Hal-Hal yang Membatalkan Sholat
Hal-Hal yang Membatalkan Sholat

Hal-Hal yang Membatalkan Sholat

Sholat merupakan salah satu kewajiban dalam agama Islam. Namun, terkadang kita tidak menyadari bahwa ada beberapa hal yang dapat membatalkan sholat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja yang dapat membatalkan sholat agar kita dapat menghindarinya. Berikut adalah beberapa hal yang dapat membatalkan sholat:

1. Hilangnya Waktu Sholat

Waktu sholat memiliki batas waktu yang telah ditentukan. Jika kita melewatkan waktu sholat tanpa alasan yang dibenarkan, maka sholat tersebut tidak sah dan harus diulang kembali.

2. Hilangnya Kesucian Badan

Sebelum melakukan sholat, kita harus memastikan bahwa badan kita dalam keadaan suci. Jika badan kita tidak suci, misalnya karena belum mandi setelah bersetubuh atau menstruasi, maka sholat tidak sah.

3. Hilangnya Kesucian Pakaian

Pakaian yang kita kenakan saat sholat juga harus dalam keadaan suci. Jika terkena najis, maka harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum sholat.

4. Menjenguk Orang Sakit

Meskipun menjenguk orang sakit merupakan salah satu amalan yang dianjurkan dalam Islam, namun jika kita melakukan sholat setelah menjenguk orang sakit tanpa membersihkan diri terlebih dahulu, maka sholat tidak sah.

5. Makan atau Minum

Makan atau minum dapat membatalkan sholat. Oleh karena itu, sebaiknya kita tidak makan atau minum sebelum sholat agar sholat tidak batal.

6. Mengeluarkan Sesuatu dari Tubuh

Mengeluarkan sesuatu dari tubuh seperti kentut, buang air besar atau pipis dapat membatalkan sholat. Jika hal ini terjadi, maka sholat harus diulang setelah membersihkan diri terlebih dahulu.

7. Tidur

Tidur dapat membatalkan sholat. Oleh karena itu, sebaiknya kita tidak sholat saat merasa sangat mengantuk agar tidak tertidur selama sholat.

8. Berbicara

Berbicara selama sholat dapat membatalkan sholat. Oleh karena itu, sebaiknya kita tidak berbicara selama sholat kecuali dalam keadaan darurat.

9. Melakukan Gerakan yang Tidak Benar

Gerakan-gerakan dalam sholat harus dilakukan dengan benar. Jika kita melakukan gerakan yang tidak benar, maka sholat tidak sah.

10. Tidak Menutup Aurat

Menutup aurat saat sholat merupakan salah satu syarat sahnya sholat. Jika aurat tidak tertutup, maka sholat tidak sah.

11. Menyentuh Aurat

Menyentuh aurat selama sholat dapat membatalkan sholat. Oleh karena itu, sebaiknya kita tidak menyentuh aurat selama sholat.

12. Tidak Menghadap Kiblat

Menghadap kiblat merupakan salah satu syarat sahnya sholat. Jika kita tidak menghadap kiblat, maka sholat tidak sah.

13. Tidak Berwudhu

Wudhu merupakan syarat sahnya sholat. Jika kita tidak berwudhu, maka sholat tidak sah.

14. Tidak Membaca Al-Fatihah

Al-Fatihah merupakan syarat sahnya sholat. Jika kita tidak membaca Al-Fatihah, maka sholat tidak sah.

15. Tidak Mengucapkan Salam

Mengucapkan salam merupakan salah satu syarat sahnya sholat. Jika kita tidak mengucapkan salam, maka sholat tidak sah.

16. Mengalihkan Perhatian

Mengalihkan perhatian selama sholat dapat membatalkan sholat. Oleh karena itu, sebaiknya kita fokus saat melakukan sholat.

17. Menunda-nunda Sholat

Menunda-nunda sholat tanpa alasan yang dibenarkan dapat membatalkan sholat. Oleh karena itu, sebaiknya kita melaksanakan sholat tepat waktu.

18. Tidak Khusyuk

Khusyuk adalah suatu keadaan di mana kita benar-benar fokus dan khusyuk dalam melaksanakan sholat. Jika kita tidak khusyuk, maka sholat tidak sah.

19. Tidak Melakukan Rukun Sholat

Rukun sholat adalah bagian-bagian dari sholat yang harus dilakukan dengan benar dan lengkap. Jika kita tidak melakukan rukun sholat dengan benar dan lengkap, maka sholat tidak sah.

20. Tidak Melakukan Sunnah Sholat

Sunnah sholat adalah bagian-bagian dari sholat yang tidak wajib namun sangat dianjurkan untuk dilakukan. Jika kita tidak melakukan sunnah sholat, maka sholat kita tidak akan mendapatkan pahala yang maksimal.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa hal yang dapat membatalkan sholat. Oleh karena itu, sebaiknya kita selalu memperhatikan hal-hal tersebut agar sholat kita dapat sah dan diterima oleh Allah SWT.

Artikel Hal-Hal yang Membatalkan Sholat

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM