TEKNOBGT
Cara Sholat Dzuhur
Cara Sholat Dzuhur

Cara Sholat Dzuhur

Sholat dzuhur adalah sholat keempat dari lima waktu sholat yang harus dilakukan oleh umat muslim setiap harinya. Sholat dzuhur dilakukan pada waktu tengah hari ketika matahari berada di atas kepala.

Waktu Sholat Dzuhur

Waktu sholat dzuhur dimulai setelah tergelincirnya matahari dan berakhir sebelum masuk waktu ashar. Waktu sholat dzuhur berbeda-beda tergantung pada lokasi dan musim. Namun secara umum, waktu sholat dzuhur dimulai sekitar pukul 11.30 hingga pukul 13.00.

Persiapan Sholat Dzuhur

Sebelum melakukan sholat dzuhur, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Pertama, mandi atau wudhu untuk membersihkan diri dari hadas besar dan kecil. Kedua, memastikan pakaian yang dikenakan sudah bersih dan rapi. Ketiga, memilih tempat yang tenang dan bersih untuk melakukan sholat.

Tata Cara Sholat Dzuhur

Berikut adalah tata cara sholat dzuhur:

  1. Bertakbiratul ihram dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga.
  2. Membaca doa iftitah.
  3. Membaca surat Al-Fatihah.
  4. Membaca surat pendek atau panjang dari Al-Quran.
  5. Ruku dengan posisi tangan di atas lutut dan membaca doa ruku.
  6. Bangkit dari ruku dan berdiri lurus sambil membaca doa istiftah.
  7. Sujud dengan posisi dahi, hidung, dua telapak tangan, kedua lutut, dan ujung kaki menyentuh lantai. Membaca doa sujud.
  8. Bangkit dari sujud dan duduk di antara dua sujud sambil membaca doa duduk antara dua sujud.
  9. Melakukan sujud kedua dengan posisi yang sama seperti sujud pertama dan membaca doa sujud.
  10. Bangkit dari sujud kedua dan berdiri lagi untuk melaksanakan rakaat kedua dengan cara yang sama seperti rakaat pertama.
  11. Tahiyat awal dengan membaca tasyahud.
  12. Tahiyat akhir dengan membaca doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.
  13. Salah satu yang terakhir adalah membaca salawat atas Nabi Muhammad SAW.
  14. Bertakbir dan mengangkat kedua tangan untuk menandai akhir dari sholat dzuhur.

Keutamaan Sholat Dzuhur

Sholat dzuhur memiliki banyak keutamaan bagi umat muslim. Salah satu keutamaan sholat dzuhur adalah memberikan ketenangan dan ketentraman jiwa. Selain itu, sholat dzuhur juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Kesimpulan

Sholat dzuhur adalah sholat keempat dari lima waktu sholat yang harus dilakukan oleh umat muslim setiap harinya. Sholat dzuhur dilakukan pada waktu tengah hari ketika matahari berada di atas kepala. Sebelum melakukan sholat dzuhur, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan, seperti mandi atau wudhu dan memilih tempat yang tenang dan bersih. Tata cara sholat dzuhur terdiri dari beberapa langkah, seperti bertakbiratul ihram, membaca doa iftitah, membaca surat Al-Fatihah, membaca surat pendek atau panjang dari Al-Quran, ruku, sujud, dan lain-lain. Sholat dzuhur memiliki banyak keutamaan bagi umat muslim, seperti memberikan ketenangan dan ketentraman jiwa serta meningkatkan konsentrasi dan produktivitas dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Artikel Cara Sholat Dzuhur

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM