Cara Mencapture Layar Laptop Asus

Cara Mencapture Layar Laptop Asus – Sobat TeknoBgt

Selamat datang Sobat TeknoBgt! Pernahkah kamu ingin memotret layar laptop Asus kamu? Mungkin untuk membuat tutorial, menunjukkan error atau hanya untuk membagikan keadaan desktop kamu?

Apa itu “Screenshot” atau “Capture Layar”?

Sebelum kita membahas cara menscreenshot laptop Asus, mari kita bahas dulu apa itu screenshot. Screenshot atau capture layar adalah cara untuk merekam gambar layar pada smartphone atau laptop. Cara ini dapat dilakukan dengan menekan kombinasi tombol tertentu pada keyboard atau dengan menggunakan software khusus.

1. Menggunakan Keyboard

Sudahkah kamu tahu bahwa laptop Asus kamu memiliki tombol khusus untuk melakukan screenshot? Tombol tersebut terletak pada tombol “Print Screen” atau sering disingkat menjadi “PrtSc”. Untuk melakukan screenshot dengan tombol ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka tampilan yang ingin kamu tangkap pada layar
  2. Tekan tombol “PrtSc” pada keyboard
  3. Buka aplikasi Microsoft Paint atau aplikasi serupa
  4. Pilih menu Edit dan klik Paste
  5. Gambar layar yang kamu tangkap akan ditampilkan pada aplikasi tersebut

2. Menggunakan Tombol Khusus Asus

Jika kamu menggunakan laptop Asus, kamu bisa melakukan capture layar dengan lebih mudah menggunakan tombol khusus yang terdapat pada keyboard. Tombol ini biasanya diberi label “Fn” dan “PrtSc” atau “Fn” dan “Insert”. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan screenshot pada laptop Asus kamu:

  1. Buka tampilan yang ingin kamu tangkap pada layar
  2. Tekan tombol “Fn” dan “PrtSc” atau “Fn” dan “Insert” secara bersamaan
  3. Gambar layar yang kamu tangkap akan secara otomatis tersimpan pada folder Pictures/Screenshot di dalam laptop kamu

3. Menggunakan Software Pihak Ketiga

Selain dua cara di atas, kamu juga bisa menggunakan software pihak ketiga untuk melakukan capture layar pada laptop Asus kamu. Beberapa software yang populer dan mudah digunakan antara lain:

Nama SoftwareFungsiLink Unduh
LightshotMemungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot dengan menentukan area yang ingin diambilhttps://app.prntscr.com/en/download.html
GreenshotMembantu pengguna mengambil screenshot dengan tampilan sebelumnya untuk memilih area yang ingin diambilhttps://getgreenshot.org/downloads/
CaptureMemungkinkan pengguna untuk mengambil screenshot dan melakukkan editing secara langsunghttps://capture-app.com/download/

Sering Ditanyakan

1. Apa bedanya antara screenshot biasa dan screenshot area tertentu?

Screenshot biasa adalah tangkapan layar full screen atau layar aktif saat itu. Sedangkan screenshot area tertentu memungkinkan pengguna untuk menentukan area tertentu pada layar yang ingin diambil.

2. Bagaimana cara mengedit screenshot yang telah diambil?

Kamu bisa menggunakan aplikasi editing foto seperti Adobe Photoshop atau aplikasi sederhana seperti Microsoft Paint untuk mengedit screenshot yang telah kamu ambil.

3. Apakah semua jenis laptop Asus memiliki tombol khusus untuk melakukan screenshot?

Tidak semua jenis laptop Asus memiliki tombol khusus untuk melakukan screenshot. Namun, sebagian besar laptop Asus memiliki tombol khusus tersebut.

4. Apakah software pihak ketiga untuk melakukan screenshot aman?

Saat ini, banyak software pihak ketiga yang tersedia dan aman digunakan. Kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengunduh dan menggunakan software tersebut.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara untuk menscreenshot laptop Asus. Kamu bisa menggunakan tombol khusus pada keyboard, software bawaan seperti Microsoft Paint atau memilih menggunakan software pihak ketiga yang lebih lengkap fiturnya. Pastikan kamu memilih cara yang paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Mencapture Layar Laptop Asus