TEKNOBGT

Cara Mengatasi Laptop yang Tidak bisa Konek Internet

Cara Mengatasi Laptop yang Tidak bisa Konek Internet

Halo Sobat TeknoBgt, tentu sangat menjengkelkan saat laptop tidak bisa konek internet. Baik itu untuk bekerja, belajar, ataupun sekadar berselancar di dunia maya, koneksi internet yang lambat atau bahkan tidak terhubung sama sekali bisa menghambat aktivitas kita. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa cara mengatasi laptop yang tidak bisa konek internet. Yuk, simak selengkapnya!

1. Cek Koneksi Internet

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengecek koneksi internet. Ada baiknya kita memastikan apakah koneksi internet yang kita gunakan penuh atau tidak. Caranya dengan membuka situs-situs lain, atau mencoba menghubungkan perangkat lain ke jaringan wifi yang sama. Jika masalahnya hanya pada laptop kita, maka kemungkinan besar masalahnya ada pada laptop.

Jika koneksi internet masih stabil, maka beralih ke langkah selanjutnya.

FAQ: Bagaimana cara mengecek koneksi internet?

PertanyaanJawaban
Bagaimana cara mengecek apakah saya terhubung ke wifi?Klik pada simbol wifi di pojok kanan bawah layar laptop. Jika terhubung, maka akan terlihat nama jaringan wifi yang sedang digunakan.
Bagaimana cara mengecek kecepatan internet saya?Buka situs speedtest.net, kemudian klik tombol “GO”. Setelah itu, akan muncul kecepatan download dan upload internet Anda.

2. Restart Laptop

Langkah selanjutnya adalah dengan merestart laptop. Hal ini bisa membantu mengatasi masalah sederhana seperti koneksi internet yang lambat atau tidak bisa terhubung.

Caranya sangat mudah, yaitu dengan menekan tombol “Start” di pojok kiri bawah layar laptop, kemudian klik “Restart”. Tunggu beberapa saat hingga laptop benar-benar mati dan kemudian hidup kembali.

3. Perbarui Driver WiFi

Keluarnya driver wifi atau kadang disebut juga driver WLAN bisa menyebabkan laptop tidak bisa terhubung ke internet. Oleh karena itu, kita perlu memastikan driver wifi kita sudah diperbarui ke versi terbaru.

Caranya sangat mudah, cukup buka “Device Manager” dengan menekan tombol “Windows” + “X” pada keyboard, kemudian pilih “Device Manager”. Cari perangkat jaringan wifi atau WLAN, kemudian klik kanan dan pilih “Update Driver Software”. Pilih opsi “Search automatically for updated driver software” dan tunggu hingga proses selesai.

4. Nonaktifkan Firewall

Firewall bisa menghalangi koneksi internet kita terhubung dengan benar. Jika firewall di laptop kita terlalu ketat, maka bisa menyebabkan masalah koneksi internet. Oleh karena itu, coba untuk menonaktifkan firewall sementara.

Caranya sangat mudah, cukup tekan “Windows” + “R” pada keyboard, kemudian ketik “firewall.cpl” dan tekan enter. Pilih “Turn Windows Firewall on or off”, kemudian pilih “Turn off Windows Firewall (not recommended)” untuk sementara waktu. Jangan lupa untuk mengaktifkan kembali firewall setelah selesai melakukan tes.

5. Reset Modem/Router

Jika langkah-langkah di atas belum membuahkan hasil, maka kemungkinan masalahnya ada pada modem/router. Mungkin terjadi masalah pada jaringan atau konfigurasi yang salah. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba me-reset modem/router.

Cara mereset modem/router bisa berbeda-beda tergantung pada merek dan model perangkat itu sendiri. Namun, umumnya kita bisa menekan tombol reset pada modem/router selama beberapa detik hingga lampu indikator berubah.

6. Bawa ke Teknisi

Jika semua langkah di atas sudah dicoba tapi masalahnya masih terjadi, maka mungkin ada masalah pada hardware laptop. Oleh karena itu, sebaiknya kita membawa ke teknisi komputer terdekat untuk diperbaiki.

Itulah beberapa cara mengatasi laptop yang tidak bisa konek internet. Semoga cara-cara di atas bisa membantu Sobat TeknoBgt mengatasi masalah koneksi internet di laptop. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman lain yang mungkin memerlukan informasi ini. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Mengatasi Laptop yang Tidak bisa Konek Internet