TEKNOBGT
Terjemahan Surat Yunus dalam Bahasa Indonesia
Terjemahan Surat Yunus dalam Bahasa Indonesia

Terjemahan Surat Yunus dalam Bahasa Indonesia

Pengenalan Surat Yunus

Surat Yunus merupakan bagian dari kitab suci Al-Qur’an yang terdiri dari 109 ayat. Surat ini termasuk dalam golongan surat-surat Makkiyah yang diturunkan di Mekkah pada masa awal kenabian Nabi Muhammad SAW. Surat Yunus menceritakan tentang kisah Nabi Yunus AS yang dikirim untuk memberikan peringatan kepada kaumnya yang telah menyembah berhala.

Pesan yang Terkandung dalam Surat Yunus

Surat Yunus memberikan pesan yang sangat penting bagi umat manusia, yaitu tentang keimanan kepada Allah SWT dan ketaatan kepada-Nya. Nabi Yunus AS sendiri merupakan sosok yang kuat dalam mempertahankan keimanan dan ketaatannya kepada Allah meskipun dalam keadaan yang sulit.

Terjemahan Surat Yunus

Berikut adalah terjemahan surat Yunus dalam bahasa Indonesia:

Bismillahirrahmanirrahim

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

Alif lam ra. Kitab ini bukanlah karangan yang diada-adakan, akan tetapi ia membenarkan kitab-kitab yang terdahulu dan menjelaskan segala sesuatu dengan terperinci, dan sebagai rahmat bagi orang-orang yang beriman.

Apakah mereka mengira bahwa mereka akan dikatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka belum diuji?

Sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.

Ataukah orang-orang yang beramal buruk mengira bahwa mereka akan mendahului Kami? Amat buruklah apa yang mereka hukumkan itu.

Barangsiapa mengharap (pahala) kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh, sedang ia beriman, maka merekalah orang-orang yang usahanya akan diberi balasan dengan sebaik-baiknya karena apa yang mereka kerjakan.

Dan sesungguhnya Kami telah mewajibkan atas manusia berbuat baik kepada kedua orang tuanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu; hanya kepada-Ku lah kembalimu.

Dan jika mereka memaksamu untuk mempersekutukan dengan-Ku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti mereka. Tetapi berbuatlah kebaikan kepada keduanya dalam kehidupan dunia ini dan turutlah jalan orang yang kembali kepada-Ku. Kemudian hanya kepada-Ku lah kembalimu, lalu akan Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.

Orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, akan Kami tempatkan dalam surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Di sanalah tempat tinggal yang sebenarnya; di sana mereka mendapat apa yang mereka kehendaki. Demikianlah Allah memberi balasan kepada orang-orang yang bertakwa.

Orang-orang yang tidak beriman dan mendustakan ayat-ayat Kami, itulah penghuni neraka Jahanam.

Wahai manusia, telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penawar bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada, dan petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.

Katakanlah: “Dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Karunia dan rahmat itu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan.”

Katakanlah: “Apakah kamu melihat (kalau pun) Allah menjadikan malam itu bermalam terus menerus atas kamu sampai hari kiamat, siapakah yang dapat menolak keperluan Allah? Maka apakah kamu tidak memperhatikan?”

Sebenarnya dari rahmat Allah dan karunia-Nya, tidak ada yang dapat kamu hapuskan dan tidak pula yang kamu perbaiki.

Katakanlah: “Apakah kamu melihat (kalau pun) air kamu menjadi surut tenggelam di bumi, siapakah yang dapat mendatangkan air yang mengalir kepadamu?”

Demikianlah Allah memberi petunjuk kebenaran dengan perkataan yang benar dan tata cara yang baik. Dan sesungguhnya orang-orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat Kami, Kami biarkan mereka dalam kesesatan yang terus-menerus.

Semoga Allah memberikan hidayah dan kekuatan kepada kita untuk selalu mengikuti ajaran-Nya seperti yang dijelaskan dalam surat Yunus ini. Amin.

Kesimpulan

Surat Yunus adalah bagian dari kitab suci Al-Qur’an yang memberikan pesan penting tentang keimanan dan ketaatan kepada Allah SWT. Terjemahan surat Yunus dalam bahasa Indonesia dapat membantu kita untuk lebih memahami isi dari surat tersebut dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kita selalu menjadi orang yang taat kepada Allah SWT dan selalu mengikuti ajaran-Nya dengan sebaik-baiknya.

Artikel Terjemahan Surat Yunus dalam Bahasa Indonesia

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM