Cara Menghitung Luas Permukaan Gabungan Balok dan Prisma Segitiga
Cara Menghitung Luas Permukaan Gabungan Balok dan Prisma Segitiga

Cara Menghitung Luas Permukaan Gabungan Balok dan Prisma Segitiga

Hello Sobat TeknoBgt! Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang cara menghitung luas permukaan gabungan balok dan prisma segitiga. Mungkin bagi beberapa dari kalian, perhitungan ini terlihat sulit dan membingungkan. Namun, dengan penjelasan yang baik dan jelas, diharapkan kalian dapat mengerti dan memahami perhitungan ini dengan mudah. Untuk itu, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Balok dan Prisma Segitiga

Sebelum membahas tentang cara menghitung luas permukaan gabungan balok dan prisma segitiga, terlebih dahulu kita harus memahami pengertian dari balok dan prisma segitiga. Balok merupakan bangun ruang yang memiliki enam sisi, terdiri dari empat sisi yang berbentuk persegi atau persegi panjang dan dua sisi yang berbentuk persegi panjang atau persegi.

Sedangkan, prisma segitiga merupakan bangun ruang tiga dimensi yang mempunyai tiga sisi segitiga sebagai alas dan tiga sisi segitiga sama kaki sebagai sisi tegak. Perhatikan gambar berikut ini sebagai ilustrasi.

Rumus Luas Permukaan Balok

Sebelum membahas tentang cara menghitung luas permukaan gabungan balok dan prisma segitiga, terlebih dahulu kita harus mengetahui rumus luas permukaan balok. Rumus luas permukaan balok adalah sebagai berikut:

Rumus Luas Permukaan Balok
L = 2 x (p x l + p x t + l x t)

Keterangan:

  • L : Luas permukaan balok
  • p : Panjang
  • l : Lebar
  • t : Tinggi

Dalam rumus tersebut, kita dapat mengganti nilai p, l, dan t sesuai dengan ukuran balok yang ingin dihitung. Selanjutnya, kita dapat menghitung nilai L dengan menggunakan kalkulator atau aplikasi perhitungan.

Cara Menghitung Luas Permukaan Gabungan Balok dan Prisma Segitiga

Sekarang, kita akan membahas tentang cara menghitung luas permukaan gabungan balok dan prisma segitiga. Perhatikan gambar berikut ini sebagai ilustrasi.

Dari gambar tersebut, kita dapat melihat bahwa ada dua jenis permukaan yang perlu dihitung, yaitu permukaan atas dan permukaan samping. Untuk menghitung luas permukaan gabungan balok dan prisma segitiga, kita harus menghitung dua permukaan tersebut terlebih dahulu.

Perhitungan Luas Permukaan Atas

Luas permukaan atas dapat dihitung dengan menggunakan rumus luas permukaan segitiga, karena bentuk alas dari prisma segitiga adalah segitiga. Rumus luas permukaan segitiga adalah sebagai berikut:

Rumus Luas Permukaan Segitiga
L = 1/2 x a x t

Keterangan:

  • L : Luas permukaan segitiga
  • a : Panjang alas
  • t : Tinggi segitiga

Dalam rumus tersebut, kita dapat mengganti nilai a dan t sesuai dengan ukuran segitiga yang ingin dihitung. Selanjutnya, kita dapat menghitung nilai L dengan menggunakan kalkulator atau aplikasi perhitungan. Sebagai contoh, jika a = 6 cm dan t = 4 cm, maka L = 1/2 x 6 cm x 4 cm = 12 cm2.

Untuk menghitung luas permukaan atas, kita harus menghitung luas permukaan segitiga yang menjadi alas dari prisma segitiga. Dalam gambar di atas, alas dari prisma segitiga adalah ABG. Sebagai contoh, misalkan panjang AB = 8 cm dan tinggi segitiga ABG = 5 cm, maka luas permukaan atas adalah:

Perhitungan Luas Permukaan Atas
L = 1/2 x AB x t
L = 1/2 x 8 cm x 5 cm
L = 20 cm2

Dengan demikian, luas permukaan atas adalah 20 cm2.

Perhitungan Luas Permukaan Samping

Luas permukaan samping dapat dihitung dengan menggunakan rumus luas permukaan balok, karena permukaan samping dari gabungan balok dan prisma segitiga berbentuk persegi panjang. Rumus luas permukaan balok telah dijelaskan pada bagian sebelumnya.

Dalam gambar di atas, permukaan samping yang perlu dihitung adalah persegi panjang BCGF. Sebagai contoh, misalkan panjang BC = 8 cm, lebar BF = 4 cm, dan tinggi balok BCGF = 6 cm, maka luas permukaan samping adalah:

Perhitungan Luas Permukaan Samping
L = 2 x (p x l + p x t + l x t)
L = 2 x (8 cm x 6 cm + 8 cm x 4 cm + 6 cm x 4 cm)
L = 208 cm2

Dengan demikian, luas permukaan samping adalah 208 cm2.

Perhitungan Luas Permukaan Gabungan

Setelah kita menghitung luas permukaan atas dan luas permukaan samping, selanjutnya kita dapat menghitung luas permukaan gabungan balok dan prisma segitiga. Luas permukaan gabungan balok dan prisma segitiga dapat dihitung dengan menambahkan luas permukaan atas dan luas permukaan samping. Sebagai contoh, jika luas permukaan atas adalah 20 cm2 dan luas permukaan samping adalah 208 cm2, maka luas permukaan gabungan balok dan prisma segitiga adalah:

Perhitungan Luas Permukaan Gabungan
Lgabungan = Latas + Lsamping
Lgabungan = 20 cm2 + 208 cm2
Lgabungan = 228 cm2

Dengan demikian, luas permukaan gabungan balok dan prisma segitiga adalah 228 cm2.

FAQ

1. Apa itu balok?

Balok merupakan bangun ruang yang memiliki enam sisi, terdiri dari empat sisi yang berbentuk persegi atau persegi panjang dan dua sisi yang berbentuk persegi panjang atau persegi.

2. Apa itu prisma segitiga?

Prisma segitiga merupakan bangun ruang tiga dimensi yang mempunyai tiga sisi segitiga sebagai alas dan tiga sisi segitiga sama kaki sebagai sisi tegak.

3. Bagaimana cara menghitung luas permukaan balok?

Cara menghitung luas permukaan balok adalah dengan menggunakan rumus L = 2 x (p x l + p x t + l x t), dimana L adalah luas permukaan balok, p adalah panjang, l adalah lebar, dan t adalah tinggi.

4. Bagaimana cara menghitung luas permukaan gabungan balok dan prisma segitiga?

Cara menghitung luas permukaan gabungan balok dan prisma segitiga adalah dengan menghitung luas permukaan atas dan luas permukaan samping, lalu menambahkan kedua nilai tersebut. Luas permukaan atas dapat dihitung dengan menggunakan rumus luas permukaan segitiga, dan luas permukaan samping dapat dihitung dengan menggunakan rumus luas permukaan balok.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Menghitung Luas Permukaan Gabungan Balok dan Prisma Segitiga