TEKNOBGT

Cara Perbaiki Keyboard Laptop Acer

Halo Sobat TeknoBgt! Apakah kamu sedang mengalami masalah pada keyboard laptop Acermu? Jangan khawatir, artikel ini akan membantu kamu untuk memperbaiki masalah tersebut dengan mudah. Setiap masalah pada keyboard memang sangat menjengkelkan, terlebih lagi jika kamu harus mengetik dengan terpaksa menggunakan keyboard eksternal. Mari kita pelajari cara memperbaiki keyboard laptop Acer berikut ini.

1. Membersihkan Keyboard

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah membersihkan keyboard. Terkadang, masalah pada keyboard disebabkan karena kotoran yang menempel pada keyboard. Untuk membersihkan keyboard laptop Acer, kamu dapat menggunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai. Cukup basahi sikat gigi tersebut dengan air dan gosok perlahan area keyboard yang kotor hingga bersih.

Jika sikat gigi tidak tersedia, kamu dapat menggunakan lap basah atau alkohol 70% sebagai penggantinya. Setelah membersihkan keyboard dengan lap basah atau alkohol, pastikan untuk mengeringkannya dengan lap kering atau tissue.

2. Menonaktifkan Filter Keys

Selain kotoran, masalah pada keyboard Acer dapat disebabkan oleh fitur filter keys yang terkadang secara tidak sengaja diaktifkan. Fitur ini memungkinkan keyboard untuk mengabaikan ketukan keyboard yang singkat atau terlalu sering. Akibatnya, keyboard bisa terasa lambat atau tidak responsif.

Untuk menonaktifkan fitur filter keys pada keyboard laptop Acer, kamu dapat melakukan langkah berikut:

LangkahDeskripsi
1.Pergi ke Control Panel
2.Pilih Ease of Access Center
3.Pilih Make the keyboard easier to use
4.Cari bagian Set up Filter Keys
5.pastikan opsi Turn on Filter Keys tidak dicentang

3. Menguji Keyboard dengan On-Screen Keyboard

Jika kamu tidak yakin apakah masalah keyboard disebabkan oleh kerusakan hardware atau software, kamu dapat menggunakan fitur On-Screen Keyboard. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengetik tanpa menggunakan keyboard fisik pada laptop Acer.

Untuk mengakses fitur On-Screen Keyboard pada laptop Acer, kamu dapat melakukan langkah berikut:

LangkahDeskripsi
1.Masuk ke Control Panel
2.Pilih Ease of Access Center
3.Pergi ke Start On-Screen Keyboard

Jika keyboard virtual dapat berfungsi normal pada layar, maka masalah keyboard pada Acer laptop disebabkan oleh kerusakan hardware. Sebaliknya, jika keyboard virtual tidak berfungsi normal, maka masalah keyboard berasal dari kerusakan software.

4. Menghapus Keyboard Driver and Reinstall

Jika masalah pada keyboard Acer karena kerusakan software, kamu dapat mencoba untuk menghapus driver keyboard dan menginstal ulangnya. Untuk mendapatkan driver keyboard terbaru, kamu dapat mengunjungi situs web Acer.

Untuk menghapus driver keyboard pada laptop Acer, kamu dapat melakukan langkah berikut:

LangkahDeskripsi
1.Buka Device Manager
2.Pilih Keyboard hardware
3.Klik kanan pada keyboard yang terdaftar dan pilih Uninstall
4.Saat diminta konfirmasi, pilih Yes

Setelah driver keyboard terhapus, pastikan untuk mencari driver keyboard terbaru dan menginstalnya pada laptop Acer.

5. Membersihkan Kabel Ribbon

Satu hal yang sering kali terlupakan ketika perbaikan keyboard laptop Acer adalah membersihkan kabel ribbon. Kabel ribbon merupakan kabel yang menghubungkan motherboard dengan keyboard. Terkadang, kabel ribbon tersebut dapat berdebu atau kotor, sehingga berpengaruh pada kinerja keyboard. Membersihkan kabel ribbon dapat memperbaiki masalah keyboard yang tidak berfungsi.

Untuk membersihkan kabel ribbon, kamu dapat melakukan langkah berikut:

LangkahDeskripsi
1.Membuka tutup laptop Acer
2.Cari kabel ribbon yang terhubung ke motherboard dan keyboard
3.Lepaskan kabel ribbon dengan hati-hati
4.Bersihkan kabel ribbon dengan lap bersih yang sudah diberi sedikit alkohol.
5.Pasang kembali kabel ribbon dan tutup laptop Acer

6. Memperbaiki Tombol Keyboard Tertentu

Jika hanya beberapa tombol keyboard pada laptop Acer yang tidak berfungsi, kemungkinan terjadi pada masalah fisik atau hardware pada tombol tersebut. Untuk memperbaiki tombol keyboard tertentu, kamu dapat melakukan langkah berikut:

LangkahDeskripsi
1.Buka casing keyboard Acer
2.Lihat tombol keyboard yang tidak berfungsi
3.Cari tuts yang terkena masalah
4.Lepaskan tombol keyboard dari casing dengan hati-hati
5.Bersihkan bagian bawah keyboard yang terkena masalah dengan lap kering.
6.Pasang kembali tombol keyboard dan tutup casing keyboard Acer

7. Mengganti Keyboard Laptop

Jika semua cara perbaikan di atas telah dicoba dan keyboard laptop Acer masih belum bisa berfungsi dengan baik, kemungkinan terakhir adalah mengganti keyboard. Untuk melakukan penggantian keyboard, kamu bisa membeli keyboard pengganti terlebih dahulu dan mengikuti langkah-langkah penggantian keyboard Acer dari situs web resmi Acer.

FAQ

1. Apakah bisa membersihkan keyboard dengan lap basah?

Iya, kamu bisa membersihkan keyboard dengan lap basah atau alkohol 70%. Setelah itu jangan lupa untuk mengeringkan keyboard dengan lap kering atau tissue.

2. Apa penyebab keyboard Acer tidak berfungsi?

Salah satu penyebab keyboard Acer tidak berfungsi adalah kotoran yang menempel pada keyboard atau kerusakan hardware di dalam keyboard itu sendiri.

3. Apakah semua model keyboard Acer sama?

No, model keyboard Acer berbeda-beda tergantung seri laptopnya. Pastikan untuk membeli keyboard pengganti yang tepat untuk seri Acer laptopmu.

4. Apakah perlu membuka casing laptop untuk memperbaiki keyboard?

Ya, jika kamu ingin memperbaiki tombol keyboard tertentu atau membersihkan kabel ribbon, maka kamu perlu membuka casing laptop Acer terlebih dahulu.

5. Berapa harga untuk mengganti keyboard Acer?

Harga untuk mengganti keyboard laptop Acer bervariasi tergantung seri laptopnya. Kamu dapat mencari harga keyboard pengganti di situs web resmi Acer atau di toko penjualan komputer terdekat.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Perbaiki Keyboard Laptop Acer