TEKNOBGT

Cara Melihat Password VPN di Komputer

Hello Sobat TeknoBgt! Apakah kamu sedang mengalami masalah lupa password VPN di komputer? Tenang saja, di artikel ini kami akan memberikan tips dan trik cara melihat password VPN di komputer dengan mudah. Tidak perlu khawatir lagi dengan tidak bisa mengakses VPN karena lupa password. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Apa itu VPN?

Sebelum membahas cara melihat password VPN di komputer, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu VPN. VPN atau virtual private network adalah jaringan internet pribadi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses internet secara aman dan privat. VPN ini memungkinkan pengguna untuk mengakses internet dengan IP address yang berbeda dari lokasi mereka sebenarnya. VPN biasanya digunakan untuk mengakses situs web yang diblokir atau untuk meningkatkan keamanan saat mengakses internet di tempat umum.

Bagaimana VPN Bekerja?

VPN bekerja dengan membuat jalur terenkripsi melalui internet antara komputer pengguna dan server VPN. Setelah terhubung dengan server VPN, komputer pengguna akan mendapatkan IP address dari server tersebut. Dengan begitu, komputer pengguna bisa terlihat seperti sedang terhubung dengan internet dari lokasi server VPN, bukan dari lokasi asal mereka.

Tetapi, untuk bisa terhubung dengan VPN, kita harus memasukkan username dan password. Sayangnya, terkadang kita bisa lupa password VPN. Nah, berikut ini adalah cara melihat password VPN di komputer.

Cara Melihat Password VPN di Komputer

1. Lihat di Pengaturan VPN

Cara pertama untuk melihat password VPN di komputer adalah dengan melihat di pengaturan VPN. Caranya cukup mudah, pertama klik ikon jaringan di bagian kanan bawah layar. Lalu, pilih “Open Network and Sharing Center”. Setelah itu, pilih “Change adapter settings”. Kemudian, klik kanan pada VPN yang ingin kita lihat password-nya dan pilih “Properties”. Lalu, pilih tab “Security” dan centang “Show characters”. Sekarang, kita bisa melihat password VPN di kolom “Network security key”.

2. Gunakan Software Password Managers

Selain itu, kita juga bisa menggunakan software password managers untuk melihat password VPN. Password managers adalah software yang berfungsi untuk menyimpan dan mengelola password kita. Salah satu software password managers yang bisa digunakan untuk melihat password VPN adalah LastPass atau KeePass. Setelah menginstal software tersebut, kita bisa dengan mudah melihat password VPN yang tersimpan di password managers tersebut.

3. Gunakan Command Prompt

Caranya juga cukup mudah, pertama buka Command Prompt dengan menekan tombol “Windows + R” kemudian ketik “cmd” dan tekan enter. Setelah itu, ketik “netsh wlan show profile” dan tekan enter. Maka akan muncul daftar profil jaringan Wi-Fi yang pernah kita gunakan. Kemudian, pilih profil jaringan VPN yang ingin kita lihat password-nya dan ketik “netsh wlan show profile name=[nama jaringan] key=clear” dan tekan enter. Sekarang, kita bisa melihat password VPN di kolom “Key Content”.

4. Hubungi Provider VPN

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, kita bisa menghubungi provider VPN yang kita gunakan untuk meminta bantuan. Biasanya, provider VPN akan memberikan cara untuk mengatur ulang password-nya atau memberikan password baru.

Sekarang Sobat TeknoBgt sudah tahu cara melihat password VPN di komputer dengan mudah. Jadi, tidak perlu khawatir lagi dengan lupa password VPN. Selalu ingat untuk menjaga keamanan saat menggunakan VPN dan jangan mudah memberikan password kita pada orang lain atau dalam bentuk file yang dapat dengan mudah diakses. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Melihat Password VPN di Komputer