TEKNOBGT

Cara Menghitung Nama Menurut Jawa

Halo Sobat TeknoBgt! Menurut kepercayaan masyarakat Jawa, nama memiliki arti dan pengaruh tertentu terhadap kehidupan seseorang. Oleh karena itu, banyak orang Jawa yang menggunakan metode perhitungan nama untuk menentukan sifat, karakter, dan nasib seseorang.

Apa itu Cara Menghitung Nama Menurut Jawa?

Cara Menghitung Nama Menurut Jawa adalah sebuah metode perhitungan yang digunakan untuk menentukan sifat, karakter, dan nasib seseorang berdasarkan arti dari huruf-huruf yang terkandung dalam nama tersebut. Metode ini biasa disebut juga sebagai “metode primbon” atau “metode wetonan”.

Metode perhitungan ini sangat populer di kalangan masyarakat Jawa, terutama di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Meskipun sebenarnya metode ini tidak berdasarkan pada ilmu pengetahuan yang pasti, namun banyak orang yang merasa yakin dengan hasil perhitungan tersebut.

Sejarah Cara Menghitung Nama Menurut Jawa

Sejarah Cara Menghitung Nama Menurut Jawa sebenarnya tidak terlalu jelas. Namun, metode perhitungan nama ini sudah ada sejak zaman kerajaan Jawa. Pada masa itu, perhitungan nama hanya dilakukan oleh para ahli primbon atau dukun.

Setelah zaman kerajaan berakhir, metode perhitungan nama ini masih terus digunakan dan berkembang hingga sekarang. Bahkan, dalam beberapa kasus, metode perhitungan ini masih menjadi acuan dalam menentukan jodoh dan karir seseorang.

Bagaimana Cara Menghitung Nama Menurut Jawa?

Untuk menghitung nama menurut Jawa, Anda perlu mengenal arti dari setiap huruf dalam alfabet Jawa. Berikut ini adalah tabel huruf Jawa dan artinya:

HurufArti
A
I
U
Ae (E)
O
KA
GA
NGA
CA
JA
NYA
TA
DA
NA
PA
BA
MA
YA
RA
LA
WA
SA
XA (KHA)
HA
ZA (DHA)
FA (THA)
DA (Tr)
GA (Ng)
JA (Ny)

Setelah mengenal arti dari setiap huruf, langkah selanjutnya adalah menghitung jumlah nilai masing-masing huruf dalam nama yang ingin dihitung. Setiap huruf memiliki nilai yang berbeda-beda.

Berikut ini adalah tabel nilai huruf Jawa:

HurufNilai
A1
I2
U3
Ae (E)4
O5
KA6
GA7
NGA8
CA9
JA10
NYA11
TA12
DA13
NA14
PA15
BA16
MA17
YA18
RA19
LA20
WA21
SA22
XA (KHA)23
HA24
ZA (DHA)25
FA (THA)26
DA (Tr)27
GA (Ng)28
JA (Ny)29

Setelah menghitung jumlah nilai masing-masing huruf, Anda perlu menguranginya dengan angka tertentu sesuai dengan metode perhitungan yang digunakan. Ada beberapa metode perhitungan nama menurut Jawa, di antaranya:

Metode Perhitungan Nama Menurut Pasaran

Metode perhitungan ini berdasarkan pada pasaran atau hari kelahiran. Pasaran adalah suatu sistem yang digunakan oleh masyarakat Jawa untuk menentukan hari lahir seseorang.

Setiap pasaran memiliki nilai yang berbeda-beda. Berikut ini adalah tabel nilai pasaran:

PasaranNilai
Pahing1
Pon2
Wage3
Kliwon4
Legi5

Jika Anda ingin menghitung nama menurut metode pasaran, maka Anda perlu mengalikan jumlah nilai huruf dengan angka tertentu yang sesuai dengan pasaran kelahiran. Misalnya, jika pasaran kelahiran adalah Pahing, maka jumlah nilai huruf perlu dikalikan dengan angka 1.

Metode Perhitungan Nama Menurut Wetonan

Metode perhitungan ini berdasarkan pada wetonan atau kombinasi antara pasaran dan wuku. Wuku adalah sistem kalender Jawa yang terdiri dari 30 wuku yang dipakai untuk menentukan hari-hari tertentu.

Setiap wuku memiliki nilai yang berbeda-beda. Berikut ini adalah tabel nilai wuku:

WukuNilai
Sinta1
Landep2
Wukir3
Kurantil4
Tolu5
Gumbreg6
Warigalit7
Warigagung8
Julungwangi9
Sungsang10
Galungan11
Kuningan12
Langkir13
Manggala14
Manahil15
Prangbakat16
Bala17
Wugu18
Kuning19
Jemuwah20
Jagur21
Bilik22
Ora23
Ulukutuk24
Budha Kliwon25
Wrespati Kliwon26
Sukra Kliwon27
Saniscara Kliwon28
Redite Kliwon29
Paing Kliwon30

Jika Anda ingin menghitung nama menurut metode wetonan, maka Anda perlu mengalikan jumlah nilai huruf dengan angka tertentu yang sesuai dengan pasaran dan wuku kelahiran. Misalnya, jika pasaran dan wuku kelahiran adalah Pahing dan Sungsang, maka jumlah nilai huruf perlu dikalikan dengan angka 10.

FAQ

1. Apa itu Cara Menghitung Nama Menurut Jawa?

Cara Menghitung Nama Menurut Jawa adalah sebuah metode perhitungan yang digunakan untuk menentukan sifat, karakter, dan nasib seseorang berdasarkan arti dari huruf-huruf yang terkandung dalam nama tersebut.

2. Bagaimana Cara Menghitung Nama Menurut Jawa?

Untuk menghitung nama menurut Jawa, Anda perlu mengenal arti dari setiap huruf dalam alfabet Jawa. Kemudian, Anda perlu menghitung jumlah nilai masing-masing huruf dalam nama yang ingin dihitung dan menguranginya dengan angka tertentu sesuai

Cara Menghitung Nama Menurut Jawa

https://youtube.com/watch?v=u1Y_RoX6prk