Begini Cara Akses dan Gunakan Fitur Advanced Option Windows 10

Advanced option di Windows 10 memiliki fungsi untuk memperbaiki sistem operasi jika mengalami masalah pada System Restore, Recovery, Boot ke Safemode dan fitur lainnya. Nah, disini Teknobgt akan memberikan panduan bagaimana cara akses dan menggunakan fitur advanced option ini.

Bagaimana sih cara untuk mengakses pengaturan sistem operasi Windows startup atau lebih dikenal dengan sebutan Advanced startup options windows 10?

Nah, sebelumnya perlu diketahui bahwa ini merupakan Hardware Interrupt yang harus menekan tombol keyboard untuk masuk ke pengaturan. Contohnya ketika menekan tombol DEL, kita bisa masuk ke BIOS dari pada sistem Windows perangkat Laptop atau komputer. Atau tekan F8/F2 untuk masuk ke menu Boot.

Untuk bisa mengakses fitur Advanced option di Windows 10, kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara berikut ini :

Cara Akses Advanced Startup Options di Windows 10

Advanced Startup Options di Windows 10

Restart Komputer adalah cara pertama agar bisa booting atau masuk ke menu Advanced Starup options di Windows 10 adalah dengan cara merestart komputer atau laptopnya dengan cara klik Restart di menu power, atau bisa juga dengan cara klik kanan Start (Win + X). Saat restart, anda akan melihat layar Advanced Startup Options.

Nah, nanti akan muncul layar Troubleshoot yang dibawahnya ada 2 pilihan, Reset this PC dan Advanced options. Klik Advanced options jika kamu ingin mengakses fitur tersebut dan ingin menyelesaikan masalah yang ada di komputer tersebut.

Setelah masuk ke menu Advanced Options, sekarang kamu bisa melihat ada 6 pilihan sub menu seperti System Restore, System Image Recovery, Starup Repair, Command Prompt, Startup Settings dan Go Back to the Previous Build. Berikut ini adalah fungsi-fungsinya :

  • System Restore ini biasanya digunakan jika kamu ingin memulihkan Windows ke tanggal sebelumnya.
  • System Image Recovery fungsinya adalah untuk memulihkan Windows menggunakan system image file.
  • Startup Repair berfungsi untuk memperbaiki masalah startup pada komputer atau laptop
  • Command Prompt digunakan untuk menjalankan perintah dengan code-code
  • Startup Settings digunakan untuk mengubah opsi startup Windows yang kamu punya
  •  dan yang terakhir Go back to the previous build ini berfungsi untuk mengembalikan Windows ke versi sebelumnya

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai cara untuk masuk atau mengakses menu Advanced option Windows 10, semoga ini bisa bermanfaat dan membantu anda untuk memecahkan masalah yang ditemukan.