Cara Menghitung Menggunakan Avometer
Cara Menghitung Menggunakan Avometer

Cara Menghitung Menggunakan Avometer

Selamat datang Sobat TeknoBgt! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara menghitung menggunakan avometer secara lengkap. Bagi sebagian besar orang yang terjun dalam dunia elektronik, sebuah avometer adalah alat yang wajib dimiliki. Fungsinya yang bisa dibilang all-in-one membuat avometer menjadi primadona dalam dunia elektronik. Nah, untuk Sobat TeknoBgt yang masih merasa kesulitan atau bingung menggunakan avometer, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Avometer

Sebelum kita membahas tentang cara menghitung menggunakan avometer, alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu apa itu avometer. Avometer merupakan alat pengukur yang dipakai untuk mengukur berbagai parameter listrik seperti arus, tegangan, dan hambatan. Dalam bahasa Inggris, avometer dikenal dengan sebutan multimeter atau VOM (Volt-Ohm-Meter).

Avometer terdiri dari beberapa bagian-bagian utama, antara lain:

Nama BagianFungsi
DisplayMenampilkan hasil pengukuran
Selector SwitchMengubah mode pengukuran
Input JacksTempat memasukkan probe pengukur
Power SwitchUntuk menyalakan/mematikan avometer

Memilih Mode Pengukuran

Sebelum Sobat TeknoBgt mengukur suatu parameter listrik dengan avometer, Sobat TeknoBgt harus memilih terlebih dahulu mode pengukurannya. Ada beberapa mode pengukuran pada avometer, yaitu:

Mode Pengukuran Tegangan DC (Direct Current)

Mode pengukuran ini digunakan untuk mengukur tegangan DC atau arus searah. Sobat TeknoBgt bisa memilih mode pengukuran ini dengan cara memutar selector switch pada posisi DCV.

Setelah Sobat TeknoBgt memilih mode pengukuran tegangan DC, selanjutnya Sobat TeknoBgt bisa mulai melakukan pengukuran dengan cara melakukan koneksi probe hitam ke terminal negatif (komponen elektronik yang akan diukur) dan probe merah ke terminal positif (komponen elektronik yang akan diukur). Setelah itu, Sobat TeknoBgt akan mendapatkan nilai tegangan DC yang diukur pada display avometer.

Mode Pengukuran Tegangan AC (Alternating Current)

Mode pengukuran ini digunakan untuk mengukur tegangan AC atau arus bolak-balik. Sobat TeknoBgt bisa memilih mode pengukuran ini dengan cara memutar selector switch pada posisi ACV.

Setelah Sobat TeknoBgt memilih mode pengukuran tegangan AC, selanjutnya Sobat TeknoBgt bisa mulai melakukan pengukuran dengan cara melakukan koneksi probe hitam ke terminal negatif (komponen elektronik yang akan diukur) dan probe merah ke terminal positif (komponen elektronik yang akan diukur). Setelah itu, Sobat TeknoBgt akan mendapatkan nilai tegangan AC yang diukur pada display avometer.

Mode Pengukuran Arus DC dan AC

Mode pengukuran ini digunakan untuk mengukur arus DC atau AC. Sobat TeknoBgt bisa memilih mode pengukuran ini dengan cara memutar selector switch pada posisi mA (milliampere) atau A (ampere).

Untuk mengukur arus DC atau AC, Sobat TeknoBgt perlu menghubungkan avometer pada rangkaian yang akan diukur. Kemudian, memutus kabel rangkaian dan menghubungkan probe avometer pada kedua ujung kabel rangkaian.

Mode Pengukuran Hambatan

Mode pengukuran ini digunakan untuk mengukur hambatan suatu komponen elektronik. Sobat TeknoBgt bisa memilih mode pengukuran ini dengan cara memutar selector switch pada posisi Ohm.

Untuk mengukur hambatan, Sobat TeknoBgt perlu menghubungkan kedua probe avometer pada kedua ujung komponen elektronik yang akan diukur. Setelah itu, Sobat TeknoBgt akan mendapatkan nilai hambatan pada display avometer.

FAQ Menghitung Menggunakan Avometer

1. Apa itu avometer?

Avometer adalah alat pengukur yang dipakai untuk mengukur berbagai parameter listrik seperti arus, tegangan, dan hambatan.

2. Bagaimana cara memilih mode pengukuran pada avometer?

Sobat TeknoBgt bisa memilih mode pengukuran pada avometer dengan cara memutar selector switch pada posisi yang diinginkan.

3. Apa saja mode pengukuran yang tersedia pada avometer?

Terdapat beberapa mode pengukuran pada avometer, yaitu pengukuran tegangan DC, pengukuran tegangan AC, pengukuran arus DC dan AC, dan pengukuran hambatan.

Penutup

Itulah tadi pembahasan mengenai cara menghitung menggunakan avometer secara lengkap. Dengan memahami cara menggunakan avometer, Sobat TeknoBgt akan lebih mudah dalam melakukan pengukuran dalam dunia elektronik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Menghitung Menggunakan Avometer