan layanan Windows Update atau mendownload driver mouse atau touchpad dari website resmi produsen laptop kamu. Setelah mengunduh driver tersebut, install pada laptop dan pastikan untuk merestart laptop kamu setelah selesai melakukan instalasi.

5. Gunakan Mouse Eksternal

Jika semua langkah tersebut masih tidak berhasil, kamu dapat menggunakan mouse eksternal sebagai alternatif. Mouse eksternal dapat membantu kamu untuk mengontrol kursor pada laptop. Pastikan pula driver mouse eksternal sudah terinstal dengan baik pada laptop kamu.

FAQ

1. Apa yang harus dilakukan jika touchpad pada laptop tidak berfungsi?Periksa pengaturan touchpad pada laptop dan pastikan touchpad tidak dalam keadaan menyala dan terkunci. Jika masih tidak berfungsi, gunakan mouse eksternal sebagai alternatif.
2. Apa yang harus dilakukan jika kursor laptop tiba-tiba berhenti bergerak?Coba untuk merestart laptop atau cek kabel mouse atau touchpad pada laptop kamu. Jika masih belum berfungsi, perbarui driver mouse atau touchpad tersebut.
3. Apakah kursor laptop dapat hilang karena virus?Meskipun tidak umum, namun kursor laptop dapat hilang karena terinfeksi virus. Oleh karena itu, pastikan laptop kamu dalam keadaan aman dan terhindar dari virus.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Menampilkan Kursor Laptop