TEKNOBGT

Cara Screenshot Laptop Bagian Tertentu

Hello Sobat TeknoBgt, apakah kamu seringkali ingin mengambil screenshot laptop namun hanya ingin menangkap bagian tertentu saja? Jangan khawatir, kali ini kami akan membahas cara-cara mudah untuk melakukan screenshot pada laptop untuk bagian tertentu yang kamu inginkan.

1. Gunakan Tombol Print Screen

Tombol Print Screen atau biasa disebut PrtScn pada keyboard laptop adalah cara termudah untuk melakukan screenshot. Namun, mungkin kamu belum tahu bahwa kamu juga bisa menggunakan kombinasi tombol “Alt” dan “PrtScn” untuk mengambil screenshot hanya pada window yang sedang aktif.

Cara ini bisa kamu gunakan pada sistem operasi Windows. Setelah kamu berhasil mengambil screenshot menggunakan kombinasi tombol tersebut, kamu bisa memedekannya pada aplikasi pengeditan gambar seperti Paint atau aplikasi sejenisnya untuk mengedit dan memotong bagian tertentu yang kamu inginkan.

Keuntungan Menggunakan Tombol Print Screen

Selain mudah digunakan, keuntungan menggunakan tombol Print Screen adalah kamu bisa mengambil screenshot pada seluruh jendela atau monitor yang sedang aktif. Kamu juga bisa menggunakan fitur “Snipping Tool” pada Windows untuk menangkap bagian tertentu dari layar.

Kerugian Menggunakan Tombol Print Screen

Kerugian dari menggunakan tombol Print Screen adalah kamu tidak bisa menangkap screenshot pada aplikasi atau jendela tertentu saja.

2. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kamu membutuhkan fitur yang lebih lengkap untuk mengambil screenshot pada laptop, kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga. Beberapa aplikasi yang populer digunakan antara lain Lightshot, ShareX, dan Greenshot.

Aplikasi ini memiliki fitur yang lebih lengkap seperti mengambil screenshot pada bagian tertentu saja, membuat anotasi pada screenshot, dan langsung membagikan screenshot ke sosial media.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Dibandingkan dengan menggunakan tombol Print Screen, aplikasi pihak ketiga memiliki banyak fitur yang bisa membantu kamu saat mengambil screenshot. Selain itu, aplikasi ini juga lebih fleksibel dan mudah digunakan.

Kerugian Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Salah satu kerugian dari menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah kamu harus menginstal aplikasi tersebut terlebih dahulu pada laptop kamu. Selain itu, beberapa aplikasi mungkin membutuhkan biaya untuk mengakses fitur-fiturnya yang lebih lengkap.

3. Gunakan Fitur Bawaan pada Mac

Jika kamu menggunakan laptop Mac, kamu bisa menggunakan fitur bawaan pada sistem operasi MacOS untuk mengambil screenshot pada bagian tertentu saja. Kamu bisa mengakses fitur ini dengan menekan tombol “Command + Shift + 4”.

Setelah kamu menekan tombol tersebut, kamu bisa menandai bagian tertentu pada layar yang ingin kamu screenshot.

Keuntungan Menggunakan Fitur Bawaan pada Mac

Keuntungan dari menggunakan fitur bawaan pada Mac adalah kamu tidak perlu menginstal aplikasi pihak ketiga dan fitur ini sudah tersedia pada sistem operasi yang kamu gunakan. Selain itu, fitur ini juga mudah digunakan dan fleksibel.

Kerugian Menggunakan Fitur Bawaan pada Mac

Salah satu kerugian dari menggunakan fitur bawaan pada Mac adalah kamu tidak bisa melakukan anotasi pada screenshot yang kamu buat. Selain itu, fitur ini hanya bisa digunakan pada sistem operasi MacOS dan tidak bisa digunakan pada sistem operasi Windows.

