TEKNOBGT

Cara Cek Laptop Menggunakan Windows Berapa

Hello Sobat TeknoBgt! Apakah kamu sedang bingung cara mengetahui versi Windows laptop kamu? Tenang saja, di artikel kali ini kami akan membahas cara cek laptop menggunakan Windows berapa dengan mudah dan cepat. Yuk, simak selengkapnya!

1. Perbedaan Versi Windows

Sebelum memulai langkah-langkahnya, ada baiknya kita mengetahui jenis-jenis versi Windows terlebih dahulu. Saat ini, terdapat beberapa jenis versi Windows seperti Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10. Namun, tidak semua laptop menggunakan semua jenis versi Windows tersebut. Ada juga laptop yang masih menggunakan Windows XP atau bahkan Vista.

Windows 7 adalah sistem operasi yang diluncurkan pada tahun 2009, sedangkan Windows 8 diluncurkan pada tahun 2012. Kemudian, Windows 8 mendapatkan perbaikan dan seiring dengan itu menghasilkan Windows 8.1. Dan yang terbaru adalah Windows 10 yang dirilis pada tahun 2015. Setiap versi Windows memiliki fitur dan karakteristik yang berbeda-beda.

2. Cara Cek Versi Windows pada Laptop

Setelah mengetahui jenis-jenis versi Windows, sekarang kita masuk pada bagian inti, yaitu cara mengecek versi Windows pada laptop. Ada beberapa cara yang dapat Sobat TeknoBgt lakukan, berikut diantaranya:

a. Melalui About Windows

Cara paling mudah adalah dengan membuka About Windows. Langkahnya sebagai berikut:

LangkahTindakan
1Klik Start
2Klik kanan pada Computer
3Pilih Properties
4Akan terlihat tulisan Windows Edition, disana akan tertera versi Windows yang kamu gunakan

Cara ini dapat dilakukan pada semua jenis laptop yang menggunakan sistem operasi Windows mulai dari Windows 7 hingga Windows 10.

b. Melalui Command Prompt

Selain itu, Sobat TeknoBgt juga bisa mengecek versi Windows dengan menggunakan Command Prompt. Berikut adalah langkah-langkahnya:

LangkahTindakan
1Klik Start
2Cari Command Prompt
3Klik kanan, lalu pilih Run as administrator
4Ketikkan perintah ver lalu enter
5Windows akan menampilkan versi yang kamu gunakan

Cara ini universal dan dapat digunakan pada semua jenis laptop Windows.

3. Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu cara cek laptop menggunakan Windows berapa dengan mudah dan cepat. Jangan lupa untuk menjaga sistem operasi laptop kamu agar tetap terbaru agar performa jadi semakin maksimal. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Cek Laptop Menggunakan Windows Berapa