Cara Menghitung Rekalkulasi Bunga BRI
Cara Menghitung Rekalkulasi Bunga BRI

Cara Menghitung Rekalkulasi Bunga BRI

Halo Sobat TeknoBgt, apakah kamu sedang mencari informasi mengenai cara menghitung rekalkulasi bunga BRI? Jika iya, maka kamu berada di tempat yang tepat. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan penjelasan lengkap mengenai cara menghitung rekalkulasi bunga BRI dengan bahasa yang santai dan mudah dipahami. Simak terus ya!

Pengertian Rekalkulasi Bunga BRI

Sebelum kita membahas mengenai cara menghitung rekalkulasi bunga BRI, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu rekalkulasi bunga BRI. Rekalkulasi bunga BRI merupakan perhitungan ulang bunga Kredit yang dilakukan oleh Bank BRI pada nasabahnya. Perhitungan ini dilakukan karena adanya perubahan suku bunga atau karena terjadi perubahan pada tenor atau jumlah pinjaman yang dilakukan oleh nasabah.

Rekalkulasi bunga BRI biasanya dilakukan untuk memberikan keadilan bagi nasabah yang pinjamannya mengalami perubahan. Misalnya saja, jika terjadi penurunan suku bunga, maka nasabah yang pinjamannya akan mengalami penurunan bunga dan sebaliknya.

Kapan Rekalkulasi Bunga BRI Dilakukan?

Rekalkulasi bunga BRI dilakukan oleh bank BRI pada saat ada perubahan suku bunga atau terjadi perubahan pada tenor atau jumlah pinjaman. Perubahan suku bunga dapat terjadi karena kebijakan bank sentral atau karena kebijakan internal Bank BRI sendiri. Sedangkan perubahan tenor atau jumlah pinjaman dapat terjadi karena permintaan dari nasabah atau karena adanya kebijakan internal Bank BRI.

Setelah mengetahui pengertian dan kapan dilakukan rekalkulasi bunga BRI, berikut ini cara menghitung rekalkulasi bunga BRI yang harus kamu ketahui:

1. Persiapkan Data Pinjaman

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan data pinjaman yang dimiliki. Data pinjaman yang dimaksud meliputi informasi mengenai jumlah pinjaman, tenor pinjaman, suku bunga pinjaman, dan tanggal pencairan pinjaman.

Jumlah Pinjaman

Jumlah pinjaman adalah jumlah uang yang disetujui oleh Bank BRI untuk dipinjam oleh nasabah. Jumlah pinjaman biasanya sudah ditentukan oleh Bank BRI pada saat pengajuan pinjaman.

Tenor Pinjaman

Tenor pinjaman adalah periode waktu yang disepakati antara Bank BRI dan nasabah untuk melunasi pinjaman. Tenor pinjaman biasanya bervariasi antara 12 hingga 60 bulan.

Suku Bunga Pinjaman

Suku bunga pinjaman adalah bunga yang harus dibayar oleh nasabah kepada Bank BRI atas pinjaman yang diterimanya. Suku bunga pinjaman biasanya ditentukan oleh Bank BRI dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Tanggal Pencairan Pinjaman

Tanggal pencairan pinjaman adalah tanggal ketika uang pinjaman diterima oleh nasabah dari Bank BRI.

2. Hitung Pokok Pinjaman

Pokok pinjaman adalah jumlah uang yang dipinjam oleh nasabah dari Bank BRI. Untuk menghitung pokok pinjaman, kamu bisa menggunakan rumus berikut:

Pokok Pinjaman = Jumlah Pinjaman / Tenor Pinjaman

Contoh:

Jumlah PinjamanTenor PinjamanPokok Pinjaman
Rp 10.000.00012 bulanRp 833.333

3. Hitung Bunga Pinjaman

Bunga pinjaman adalah bunga yang harus dibayar oleh nasabah kepada Bank BRI atas pinjaman yang diterimanya. Untuk menghitung bunga pinjaman, kamu bisa menggunakan rumus berikut:

Bunga Pinjaman = Pokok Pinjaman x Suku Bunga x (Jumlah Hari / 365)

Jumlah hari yang digunakan dalam perhitungan bunga pinjaman adalah jumlah hari antara tanggal pencairan pinjaman sampai dengan tanggal pembayaran angsuran.

Contoh:

Pokok PinjamanSuku Bunga PinjamanJumlah HariBunga Pinjaman
Rp 833.33310%30 hariRp 20.548

4. Hitung Total Angsuran

Total angsuran adalah jumlah uang yang harus dibayarkan oleh nasabah kepada Bank BRI setiap bulannya untuk melunasi pinjaman beserta bunganya. Untuk menghitung total angsuran, kamu bisa menggunakan rumus berikut:

Total Angsuran = Pokok Pinjaman + Bunga Pinjaman

Contoh:

Pokok PinjamanBunga PinjamanTotal Angsuran
Rp 833.333Rp 20.548Rp 853.881

5. Hitung Rekalkulasi Bunga BRI

Setelah menghitung pokok pinjaman, bunga pinjaman, dan total angsuran, kamu sudah bisa menghitung rekalkulasi bunga BRI. Untuk menghitung rekalkulasi bunga BRI, kamu bisa menggunakan rumus berikut:

Rekalkulasi Bunga BRI = Pokok Pinjaman + (Total Bunga Pinjaman x Tenor Pinjaman)

Contoh:

Pokok PinjamanTotal Bunga PinjamanRekalkulasi Bunga BRI
Rp 833.333Rp 246.577Rp 3.580.333

FAQ

1. Apa itu rekalkulasi bunga BRI?

Rekalkulasi bunga BRI merupakan perhitungan ulang bunga Kredit yang dilakukan oleh Bank BRI pada nasabahnya. Perhitungan ini dilakukan karena adanya perubahan suku bunga atau karena terjadi perubahan pada tenor atau jumlah pinjaman yang dilakukan oleh nasabah.

2. Kapan rekalkulasi bunga BRI dilakukan?

Rekalkulasi bunga BRI dilakukan oleh Bank BRI pada saat ada perubahan suku bunga atau terjadi perubahan pada tenor atau jumlah pinjaman.

3. Bagaimana cara menghitung rekalkulasi bunga BRI?

Cara menghitung rekalkulasi bunga BRI adalah dengan menghitung pokok pinjaman, bunga pinjaman, total angsuran, dan rekalkulasi bunga BRI sesuai dengan rumus yang telah dijelaskan diatas.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Menghitung Rekalkulasi Bunga BRI