4. Gunakan Fitur Bawaan pada Chromebook

Jika kamu menggunakan laptop yang berbasis Chromebook, kamu juga bisa menggunakan fitur bawaan pada sistem operasi ChromeOS untuk mengambil screenshot pada bagian tertentu.

Kamu bisa menekan tombol “Control + Switch Window” untuk mengambil screenshot pada seluruh layar. Namun, jika kamu hanya ingin mengambil screenshot pada bagian tertentu saja, kamu bisa menekan tombol “Control + Shift + Switch Window”. Setelah itu, kamu bisa mengklik dan menandai bagian tertentu pada layar yang ingin kamu screenshot.

Keuntungan Menggunakan Fitur Bawaan pada Chromebook

Keuntungan dari menggunakan fitur bawaan pada Chromebook adalah kamu tidak perlu menginstal aplikasi pihak ketiga dan fitur ini sudah tersedia pada sistem operasi yang kamu gunakan. Selain itu, fitur ini juga mudah digunakan dan fleksibel.

Kerugian Menggunakan Fitur Bawaan pada Chromebook

Salah satu kerugian dari menggunakan fitur bawaan pada Chromebook adalah kamu tidak bisa melakukan anotasi pada screenshot yang kamu buat. Selain itu, fitur ini hanya bisa digunakan pada sistem operasi ChromeOS dan tidak bisa digunakan pada sistem operasi Windows atau MacOS.

5. Gunakan Fitur Snipping Tool pada Windows

Fitur Snipping Tool adalah salah satu fitur bawaan pada sistem operasi Windows yang bisa kamu gunakan untuk mengambil screenshot pada bagian tertentu saja. Kamu bisa mengakses fitur ini dengan mengetikkan “Snipping Tool” pada menu search pada Windows.

Setelah kamu membuka aplikasi Snipping Tool, kamu bisa menandai bagian tertentu pada layar yang ingin kamu screenshot dan memotongnya sesuai dengan yang kamu inginkan. Setelah itu, kamu bisa menyimpan screenshot tersebut atau membagikannya ke orang lain.

Keuntungan Menggunakan Fitur Snipping Tool pada Windows

Keuntungan dari menggunakan fitur Snipping Tool pada Windows adalah kamu bisa menangkap screenshot pada bagian tertentu yang kamu inginkan dan melakukan anotasi pada screenshot tersebut. Selain itu, fitur ini sudah tersedia pada sistem operasi Windows yang kamu gunakan.

Kerugian Menggunakan Fitur Snipping Tool pada Windows

Salah satu kerugian dari menggunakan fitur Snipping Tool pada Windows adalah kamu harus membuka aplikasi tersebut terlebih dahulu sebelum kamu bisa mengambil screenshot. Selain itu, fitur ini hanya bisa digunakan pada sistem operasi Windows dan tidak bisa digunakan pada sistem operasi lainnya.

FAQ

PertanyaanJawaban
Apakah saya bisa mengambil screenshot pada aplikasi tertentu saja?Ya, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot pada aplikasi tertentu saja.
Apakah saya bisa melakukan anotasi pada screenshot yang saya buat?Beberapa aplikasi pihak ketiga dan fitur bawaan pada sistem operasi memungkinkan kamu untuk melakukan anotasi pada screenshot yang kamu buat. Namun, tidak semua fitur memiliki fitur ini.
Apakah saya bisa mengambil screenshot pada laptop saya jika tombol Print Screen tidak berfungsi?Ya, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga atau fitur bawaan pada sistem operasi untuk mengambil screenshot pada laptop kamu.

Demikianlah beberapa cara untuk melakukan screenshot pada laptop untuk bagian tertentu. Semoga tulisan ini bisa membantu kamu dalam mengambil screenshot pada bagian tertentu yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk mencoba satu persatu cara yang kami bahas di atas untuk menemukan cara yang terbaik untuk kamu gunakan. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Screenshot Laptop Bagian Tertentu