Cara Screen Shoot Pada Komputer

Halo Sobat TeknoBgt! Apakah kamu sering melakukan screen shoot pada komputermu? Screen shoot atau yang biasa disebut tangkapan layar merupakan cara memotret layar laptop atau komputer untuk mengabadikan tampilan layar yang ingin dijadikan referensi, catatan atau sekedar membagikan aktivitasmu pada media sosial.

Apa Itu Screen Shoot?

Screen shoot adalah suatu teknik dalam mengambil tampilan layar pada perangkat yang digunakan, baik itu smartphone, tablet, hingga laptop atau komputer. Dalam teknik ini, pengguna dapat memotret layar perangkatnya dan menyimpannya dalam format gambar.

Apa Keuntungan dari Screen Shoot?

Screen shoot memiliki banyak keuntungan, antara lain:

NoKeuntungan
1Dapat digunakan sebagai catatan perangkat yang terdapat pada layar, sehingga tidak perlu lagi menuliskannya secara manual.
2Dapat digunakan sebagai bukti dalam suatu permasalahan pada perangkat maupun dalam transaksi bisnis.
3Dapat digunakan sebagai referensi atau bahan belajar pada bidang tertentu.
4Dapat digunakan untuk membagikan aktivitas pengguna pada media sosial.
5Dapat membuat proses sharing tampilan layar lebih mudah dan cepat.

Cara Screen Shoot Pada Windows 10

Bagi para pengguna Windows 10, terdapat beberapa cara untuk melakukan screen shoot pada komputer, yaitu:

1. Screen Shoot Seluruh Layar

Cara pertama adalah dengan menekan tombol “PrtSc” pada keyboard. Tangkapan layar akan disimpan pada clipboard sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan paste pada program editor foto atau document editor lainnya.

2. Screen Shoot Bagian Tertentu Pada Layar

Cara kedua adalah dengan menggunakan fitur “Snipping Tool” yang terdapat pada Windows 10. Fitur ini dapat digunakan untuk memotret bagian tertentu pada layar komputer, seperti gambar atau teks.

3. Screen Shoot dengan Tombol Windows + Shift + S

Cara ketiga adalah dengan menekan tombol Windows + Shift + S. Pada saat tombol tersebut dipencet, layar akan menjadi buram dan pengguna dapat menentukan area layar yang ingin diambil tangkapan layarnya.

4. Screen Shoot dengan Tombol Windows + PrtSc

Cara keempat adalah dengan menekan tombol Windows + PrtSc. Dengan menekan tombol tersebut, maka layar utama akan langsung diambil tangkapan layarnya dan tersimpan pada folder default “Pictures” pada komputer.

5. Screen Shoot dengan Fitur Game Bar

Cara kelima adalah dengan menggunakan fitur Game Bar pada Windows 10. Fitur ini biasanya digunakan oleh para pengguna gamer untuk merekam gamenya, namun fitur ini juga dapat digunakan untuk melakukan screen shoot pada komputer.

Cara Screen Shoot Pada Mac OS

Bagi para pengguna Mac OS, terdapat beberapa cara untuk melakukan screen shoot pada komputer, yaitu:

1. Screen Shoot Seluruh Layar

Pada Mac OS, pengguna dapat melakukan screen shoot seluruh layar dengan menekan tombol “Command + Shift + 3” pada keyboard. Setelah tombol tersebut ditekan, maka tangkapan layar akan disimpan pada desktop.

2. Screen Shoot Bagian Tertentu Pada Layar

Cara kedua adalah dengan menekan tombol “Command + Shift + 4” pada keyboard. Dengan menekan tombol tersebut, pengguna dapat menentukan area layar yang ingin diambil tangkapan layarnya.

Cara Screen Shoot Pada Linux

Bagi para pengguna Linux, terdapat beberapa cara untuk melakukan screen shoot pada komputer, yaitu:

1. Screen Shoot Seluruh Layar

Pada Linux, pengguna dapat melakukan screen shoot seluruh layar dengan menekan tombol “Print Screen” atau “PrtSc” pada keyboard. Setelah tombol tersebut ditekan, maka tangkapan layar akan disimpan pada clipboard.

2. Screen Shoot Bagian Tertentu Pada Layar

Cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi “Shutter”. Aplikasi ini dapat diinstal pada Linux dan digunakan untuk memotret bagian tertentu pada layar komputer.

FAQ

Apa yang dimaksud dengan screen shoot?

Screen shoot adalah suatu teknik dalam mengambil tampilan layar pada perangkat yang digunakan, baik itu smartphone, tablet, hingga laptop atau komputer. Dalam teknik ini, pengguna dapat memotret layar perangkatnya dan menyimpannya dalam format gambar.

Bagaimana cara melakukan screen shoot pada komputer?

Cara melakukan screen shoot pada komputer tergantung dari jenis sistem operasi yang digunakan. Pada umumnya, pengguna dapat melakukan screen shoot seluruh layar dengan menekan tombol “PrtSc” pada keyboard. Sedangkan untuk melakukan screen shoot pada bagian tertentu dari layar, pengguna dapat menggunakan aplikasi atau fitur yang sudah disediakan pada sistem operasi yang digunakan.

Apa keuntungan dari melakukan screen shoot?

Screen shoot memiliki banyak keuntungan, antara lain sebagai catatan perangkat yang terdapat pada layar, bukti dalam suatu permasalahan pada perangkat maupun dalam transaksi bisnis, referensi atau bahan belajar pada bidang tertentu, serta mempermudah proses sharing tampilan layar.

Penutup

Demikianlah cara screen shoot pada komputer yang dapat Sobat TeknoBgt coba. Dalam melakukan screen shoot, tentunya dibutuhkan ketelitian dan hasil yang maksimal. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Screen Shoot Pada Komputer