Cara Menghitung Frekuensi Harapan

Halo Sobat TeknoBgt! Sebelum kita membahas tentang cara menghitung frekuensi harapan, ada baiknya kita mempelajari dulu apa itu frekuensi harapan. Frekuensi harapan adalah nilai rata-rata atau nilai yang diharapkan dari suatu percobaan. Contohnya, jika kamu melempar dadu, maka secara teoritis kamu bisa mendapatkan angka 1 hingga 6. Namun, mana yang lebih sering keluar?

Persiapan Menghitung Frekuensi Harapan

Sebelum kamu bisa menghitung frekuensi harapan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, yaitu:

1. Mengetahui Kemungkinan Kejadian

Kamu harus mengetahui semua kemungkinan kejadian yang mungkin terjadi. Contohnya, jika kamu melempar dadu, maka kemungkinan kejadiannya adalah angka 1, 2, 3, 4, 5, atau 6.

2. Mengetahui Peluang Kejadian

Kamu juga harus mengetahui peluang dari setiap kemungkinan kejadian. Dalam hal ini, peluang setiap kemungkinan adalah sama besar, yaitu 1/6.

3. Menetapkan Variabel

Setelah mengetahui kemungkinan dan peluang kejadian, kamu perlu menetapkan variabel untuk nilai yang dihasilkan. Dalam contoh dadu di atas, variabelnya adalah angka yang keluar ketika dadu dilempar.

Cara Menghitung Frekuensi Harapan

Setelah kamu mempersiapkan hal-hal tersebut, kamu siap untuk menghitung frekuensi harapan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Hitung Jumlah Kemungkinan Kejadian

Pertama-tama, kamu harus menghitung jumlah kemungkinan kejadian. Contohnya, jika kamu melempar dadu, maka jumlah kemungkinan kejadiannya adalah 6.

2. Hitung Frekuensi Harapan Tiap Kemungkinan Kejadian

Kemudian, kamu hitung frekuensi harapan tiap kemungkinan kejadian menggunakan rumus:

Frekuensi Harapan=Jumlah Kemungkinan KejadianxPeluang Setiap Kemungkinan Kejadian
x

Sebagai contoh, jika kamu melempar dadu, maka frekuensi harapan untuk angka 1 adalah:

Frekuensi Harapan=6x1/6
x
1=1x1/6
=1/6

Jadi, frekuensi harapan untuk angka 1 adalah 1/6.

3. Hitung Total Frekuensi Harapan

Setelah kamu menghitung frekuensi harapan tiap kemungkinan kejadian, kamu harus menjumlahkannya semua untuk mendapatkan total frekuensi harapan. Contohnya, jika kamu melempar dadu, maka total frekuensi harapannya adalah:

Frekuensi Harapan=Frekuensi Harapan Angka 1+Frekuensi Harapan Angka 2+Frekuensi Harapan Angka 3+Frekuensi Harapan Angka 4+Frekuensi Harapan Angka 5+Frekuensi Harapan Angka 6
+++++

FAQ

1. Apa itu Frekuensi Harapan?

Frekuensi harapan adalah nilai rata-rata atau nilai yang diharapkan dari suatu percobaan.

2. Apa yang harus dipersiapkan sebelum menghitung Frekuensi Harapan?

Sebelum menghitung frekuensi harapan, kamu harus mengetahui kemungkinan kejadian, peluang kejadian, dan menetapkan variabel.

3. Bagaimana cara menghitung Frekuensi Harapan?

Untuk menghitung frekuensi harapan, kamu harus menghitung jumlah kemungkinan kejadian, menghitung frekuensi harapan tiap kemungkinan kejadian, dan menjumlahkan semua frekuensi harapan tersebut.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Menghitung Frekuensi Harapan