TEKNOBGT

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Sehari

Hello Sobat TeknoBgt! Kita sering mendengar kata kata “Makanan adalah sumber energi”. Namun, kita harus memperhitungkan kebutuhan kalori sehari agar tidak terjadi kelebihan atau kekurangan nutrisi. Pada artikel ini, kita akan membahas cara menghitung kebutuhan kalori sehari secara akurat dan mudah dipahami. Simak ulasannya berikut ini.

Pendahuluan

Sebelum membahas cara menghitung kebutuhan kalori sehari, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui:

  1. Kadang-kadang, kita makan lebih banyak atau kurang dari kebutuhan tubuh. Untuk itu, hasil yang didapat dari perhitungan ini bisa saja berbeda dengan kenyataan pola makan sehari-hari.
  2. Perhitungan ini tidak berlaku untuk kondisi khusus, seperti ibu hamil dan menyusui, atlet, atau orang yang sedang pulih dari penyakit. Untuk kondisi khusus tersebut, perhitungan kalori harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh yang spesifik.
  3. Perhitungan ini harus dibarengi dengan asupan nutrisi yang seimbang. Kalori bukanlah satu-satunya hal yang penting dalam asupan makanan kita. Kita juga perlu memperhatikan asupan protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral.

Pengertian Kalori

Sebelumnya, mari kita ulas terlebih dahulu tentang apa itu kalori. Kalori adalah satuan dalam fisika untuk mengukur energi. Namun, dalam nutrisi, kalori digunakan untuk mengukur energi yang diperoleh dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Sebuah kalori setara dengan jumlah energi yang diperlukan untuk meningkatkan suhu air sebesar 1 derajat Celsius.

Kalori Sumber Energi Tubuh

Kalori adalah sumber energi bagi tubuh. Tubuh kita membutuhkan energi untuk beraktivitas, termasuk untuk berpikir, bernapas, berjalan, hingga berolahraga. Energi dibutuhkan untuk mempertahankan suhu tubuh, memperbaiki sel dan jaringan, mengatur hormon dan enzim, dan masih banyak lagi.

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Sehari

Untuk menghitung kebutuhan kalori sehari, kita bisa menggunakan rumus dasar angka BMR (Basal Metabolic Rate) atau laju metabolisme dasar tubuh. BMR adalah jumlah kalori yang diperlukan tubuh kita untuk menjaga fungsi dasar tubuh seperti bernapas, berdetak jantung, dan fungsi organ tubuh lainnya saat kita dalam keadaan istirahat total selama satu hari.

Rumus Dasar BMR

BMR dalam lelaki dihitung dengan rumus:

Sedangkan, BMR dalam perempuan dihitung dengan rumus:

Keterangan:

  • BMR: Basal Metabolic Rate
  • BB: Berat Badan (dalam kg)
  • TB: Tinggi Badan (dalam cm)
  • U: Usia (dalam tahun)

Faktor Aktivitas

Setelah kita mendapatkan angka BMR, kita harus menentukan faktor aktivitas. Faktor aktivitas menghitung berapa banyak kalori yang kita butuhkan selain BMR, berdasarkan tingkat aktivitas fisik kita sehari-hari.

Tingkat Aktivitas Fisik

Tingkat aktivitas fisik dibagi menjadi 5 kategori, yaitu:

Tingkat Aktivitas FisikDeskripsiKalori per Hari
SedenterSehari-hari aktivitas fisik hanya duduk atau berbaringBMR x 1.2
Kurang AktifAktivitas fisik ringan, seperti duduk di meja kerja atau kegiatan sehari-hari yang tidak membutuhkan banyak tenagaBMR x 1.375
Cukup AktifAktivitas fisik yang cukup, seperti berjalan cepat atau jogging ringan 1-3 kali semingguBMR x 1.55
Sangat AktifAktivitas fisik yang berat, seperti berolahraga aerobik atau angkat beban 3-5 kali semingguBMR x 1.725
Super AktifAktivitas fisik yang sangat berat, seperti berolahraga aerobik atau angkat beban setiap hariBMR x 1.9

Perhitungan Kalori Sehari

Setelah menentukan faktor aktivitas, kita bisa menghitung kebutuhan kalori sehari dengan cara:

Kalori Sehari = BMR x Faktor Aktivitas

FAQ

Apakah Sama Hitungannya Untuk Laki-laki dan Perempuan?

Tidak. Perhitungan BMR untuk laki-laki dan perempuan berbeda, karena berat badan, tinggi badan, dan usia pun sangat mempengaruhi.

Apakah Kalori Harus Dipotong Saat Berdiet?

Ya, kalori yang dikonsumsi harus dipotong saat berdiet agar terjadi defisit kalori (kalori yang dibakar lebih banyak daripada dikonsumsi). Hal ini kemudian menyebabkan tubuh membakar lemak.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai cara menghitung kebutuhan kalori sehari. Makanan adalah sumber energi bagi tubuh kita, namun harus diperhatikan bahwa kebutuhan kalori setiap orang berbeda. Dengan cara ini, kita dapat mengatur pola makan yang sehat dan terukur. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Sehari