TEKNOBGT
Ayat Alquran tentang Menyantuni Anak Yatim
Ayat Alquran tentang Menyantuni Anak Yatim

Ayat Alquran tentang Menyantuni Anak Yatim

Menyantuni anak yatim merupakan salah satu amal yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Allah SWT telah berfirman dalam Alquran tentang pentingnya membantu anak yatim.

Surah Ad-Dhuha Ayat 9-10

“Dan sesungguhnya akhirat itu lebih baik bagimu dari dunia ini, dan sesungguhnya akan datang kepadamu Tuhanmu dengan memberikan (kenikmatan) yang memuaskan hati. Bukankah Dia mendapati kamu sebagai anak yatim lalu Dia memberi tempat (pada keluarga), dan Dia mendapati kamu dalam kesesatan, lalu Dia memberi petunjuk.”

Ayat di atas mengajarkan kita bahwa Allah SWT selalu memberikan pertolongan bagi orang yang membutuhkan. Anak yatim adalah salah satu golongan yang membutuhkan pertolongan dan bantuan kita.

Surah Al-Baqarah Ayat 177

“Bukanlah taqwa itu dengan membelokkan muka ke arah timur atau barat, akan tetapi benar-benar taqwa itu ialah (seseorang yang) beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (taqwa ialah) memperbaiki shalat dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (taqwa) dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.”

Surah Al-Baqarah ayat 177 menegaskan bahwa taqwa bukan hanya sekedar beribadah dan menunaikan kewajiban saja, tetapi juga melibatkan tindakan nyata dalam membantu sesama. Salah satu tindakan nyata tersebut adalah dengan menyantuni anak yatim.

Surah Al-Isra Ayat 34

“Janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin; kami akan memberi rezeki kepada mereka dan juga kepada kamu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar.”

Ayat ini menegaskan bahwa menyantuni anak yatim bukan hanya sekedar amal baik, tetapi juga merupakan kewajiban kita sebagai umat manusia. Allah SWT telah menjamin rezeki bagi kita dan juga bagi anak yatim, sehingga tidak ada alasan untuk tidak membantu mereka.

Surah Al-Balad Ayat 16-17

“Maka tahukah kamu apakah (jalan) yang mendaki? (yaitu) melepaskan leher (orang) merdeka, atau memberi makan pada hari kelaparan. Yaitu memberi makan pada waktu kesusahan, kepada anak yatim yang terkeramatkan, atau kepada orang miskin yang sangat membutuhkan.”

Ayat di atas mengajarkan kita bahwa menyantuni anak yatim merupakan salah satu bentuk amal yang paling mulia. Memberi makan pada anak yatim pada saat mereka membutuhkan merupakan tindakan yang sangat terpuji dan akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

Surah Al-An’am Ayat 152

“Dan janganlah kamu mendekati harta anak yatim, kecuali dengan cara yang lebih baik, sampai ia mencapai umur dewasa. Dan penuhilah janji, sesungguhnya janji itu akan diminta pertanggungjawabannya.”

Ayat ini menegaskan bahwa kita harus memperlakukan anak yatim dengan baik dan adil. Kita tidak boleh memanfaatkan harta mereka secara sembarangan, tetapi harus memperlakukannya dengan hormat dan memberikan hak-hak mereka sesuai dengan syariat Islam.

Surah Al-Insan Ayat 8-9

“Dan mereka memberi makan (orang yang miskin), yatim dan tawanan, (walaupun mereka sendiri) menyukainya (makanan itu). Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu (demi) menghadap kepada Allah, kami tidak menghendaki balasan dan tidak (pula) terima ucapan terima kasih dari kamu.”

Ayat di atas menunjukkan bahwa menyantuni anak yatim bukan hanya sekedar untuk mendapatkan pahala, tetapi juga untuk mendapatkan keridhaan Allah SWT. Kita harus menyantuni anak yatim dengan tulus ikhlas tanpa mengharapkan balasan apapun.

Surah Al-Ma’un Ayat 1-7

“Telahkah kamu melihat orang yang mendustakan agama? Maka itulah orang yang menghardik anak yatim, dan tidak mendorong memberi makan orang miskin. Maka celakalah orang yang shalat, yang lalai dari shalatnya, yang berbuat riya dan enggan memberi bantuan kepada orang lain.”

Ayat ini menegaskan bahwa orang yang tidak menyantuni anak yatim dan orang miskin termasuk golongan orang yang tidak beriman. Kita harus menjaga agar tidak termasuk dalam golongan tersebut dan selalu berusaha untuk membantu sesama, terutama anak yatim.

Surah Al-Baqarah Ayat 83-84

“Dan (ingatlah) ketika kami mengambil janji dari Bani Israel, (dengan firman): “Janganlah kamu menyembah selain daripada Allah, dan berbuat baiklah kepada ibu bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim dan orang-orang miskin. Dan ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia. Dan lakukanlah shalat dan tunaikanlah zakat”. Kemudian kamu berpaling, kecuali segelintir di antara kamu, dan kamu selalu berpaling.”

Ayat ini mengajarkan bahwa menyantuni anak yatim merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh umat manusia. Allah SWT telah memerintahkan kita untuk berbuat baik kepada mereka dan memberikan hak-hak mereka sesuai dengan syariat Islam.

Surah An-Nahl Ayat 90

“Sesungguhnya Allah menyuruh berbuat adil dan berbuat baik, memberikan kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.”

Ayat ini menegaskan bahwa Allah SWT selalu memerintahkan kita untuk berbuat baik dan membantu sesama. Menyantuni anak yatim merupakan salah satu bentuk dari berbuat baik dan akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.

Surah Al-Infitar Ayat 2-4

“Apabila bumi diguncangkan dengan guncangan (yang dahsyat). Dan bumi mengeluarkan beban-beban berat (yang di dalamnya), dan manusia bertanya: “Apakah yang terjadi dengan bumi ini?” Pada hari itu bumi akan menceritakan beritanya.”

Ayat ini mengajarkan kita bahwa pada akhirnya kita akan dimintai pertanggungjawaban atas segala amal baik atau buruk yang telah kita lakukan. Oleh karena itu, kita harus berusaha untuk melakukan amal baik, termasuk menyantuni anak yatim.

Surah Al-Mujadilah Ayat 11

“Allah tidak akan menyia-nyiakan pahala orang yang berbuat baik.”

Ayat ini menegaskan bahwa Allah SWT akan memberikan pahala yang besar bagi orang yang melakukan amal baik, termasuk menyantuni anak yatim. Kita harus berusaha untuk selalu melakukan amal baik tanpa mengharapkan balasan apapun.

Surah Al-Baqarah Ayat 215

“Mereka menanyakan kepadamu tentang apa yang mereka

Artikel Ayat Alquran tentang Menyantuni Anak Yatim

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM