TEKNOBGT
Surat Al-Bayyinah Beserta Artinya
Surat Al-Bayyinah Beserta Artinya

Surat Al-Bayyinah Beserta Artinya

Surat Al-Bayyinah adalah salah satu surat dalam Al-Quran yang terdiri dari 8 ayat. Surat ini termasuk dalam golongan surat Makkiyah yang diturunkan pada masa awal kenabian Nabi Muhammad SAW.

Ayat Pertama:

“Belumkah datang kepada mereka berita orang-orang yang sebelum mereka yang mengadakan kebinasaan di negeri mereka? Sesungguhnya mereka mempunyai tanda yang nyata.”

Ayat pertama surat Al-Bayyinah mengajak manusia untuk merenungkan sejarah masa lalu. Allah SWT mengingatkan manusia tentang kebinasaan yang menimpa umat-umat yang telah berlalu. Ayat ini juga menunjukkan bahwa setiap umat mempunyai tanda-tanda kebenaran yang dapat dilihat oleh manusia.

Ayat Kedua:

“Yaitu (berita) orang-orang yang diutuskan, kepada mereka di antara mereka ada yang mereka sukai dan ada (pula) yang mereka benci, dan (berita itu) untuk memberi peringatan supaya manusia tidak mempunyai alasan terhadap Allah sesudah (datangnya) Rasul-rasul. Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”

Ayat kedua surat Al-Bayyinah menyebutkan bahwa Allah SWT mengirimkan rasul-rasul kepada umat manusia. Namun, tidak semua orang menyukai rasul tersebut. Meskipun begitu, para rasul ini tetap diutus untuk memberi peringatan kepada manusia sehingga mereka tidak memiliki alasan untuk menentang Allah SWT.

Ayat Ketiga:

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir di antara Ahli Kitab dan orang-orang musyrik akan masuk ke dalam neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.”

Ayat ketiga surat Al-Bayyinah menerangkan bahwa orang-orang kafir dari kalangan Ahli Kitab dan musyrik akan masuk ke dalam neraka Jahannam dan kekal di dalamnya. Ayat ini menunjukkan betapa pentingnya iman dan taqwa dalam kehidupan manusia.

Ayat Keempat:

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk.”

Ayat keempat surat Al-Bayyinah menyebutkan bahwa orang-orang yang beriman dan melakukan amal saleh adalah sebaik-baik makhluk. Ayat ini menunjukkan betapa pentingnya iman dan amal saleh dalam kehidupan manusia.

Ayat Kelima:

“Balasan mereka di sisi Tuhannya ialah surga ‘Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (dijanjikan) kepada orang yang takut kepada Tuhannya.”

Ayat kelima surat Al-Bayyinah berbicara tentang balasan bagi orang-orang yang beriman dan bertakwa. Mereka akan mendapatkan surga ‘Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan Allah SWT senantiasa meridhai mereka. Ayat ini menunjukkan betapa besar keutamaan iman dan taqwa dalam kehidupan manusia.

Ayat Keenam:

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir di antara Ahli Kitab dan orang-orang musyrik akan masuk ke dalam neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.”

Ayat keenam surat Al-Bayyinah mengulang kembali bahwa orang-orang kafir dari kalangan Ahli Kitab dan musyrik akan masuk ke dalam neraka Jahannam dan kekal di dalamnya. Ayat ini menegaskan kembali bahwa iman dan taqwa adalah kunci kebahagiaan dan keselamatan di dunia dan akhirat.

Ayat Ketujuh:

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk.”

Ayat ketujuh surat Al-Bayyinah mengulang kembali bahwa orang-orang yang beriman dan melakukan amal saleh adalah sebaik-baik makhluk. Ayat ini menunjukkan betapa pentingnya iman dan amal saleh dalam kehidupan manusia.

Ayat Kedelapan:

“Balasan mereka di sisi Tuhannya ialah surga ‘Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya. Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (dijanjikan) kepada orang yang takut kepada Tuhannya.”

Ayat kedelapan surat Al-Bayyinah mengulang kembali tentang balasan bagi orang-orang yang beriman dan bertakwa. Mereka akan mendapatkan surga ‘Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan Allah SWT senantiasa meridhai mereka. Ayat ini menunjukkan betapa besar keutamaan iman dan taqwa dalam kehidupan manusia.

Kesimpulan

Surat Al-Bayyinah mengajarkan manusia untuk merenungkan sejarah masa lalu, mengenal dan memahami tanda-tanda kebenaran, serta menumbuhkan iman dan taqwa dalam kehidupan sehari-hari. Semoga kita selalu diberikan hidayah dan petunjuk oleh Allah SWT untuk dapat menjalankan ajaran-Nya dengan baik dan benar.

ArtikelSurat Al-Bayyinah Beserta Artinya

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM