TEKNOBGT
Cara Hitung Keramik Kamar Mandi
Cara Hitung Keramik Kamar Mandi

Cara Hitung Keramik Kamar Mandi

Sobat TeknoBgt, ketika ingin membangun atau merenovasi kamar mandi, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan keramik. Selain memilih desain dan warna yang sesuai dengan selera, perhitungan jumlah keramik yang dibutuhkan juga harus dihitung dengan baik agar tidak kekurangan atau bahkan kelebihan. Berikut adalah cara hitung keramik kamar mandi yang dapat Sobat TeknoBgt lakukan.

1. Ukur Luas Kamar Mandi

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengukur luas kamar mandi secara keseluruhan. Sobat TeknoBgt bisa menggunakan meteran atau penggaris untuk mengukur panjang dan lebar ruangan. Setelah itu, kalikan panjang dengan lebar untuk mendapatkan luas kamar mandi.

Tabel 1: Contoh Perhitungan Luas Kamar Mandi

PanjangLebarLuas
3 meter2 meter6 meter persegi

Dari contoh di atas, luas kamar mandi adalah 6 meter persegi.

2. Hitung Luas Dinding yang Akan Dikeramik

Setelah mengetahui luas kamar mandi, Sobat TeknoBgt perlu menghitung luas dinding yang akan dikeramik. Pengukuran dapat dilakukan dengan cara yang sama seperti mengukur luas kamar mandi. Namun, perlu diperhatikan bahwa luas dinding yang dihitung adalah luas yang akan dikeramik, bukan keseluruhan luas dinding.

Tabel 2: Contoh Perhitungan Luas Dinding Kamar Mandi

PanjangLebarLuas
3 meter2,5 meter7,5 meter persegi

Dari contoh di atas, luas dinding yang akan dikeramik adalah 7,5 meter persegi.

3. Hitung Luas Lantai yang Akan Dikeramik

Tidak hanya dinding, lantai kamar mandi juga perlu dikeramik. Untuk menghitung luas lantai yang perlu dikeramik, Sobat TeknoBgt dapat mengukur panjang dan lebar lantai kamar mandi.

Tabel 3: Contoh Perhitungan Luas Lantai Kamar Mandi

PanjangLebarLuas
3 meter2 meter6 meter persegi

Dari contoh di atas, luas lantai yang perlu dikeramik adalah 6 meter persegi.

4. Hitung Jumlah Keramik

Setelah mengetahui luas dinding dan lantai yang perlu dikeramik, Sobat TeknoBgt dapat menghitung jumlah keramik yang dibutuhkan. Namun, perlu diingat bahwa perhitungan ini berbeda untuk keramik dinding dan lantai.

4.1. Perhitungan Jumlah Keramik Dinding

Untuk menghitung jumlah keramik dinding, Sobat TeknoBgt perlu mengetahui ukuran keramik yang akan dipakai. Misalnya, keramik yang akan dipakai memiliki ukuran 20×20 cm.

Langkah selanjutnya adalah membagi luas dinding yang perlu dikeramik dengan luas satu keramik. Dalam hal ini, luas satu keramik adalah 20×20 cm atau 0,04 meter persegi.

Jumlah keramik dinding yang dibutuhkan adalah:

Jumlah keramik dinding = luas dinding yang perlu dikeramik / luas satu keramik

Contoh perhitungan:

Jumlah keramik dinding = 7,5 meter persegi / 0,04 meter persegi = 187,5 potong

Dalam hal ini, Sobat TeknoBgt perlu membeli minimal 188 potong keramik dinding.

4.2. Perhitungan Jumlah Keramik Lantai

Untuk menghitung jumlah keramik lantai, Sobat TeknoBgt perlu mengetahui ukuran keramik yang akan dipakai. Misalnya, keramik yang akan dipakai memiliki ukuran 30×30 cm.

Langkah selanjutnya adalah membagi luas lantai yang perlu dikeramik dengan luas satu keramik. Dalam hal ini, luas satu keramik adalah 30×30 cm atau 0,09 meter persegi.

Jumlah keramik lantai yang dibutuhkan adalah:

Jumlah keramik lantai = luas lantai yang perlu dikeramik / luas satu keramik

Contoh perhitungan:

Jumlah keramik lantai = 6 meter persegi / 0,09 meter persegi = 67 potong

Dalam hal ini, Sobat TeknoBgt perlu membeli minimal 68 potong keramik lantai.

5. Tambahkan Cadangan

Untuk menghindari kekurangan keramik, Sobat TeknoBgt sebaiknya menambahkan jumlah keramik dengan cadangan sekitar 10%. Misalnya, jika hasil perhitungan jumlah keramik dinding adalah 188 potong, maka sebaiknya Sobat TeknoBgt membeli minimal 207 potong keramik dinding.

FAQ

1. Apa yang harus dilakukan jika jumlah keramik yang dibeli ternyata kelebihan?

Jika jumlah keramik yang dibeli ternyata kelebihan, Sobat TeknoBgt bisa menyimpannya sebagai cadangan untuk penggantian keramik yang rusak di masa depan.

2. Bagaimana jika luas dinding atau lantai kamar mandi bukan persegi panjang?

Jika luas dinding atau lantai kamar mandi bukan persegi panjang, Sobat TeknoBgt bisa mengukurnya dengan meteran atau penggaris dan menghitung luasnya seperti biasa.

3. Apakah perhitungan jumlah keramik yang dibutuhkan sama untuk semua jenis keramik?

Tidak, perhitungan jumlah keramik yang dibutuhkan dapat berbeda untuk setiap jenis keramik tergantung dari ukuran dan pola keramik tersebut.

4. Sebaiknya membeli keramik dalam jumlah banyak atau sedikit?

Sebaiknya membeli keramik dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan dan menambahkan dengan sedikit cadangan untuk menghindari kekurangan. Terlalu banyak membeli keramik juga bisa menyebabkan keramik menjadi tersimpan terlalu lama dan kemungkinan rusak atau ketinggalan tren desain kamar mandi yang baru.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Hitung Keramik Kamar Mandi