Cara Aktifkan USB Debugging Dan Tampilkan Developer Options HP Android

Devepoer Options atau opsi pengembang ini adalah fitur pada perangkat smartphone berbasis Android yang mana penggunanya atau para developer bisa melakukan pengembangan dan juga modifikasi, Salah satunya fitur yang sering digunakan dari Opsi pengembang adalah USB Debungging.

USB Debungging di HP Android adalah sebuah fitur yang diperuntukkan para pegembang atau developer aplikasi / sistem. Kamu bisa menemukan fitur ini di menu Developer Options, Tapi harus diaktifkan terlebih dahulu dan berikut ini adalah cara mengaktifkan usb debugging untuk Hp Xiaomi, Oppo, Samsung, Vivo dan juga realme.

Cara Mengaktifkan USB Debungging

USB Debugging Android Devices
Cara Aktifkan dan Nonaktifkan USB Debugging di Perangkat Android, foto (moquality.com)

Fitur USB Debugging ini bisa diakses menggunakan fungsi USB perangkat Android dan juga Komputer yang berfungsi sebagai perantara antara perangkat Android dan Komputer, sehingga para Developer bisa menguji aplikasi buatannya langsung di Hp Android untuk menemukan masalah dengan menggunakan android Software Development Kit (SDK).

Karena fitur USB Debungging ini hanya ada di Developer Options, maka yang harus dilakukan pertama kali adalah mengaktifkan USB Debugging di Opsi pengembangnnya. Sebenarnya cara mengaktifkan usb debugging di HP android sedikit ada perbedaan disetiap brand/merk, tapi secara garis besar sih sama saja dan berikut ini cara mengaktifkannya :

  1. Langkah pertama masuk ke menu Setting / Pengaturan di HP Android
  2. Kemudian masuk ke menu About Phone dan cari dan masuk ke menu Software version / Versi Software / Software information
  3. Selanjutnya carai menu Build Number (untuk masuk kemenu itu harus klik menu tersebut sebanyak 7 kali)
  4. Setelah Developer Options aktif, berikut ini langkah-langkah aktifkan fitur USB Debugging
  5. Masuk lagi ke menu Setting / Pengaturan dan cari menu menu Developer Options / Opsi Pengembang
  6. Kemudian scroll sampai kebawah sampa menemukan opsi pilihan USB Debugging
  7. Pilih aktifkan opsi USB debugging dan jika ada notifikasi “Allow development settings ?” silakan pilih “OK”.
  8. Selesai

Seperti itulah langkah-langkah untuk mengaktifkan USB Debugging di Opsi Pengembangan HP Android yang mungkin ada sedikit perbedaan cara mencari pengaturannya di setiap merk/brand Smartphone.

Tapi, disarankan untuk tidak sembarangan mengaktifkan fitur ini, karena ditakutkan ada malware yang masuk kedalam sistem sehingga bisa mencuri data-data penting yang kamu simpan dalam HP. Solusinya adalah aktifkan fitur USB Debugging hanya ketika dibutuhkan saja, Matikan/nonaktifkan kembali setelah tidak digunakan.