Cara Menampilkan Ikon Baterai di Laptop

Halo Sobat TeknoBgt! Apakah kamu pernah mengalami hal di mana kamu tidak bisa melihat ikon baterai di laptop kamu? Tentu hal ini bisa sangat mengganggu karena kamu tidak bisa melihat berapa persen sisa baterai yang kamu miliki. Pada artikel ini, kita akan membahas cara menampilkan ikon baterai di laptop.

1. Cek Pengaturan Sistem

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek pengaturan sistem di laptop kamu. Hal yang harus kamu cek adalah apakah ikon baterai sudah diaktifkan atau tidak.

Untuk melakukan ini, pertama-tama kamu perlu membuka pengaturan sistem di laptop kamu. Setiap laptop memiliki cara yang berbeda untuk membuka pengaturan sistem, namun biasanya kamu bisa mencarinya melalui menu Start di pojok kiri bawah desktop kamu.

Setelah kamu membuka pengaturan sistem, cari opsi yang bernama “Taskbar” atau “Taskbar and Start Menu”. Setelah itu, cari opsi yang berkaitan dengan ikon baterai dan pastikan bahwa opsi untuk menampilkan ikon baterai diaktifkan.

Jika opsi untuk menampilkan ikon baterai sudah diaktifkan namun kamu masih tidak bisa melihatnya, lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Restart Laptop Kamu

Jika kamu sudah mencoba mengaktifkan ikon baterai melalui pengaturan sistem namun masih tidak berhasil, langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah restart laptop kamu.

Banyak masalah pada laptop dapat diselesaikan dengan melakukan restart. Jadi, pastikan bahwa kamu sudah menyimpan semua pekerjaan yang sedang kamu lakukan dan restart laptop kamu.

Setelah laptop kamu sudah di-restart, lihat kembali apakah ikon baterai sudah muncul atau tidak. Jika masih belum muncul, lanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Perbaiki Driver Baterai

Jika kamu sudah mencoba langkah-langkah di atas namun ikon baterai masih belum muncul, kemungkinan masalahnya terletak pada driver baterai di laptop kamu.

Untuk memperbaiki masalah ini, kamu perlu membuka Device Manager di laptop kamu. Cara membuka Device Manager berbeda-beda tergantung pada sistem operasi yang kamu gunakan, namun biasanya kamu bisa membukanya melalui Control Panel.

Selanjutnya, cari opsi yang berkaitan dengan baterai di laptop kamu. Klik kanan pada opsi itu dan pilih “Update Driver”.

Jika driver baterai kamu sudah terbaru, maka kamu bisa mencoba untuk menghapus driver baterai tersebut dan kemudian menginstal ulang driver yang sesuai untuk laptop kamu.

Setelah kamu menginstal ulang driver baterai, restart laptop kamu dan lihat apakah ikon baterai sudah muncul atau tidak.

4. Bawa Laptop Kamu ke Teknisi

Jika kamu sudah mencoba semua langkah di atas namun masih tidak bisa menampilkan ikon baterai di laptop kamu, maka kemungkinan masalahnya ada pada hardware laptop kamu.

Untuk memperbaiki masalah ini, kamu perlu membawa laptop kamu ke teknisi komputer. Teknisi akan membantu kamu memperbaiki masalah hardware pada laptop kamu.

5. FAQ

PertanyaanJawaban
Apakah saya bisa memperbaiki masalah ikon baterai sendiri?Ya, kamu bisa mencoba langkah-langkah di atas untuk memperbaiki masalah ikon baterai sendiri. Namun jika kamu masih tidak bisa memperbaikinya, sebaiknya kamu membawa laptop kamu ke teknisi komputer.
Apakah masalah ikon baterai hanya terjadi pada laptop?Tidak, masalah ikon baterai juga bisa terjadi pada komputer desktop. Namun langkah-langkah untuk memperbaikinya bisa berbeda dengan langkah-langkah untuk memperbaiki masalah di laptop.
Apakah saya bisa melihat persentase baterai tanpa ikon baterai?Ya, kamu bisa membuka “Control Panel” dan kemudian mencari “Power Options”. Di sana, kamu bisa melihat persentase baterai yang tersisa.

6. Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Itulah cara menampilkan ikon baterai di laptop. Pastikan kamu mencoba langkah-langkah di atas satu per satu sampai masalah kamu teratasi. Jangan lupa untuk mengikuti artikel menarik lainnya di situs TeknoBgt. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Sampai jumpa!

Cara Menampilkan Ikon Baterai di Laptop