TEKNOBGT
Surat Yusuf Beserta Artinya
Surat Yusuf Beserta Artinya

Surat Yusuf Beserta Artinya

Surat Yusuf adalah salah satu surat dalam Al-Quran yang berisi kisah Nabi Yusuf. Surat ini terdiri dari 111 ayat dan termasuk dalam golongan surat Makkiyah. Surat Yusuf menceritakan tentang kisah hidup Nabi Yusuf yang penuh dengan lika-liku kehidupan dan cobaan yang berat.

Ayat 1-3: Permohonan Kebaikan dan Ketenangan

Surat Yusuf dimulai dengan permohonan kebaikan dan ketenangan dari Allah SWT. Ayat pertama dan kedua mengatakan bahwa Al-Quran adalah kitab yang penuh dengan hikmah dan petunjuk bagi umat manusia. Sedangkan ayat ketiga mengajarkan manusia untuk bersabar dan bertawakal pada Allah SWT.

Ayat 4-8: Mimpi Nabi Yusuf

Ayat-ayat selanjutnya menceritakan tentang mimpi Nabi Yusuf yang diinterpretasikan sebagai pertanda akan terjadinya musibah besar. Nabi Yusuf bermimpi bahwa matahari, bulan, dan sebelas bintang tunduk pada dirinya. Mimpi ini membuat ayah Nabi Yusuf, Yakub, merasa cemas dan khawatir terhadap keselamatan putranya.

Ayat 9-18: Rencana Kakak-Kakak Nabi Yusuf

Kakak-kakak Nabi Yusuf merencanakan untuk membunuh adiknya karena merasa iri dan dengki atas kelebihannya. Namun, salah satu kakak Nabi Yusuf, Yakub bin Yahya, berpendapat bahwa lebih baik membuang Nabi Yusuf ke dalam sumur daripada membunuhnya.

Ayat 19-35: Nabi Yusuf Dijual sebagai Budak

Kakak-kakak Nabi Yusuf menjualnya sebagai budak ke Mesir kepada seorang pedagang bernama Aziz. Di Mesir, Nabi Yusuf ditempatkan di rumah seorang bangsawan dan menjadi pembantu rumah tangga.

Ayat 36-54: Nabi Yusuf dan Zulaikha

Di rumah bangsawan itu, Nabi Yusuf bertemu dengan Zulaikha, istri majikannya yang tergila-gila padanya. Namun, Nabi Yusuf menolak godaan Zulaikha dan memilih untuk tetap taat kepada Allah SWT.

Ayat 55-65: Nabi Yusuf Dipenjara

Zulaikha mempermainkan Nabi Yusuf dan membuat suaminya marah sehingga Nabi Yusuf dipenjara. Namun, di dalam penjara, Nabi Yusuf mampu membantu beberapa narapidana untuk keluar dari penjara dan menjadi penasehat raja Mesir.

Ayat 66-99: Nabi Yusuf Menjadi Penasehat Raja Mesir

Nabi Yusuf menjadi penasehat raja Mesir dan mampu membantu mengatasi masalah kelaparan yang melanda Mesir. Dia juga bertemu kembali dengan kakak-kakaknya yang mencarinya di Mesir dan meminta maaf atas perbuatannya.

Ayat 100-111: Kesimpulan Surat Yusuf

Surat Yusuf diakhiri dengan pesan bahwa Allah SWT senantiasa memberikan bantuan bagi hamba-hamba-Nya yang taat dan sabar. Nabi Yusuf merupakan contoh teladan bagi umat manusia untuk tetap taat pada ajaran Allah SWT dan bersabar dalam menghadapi cobaan kehidupan.

Kesimpulan

Surat Yusuf mengajarkan kita untuk tetap taat pada ajaran Allah SWT dan bersabar dalam menghadapi cobaan kehidupan. Kisah hidup Nabi Yusuf yang penuh dengan lika-liku dan cobaan yang berat merupakan contoh bagi kita untuk tetap optimis dan berusaha keras dalam menghadapi segala tantangan. Semoga kita senantiasa mendapat rahmat dan hidayah dari Allah SWT.

ArtikelSurat Yusuf Beserta Artinya

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM