Cara Melihat Password LAN di Komputer Windows 10

Hello Sobat TeknoBgt! Pernahkah kamu kehilangan password LAN di komputer Windows 10 kamu? Jangan khawatir karena dalam artikel ini, kami akan memberikan cara mudah untuk melihat password LAN di komputer Windows 10. Simak dengan baik ya!

Apa itu Password LAN?

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara melihat password LAN di komputer Windows 10, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu password LAN. Password LAN adalah password yang digunakan untuk mengakses jaringan area lokal atau Local Area Network (LAN).

Setiap komputer yang terhubung ke jaringan LAN membutuhkan password ini untuk bisa terhubung ke jaringan, sehingga hanya orang yang memiliki password ini saja yang dapat mengakses jaringan tersebut.

Bagaimana Cara Melihat Password LAN di Komputer Windows 10?

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat password LAN di komputer Windows 10. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Melihat Password LAN Melalui Command Prompt

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk melihat password LAN di komputer Windows 10 adalah dengan menggunakan Command Prompt. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah-LangkahKeterangan
Buka Command PromptKlik kanan pada menu Start dan pilih “Command Prompt (Admin)”
Ketik perintah “netsh wlan show profile”Perintah ini akan menampilkan daftar profil jaringan WiFi yang pernah kamu koneksikan ke komputer
Pilih profil jaringan yang ingin dilihat passwordnyaKetik perintah “netsh wlan show profile [nama profil] key=clear”
Cari bagian “Key Content”Password LAN akan terlihat di bagian ini

2. Melihat Password LAN Melalui Control Panel

Selain menggunakan Command Prompt, kamu juga bisa melihat password LAN di komputer Windows 10 melalui Control Panel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah-LangkahKeterangan
Buka Control PanelKlik pada menu Start dan cari “Control Panel”
Pilih “Network and Sharing Center”Menu ini akan menampilkan daftar jaringan yang terhubung ke komputer
Klik pada jaringan yang ingin dilihat passwordnyaSebuah jendela baru akan muncul, klik pada “Wireless Properties”
Pilih tab “Security”Password LAN akan terlihat di bagian “Network Security Key”

3. Melihat Password LAN Melalui Router

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk melihat password LAN di komputer Windows 10 adalah dengan melihatnya melalui router. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah-LangkahKeterangan
Buka browserKetik alamat IP router pada browser
Masukkan username dan passwordUsername dan password default biasanya tertera pada stiker pada router atau pada manual book router
Cari bagian “Wireless” atau “WiFi”Password LAN akan terlihat di bagian ini

FAQ

1. Apa itu jaringan LAN?

Jaringan LAN atau Local Area Network adalah jaringan komputer yang terbatas dalam suatu area geografis seperti kantor, sekolah, atau kampus. Jaringan ini biasanya digunakan untuk saling berbagi data dan sumber daya seperti printer dan internet.

2. Apa itu password LAN?

Password LAN adalah password yang digunakan untuk mengakses jaringan area lokal atau Local Area Network (LAN). Setiap komputer yang terhubung ke jaringan LAN membutuhkan password ini untuk bisa terhubung ke jaringan.

3. Apa fungsi password LAN?

Password LAN berfungsi untuk mengamankan jaringan dan mencegah orang yang tidak memiliki hak akses untuk mengakses jaringan tersebut. Dengan adanya password LAN, hanya orang yang memiliki password ini saja yang dapat mengakses jaringan.

Penutup

Demikianlah cara melihat password LAN di komputer Windows 10. Kamu bisa menggunakan salah satu dari tiga cara yang telah kami jelaskan di atas. Pastikan kamu menggunakan cara ini dengan bijak dan tidak menyalahgunakannya. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Melihat Password LAN di Komputer Windows 10