Cara Hitung Taspen
Cara Hitung Taspen

Cara Hitung Taspen

Halo Sobat TeknoBgt! Apa kabar? Masih semangatkan menghadapi hari-hari yang semakin penuh tantangan? Kali ini, kita akan membahas tentang cara hitung Taspen. Bagi kamu yang baru bekerja dan belum tahu cara menghitung Taspen, jangan khawatir, karena dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap cara menghitung Taspen. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu Taspen?

Sebelum kita membahas tentang cara menghitung Taspen, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu Taspen. Taspen atau Tabungan Hari Tua Pensiunan adalah program pensiun yang dikelola oleh PT Taspen. Program ini diperuntukkan bagi para pekerja yang sudah mencapai masa pensiun dan ingin menikmati masa tua yang tenang dan bahagia.

Bagaimana Cara Mendaftar Taspen?

Untuk mendaftar program Taspen, kamu harus mengajukan permohonan kepada PT Taspen. Persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar Taspen adalah:

PersyaratanKeterangan
Surat LamaranSurat keterangan dari perusahaan
Foto Copy KTPKTP yang masih berlaku
Foto Copy Kartu KeluargaKartu keluarga yang masih berlaku
Sertifikat Nikah/Akta CeraiUntuk karyawan yang sudah menikah/harus menyerahkan akta cerai
Sertifikat KelahiranUntuk karyawan yang memiliki anak atau lebih

Setelah persyaratan lengkap, kamu bisa mengajukan permohonan langsung di kantor PT Taspen atau mengajukan permohonan melalui surat. Selanjutnya, akan dilakukan verifikasi oleh PT Taspen dan jika dinyatakan lolos seleksi, kamu akan mendapatkan nomor peserta Taspen.

Cara Menghitung Taspen

Apa Saja Komponen Pendapatan Dalam Hitungan Taspen?

Ada tiga komponen pendapatan dalam menghitung Taspen, yaitu:

  1. Pendapatan yang berasal dari gaji pokok.
  2. Pendapatan yang berasal dari tunjangan tetap.
  3. Pendapatan yang berasal dari tunjangan tidak tetap.

Bagaimana Cara Menghitung Pendapatan yang Berasal dari Gaji Pokok?

Gaji pokok adalah pendapatan utama yang akan dipergunakan dalam menghitung besaran uang pensiun.

  1. Hitung rata-rata gaji dalam 12 bulan terakhir sebelum kamu pensiun.
  2. Mulai dari bulan ke-13 sampai bulan ke-15, kamu akan mendapatkan gaji sejenis dengan gaji pokok sebesar 50 persen dari gaji pokok yang kamu dapatkan pada bulan ke-12.
  3. Setelah bulan ke-15, kamu tidak akan lagi mendapatkan gaji.

Bagaimana Cara Menghitung Pendapatan yang Berasal dari Tunjangan Tetap?

Tunjangan tetap adalah tunjangan yang diberikan setiap bulan dan tidak berubah dalam jangka waktu tertentu. Tunjangan tetap dihitung dengan cara sebagai berikut:

  1. Hitung rata-rata tunjangan tetap dalam 12 bulan terakhir sebelum kamu pensiun.
  2. Mulai dari bulan ke-13 sampai bulan ke-15, kamu akan mendapatkan tunjangan tetap sebesar 50 persen dari rata-rata tunjangan tetap yang kamu dapatkan pada bulan ke-12.
  3. Setelah bulan ke-15, kamu tidak akan lagi mendapatkan tunjangan tetap.

Bagaimana Cara Menghitung Pendapatan yang Berasal dari Tunjangan Tidak Tetap?

Tunjangan tidak tetap adalah tunjangan yang diberikan setiap bulan dan dapat berubah sewaktu-waktu. Tunjangan tidak tetap dihitung dengan cara sebagai berikut:

  1. Hitung rata-rata tunjangan tidak tetap dalam 24 bulan terakhir sebelum kamu pensiun.
  2. Mulai dari bulan ke-13 sampai bulan ke-15, kamu akan mendapatkan tunjangan tidak tetap sebesar 50 persen dari rata-rata tunjangan tidak tetap yang kamu dapatkan pada bulan ke-12.
  3. Setelah bulan ke-15, kamu tidak akan lagi mendapatkan tunjangan tidak tetap.

FAQs

1. Apa itu Taspen?

Taspen adalah program pensiun yang dikelola oleh PT Taspen. Program ini diperuntukkan bagi para pekerja yang sudah mencapai masa pensiun dan ingin menikmati masa tua yang tenang dan bahagia.

2. Apa saja persyaratan untuk mendaftar Taspen?

Persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar Taspen adalah surat lamaran, foto copy KTP, foto copy kartu keluarga, sertifikat nikah/akta cerai, dan sertifikat kelahiran.

3. Apa saja komponen pendapatan dalam hitungan Taspen?

Ada tiga komponen pendapatan dalam menghitung Taspen, yaitu pendapatan yang berasal dari gaji pokok, pendapatan yang berasal dari tunjangan tetap, dan pendapatan yang berasal dari tunjangan tidak tetap.

4. Bagaimana cara menghitung pendapatan yang berasal dari gaji pokok?

Gaji pokok adalah pendapatan utama yang akan dipergunakan dalam menghitung besaran uang pensiun. Kamu harus menghitung rata-rata gaji dalam 12 bulan terakhir sebelum kamu pensiun.

5. Bagaimana cara menghitung pendapatan yang berasal dari tunjangan tetap?

Tunjangan tetap adalah tunjangan yang diberikan setiap bulan dan tidak berubah dalam jangka waktu tertentu. Kamu harus menghitung rata-rata tunjangan tetap dalam 12 bulan terakhir sebelum kamu pensiun.

6. Bagaimana cara menghitung pendapatan yang berasal dari tunjangan tidak tetap?

Tunjangan tidak tetap adalah tunjangan yang diberikan setiap bulan dan dapat berubah sewaktu-waktu. Kamu harus menghitung rata-rata tunjangan tidak tetap dalam 24 bulan terakhir sebelum kamu pensiun.

Penutup

Sekian pembahasan mengenai cara hitung Taspen yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi di atas dapat membantu kamu dalam menghitung Taspen dan mempersiapkan masa pensiun dengan lebih baik. Bila terdapat pertanyaan atau masukan, silakan hubungi kami melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Hitung Taspen