Bagaimana dan Dimana Membeli IDM Token? Cek Disini Panduan Lengkapnya!

Apakah kalian sudah tau tentang token crypto buatan Indonesia yang baru saja melakukan presale? ya, Indonesia Digital Milenial Coorperaties (IDM Co-op) yang diluncurkan pada 28 Oktober 2021 kemarin adalah asli buatan Indonesia dan berikut ini ada cara beli IDM Token di Trust Wallet / Pancakeswap.

IDM Co-op token menjadi banyak perbincangan dimedia sosial hingga group telegram, bahkan media-media online besar di Indonesia juga turut meberitakan tentang aset Kripto asli buatan Indonesia bernama IDM Token. Karena belum listing di Exchange Cryptocurrency besar seperti Indodax ataupun yang lainnya, masih banyak yang kebingungan bagaimana dan cara membeli IDM Token.

Cara Beli IDM Token

Peluang besar ada disini untuk membeli IDM Token, karena baru dirilis dan harganya masih belum terlalu mahal. Memang ini adalah waktu yang tepat untuk kamu membeli atau istilah kerennya serok IDM Token karena harganya yang sedang koreksi.

Adapun cara membeli IDM Token untuk saat ini adalah melalui Pancakeswap dengan menggunakan dompet cryptocurrency Trust Wallet. Karena IDM Token belum listing di Exchange Cryptocurrency seperti Indodax, Tokocrypto ataupun Binance, maka berikut ini merupakan tutorial langkah-langkah untuk beli IDM Token diharga murah melalui Pancakeswap.

Langkah 1 : Deposit ke Indodax

Deposit indodax untuk beli IDM Token

Karena IDM Co-op Token belum listing di Indodax ataupun Exchange Crypto lainnya, maka kita menggunakan Pancakeswap yang ada di menu DApps Trust Wallet (bisa juga menggunakan crypto wallet lainnya juga seperti Meta Mask, tapi pada kesempatan ini teknobgt membuat tutorialnya dengan Trust Wallet (TW).

  1. Langkah awal ada siapkan uang untuk deposit di Indodax (manfaatkan promo cashback deposit via Shopeepay atau Ovo). Klik Daftar Akun Indodax jika belum memiliki akun.
  2. Setelah uang masuk ke saldo IDR Indodax, selanjutnya adalah masuk ke IDR Markets dan pilih “BNB/IDR”
  3. Beli BNB sesuai dengan jumlah yang kamu inginkan, kemudian setelah BNB masuk ke akun Indodax, kamu bisa melakukan penarikan / Withdraw Bnb

Langkah 2 : Withdraw BNB

withdraw BNB ke trust wallet

Langkah selanjutnya adalah melakukan penarikan Withdraw BNB yang dirikimkan ke alamat BNB Trust Wallet.

  1. Untuk proses penarikannya, kamu bisa masuk ke Deposit/Withdraw BNB, setelah itu jangan lupa untuk pilih jaringan BEP 2 agar biaya penarikannya tidak mahal
  2. Pilih menu Kirim BNB dan isi kolom dengan sesuai.
  3. Isi Alamat Penarikan BNB dengan BNB Address dari akun Trust Wallet kamu yang ingin digunakan membeli IDM Token
  4. Kirim PIN SMS dan setelah itu klik tombol Kirim untuk menyelesaikan proses Withdraw BNB. (cek email juga untuk konfirmasi proses penarikannya).
  5. Berhasil, Koin BNB kamu akan otomatis terpindah ke BNB Trust Wallet (Indodax menginformasikan bahwa prosesnya bisa memakan waktu hingga 60 menit, tapi bisa admin kemarin coba hanya memakan waktu 2 menit saja).

Langkah 3 : Swap BNB ke BNB Smart Chain

cara swap bnb ke bnb smart chain truswallet dex

Karena setiap transaksi di Trust Wallet menggunakan Binance Smart Chain, maka kita harus melakukan swap BNB yang tadi dikirim ke BNB Smart Chain. Untuk caranya akan dijelaskan berikut ini :

  1. Buka Aplikasi Trust Wallet dan masuk ke menu DEX yang deretan bagian bawah
  2. Bagian atas harus BNB dan bagian bawah harus BNB Smart Chain (logonya warna hitam kuning).
  3. Pilih 100 persen agar semua balance BNB yang dimasukkan tadi berpindah ke BNB Smart Chain
  4. Tekan tombol SWAP untuk menyelesaikan proses Swap BNB ke BNB Smart Chain ini

Penting! proses swap ini akan dikenakan biaya yang detailnnya akan muncul setelah kamu klik tombol swap tadi.

Langkah 4 : Beli IDM Token di Pancakeswap

swap bnb ke idm token

Setelah memiliki BNB Smart Chain, kamu bisa langsung melakukan pembelian IDM Token melalui menu DApps dan pilih Pancakeswap. Untuk lebih jelasnya, bisa simak tutorial membeli IDM Token di Pancakeswap Trust Wallet berikut ini :

  1. Buka Aplikasi Telegram dan masuk ke group telegram IDM : https://t.me/IDMToken untuk mendapatkan informasi Smart Contract Token IDM.
  2. Cara untuk mendapatkan infor smart contract / SC Token IDM ini adalah dengan mengetikkan /sc , maka akan menampilkan kode yang harus kamu copy untuk ditambahkan ke Trust Wallet.
  3. Setelah itu buka aplikasi Trust Wallet dan tambahkan smart contract token IDM di menu filter (2 titik 2 garis) yang ada di pojok kanan atas.
  4. Scroll hingga kebawah sampai menemukan Add Custom Token, pastekan smart contract IDM token tadi  di kolom Contract Address dan kolom lainnya akan otomatis terisi.
  5. Jangan lupa pada bagian network diganti jadi Smart Chain
  6. Pencet tombol Done dibagian kanan atas untuk menambahkan IDM token
  7. Setelah itu masuk kehalaman utama trust wallet dan pilih menu DApps, kemudian pilih PancakeSwap (pastikan dibagian atas ada logo BNB Smart Chain)
  8. di bagian From:, pilih BNB dan pada bagian To: Select Currency dan pastekan Contract Address IDM Token tadi.
  9. Dibagian Slippage Tolerance, setting di kisaran 11 persen hingga 13 persen.
  10. Pencet tombol Swap dibagian bawah untuk proses membelinya, Dan selamat kamu sudah memiliki IDM Token yang sebentar lagi harganya akan terus naik.

Tambahan INFO PENTING :

Karena fee atau biaya penarikan BNB di Indodax itu terbilang cukup mahal, kamu bisa menggunakan cara lainnya seperti mengalihkan dana deposit tadi untuk membeli BUSD di Indodax dan lakukan penarikan / transfer BUSD dari Indodax ke BUSD Trust Wallet.

Nah, itulah 4 langkah mudah untuk membeli IDM Token di PancakeSwap yang awal deposit dari Indodax. Kamu juga bisa mencari di youtube tentang tutorial ini, karena disana juga banyak yang memberikan informasi bagus tentang bagaimana cara beli token IDM ini.