TEKNOBGT
Ayat Al Quran tentang Zina
Ayat Al Quran tentang Zina

Ayat Al Quran tentang Zina

Zina merupakan perbuatan tercela yang dilarang dalam Islam. Dalam Al Quran, terdapat beberapa ayat yang secara tegas melarang perbuatan zina. Ayat-ayat ini harus dipahami dengan baik oleh umat Islam agar dapat menjauhi perbuatan zina dan menjaga kehormatan diri serta keluarga.

1. Surat Al Isra (17) ayat 32

“Janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.”

Ayat ini mengajarkan kepada umat Islam untuk tidak mendekati perbuatan zina. Hal ini menunjukkan bahwa Islam sangat menghargai kehormatan diri dan menjaga kesucian tubuh sebagai amanah dari Allah SWT.

2. Surat An Nur (24) ayat 2

“Lashariratu zina fajliduhum kullu waahidin minhum mi’ata jaldah, wala takhudhkum bihi ra’fatum fi dini Allahi, in kuntum tu’minunna billahi wal yaumil akhiri wa liyakun ‘adhabun ‘azimun lakum.”

Ayat ini menjelaskan bahwa pelaku zina harus dihukum dengan hukuman rajam, yaitu dilempari dengan batu. Hal ini menunjukkan bahwa Islam sangat menghargai kesucian dari perbuatan zina dan mengajarkan untuk memberikan hukuman yang setimpal bagi pelakunya.

3. Surat An Nisa (4) ayat 15

“Walaika yatubun Allahu ‘alayhim, wa kana Allahu ‘alimun hakeemun.”

Ayat ini mengajarkan bahwa jika seseorang melakukan perbuatan zina, maka dia harus bertaubat kepada Allah SWT. Allah SWT sangat mengampuni dosa-dosa hamba-Nya yang bertaubat dengan sungguh-sungguh.

4. Surat Al Furqan (25) ayat 68

“Wala yasna’ zinah, wa man yaf’al dhalika yalqusna.”

Ayat ini mengajarkan untuk tidak melakukan perbuatan zina, karena perbuatan ini akan merusak kesucian diri dan akan mendatangkan dosa bagi pelakunya.

5. Surat An Nisa (4) ayat 16

“Walaika humul fasiqun.”

Ayat ini mengajarkan bahwa pelaku zina adalah orang yang fasik, yaitu orang yang menyimpang dari ajaran-ajaran Islam. Hal ini menunjukkan bahwa perbuatan zina sangat dilarang dalam Islam dan akan mendatangkan dosa bagi pelakunya.

6. Surat Al An’am (6) ayat 151

“Wa la taqrabu alzina innahu kana fahishatan wa sa’a sabila”

Ayat ini mengajarkan untuk tidak mendekati perbuatan zina, karena perbuatan ini adalah perbuatan keji dan sangat merusak akhlak seseorang.

7. Surat Al Ma’arij (70) ayat 29-30

“Wa alladhina hum lifurujihim hafizun, illa ‘ala azwajihim aw ma malakat aymanuhum fa innahum ghayru malumun.”

Ayat ini mengajarkan bahwa seseorang harus menjaga kemaluan dan menjauhi perbuatan zina. Hal ini menunjukkan bahwa Islam sangat menghargai kehormatan diri dan menjaga kesucian tubuh sebagai amanah dari Allah SWT.

8. Surat Al Baqarah (2) ayat 187

“Hunna libasun lakum wa antum libasun lahunna.”

Ayat ini menjelaskan bahwa pasangan suami istri adalah pakaian bagi masing-masing pasangan. Hal ini menunjukkan bahwa Islam sangat menghargai hubungan suami istri dan mengajarkan untuk menjaga kesucian dalam hubungan tersebut.

9. Surat Al Maidah (5) ayat 5

“Wa la taqrabu al salata wa antum sukara hatta ta’lamu ma taquluun wa la junuban illa ‘abir sabilin hatta taghtasilu.”

Ayat ini mengajarkan untuk tidak mendekati salat dalam keadaan mabuk atau dalam keadaan junub. Hal ini menunjukkan bahwa Islam sangat menghargai kesucian dalam ibadah dan mengajarkan untuk menjaga kesucian diri.

10. Surat Al An’am (6) ayat 152

“Wa la taqrabu ma la yisala kabihi ‘ilmun.”

Ayat ini mengajarkan untuk tidak mendekati hal-hal yang tidak diketahui kebenarannya. Hal ini menunjukkan bahwa Islam sangat mengajarkan untuk berpikir dan bertindak dengan bijak dalam mengambil keputusan.

11. Surat An Nisa (4) ayat 25

“Wa man lam yastati’ minkum tawlan an yankiha almuhsanatu almu’minatu fa min ma malakat aymanukum min fataatiikum almu’minina wa Allahu ‘alamu bi’imanikum ba’dakum biba’din fankihuuhunna bi’idhni ahlihim wa atuuhunna ujurahunna bialma’roofi muhsinan.”

Ayat ini menjelaskan tentang pernikahan dalam Islam. Islam mengajarkan untuk menikah dengan wanita yang baik dan beriman serta menjaga kehormatan diri dan keluarga.

12. Surat Al Baqarah (2) ayat 232

“Wa la tunkihu almu’shiraati hatta yankiha wa la muhsinatu mina alnnisaa’i illa ma malakat aymaanukum kitaban Allahi ‘alaykum.”

Ayat ini menjelaskan tentang pernikahan dalam Islam. Islam mengajarkan untuk menikah dengan wanita yang baik dan beriman serta menjaga kehormatan diri dan keluarga.

13. Surat An Nisa (4) ayat 27

“Yureedu Allahu liyubayyina lakum wayahdiyakum sunana allatheena min qablikum wayatooba ‘alaykum wa Allahu ‘aleemun hakeemun.”

Ayat ini mengajarkan tentang harta dalam Islam. Islam mengajarkan untuk mengelola harta dengan bijak dan tidak merugikan orang lain.

14. Surat Al Hujurat (49) ayat 11-12

“Inna almunafiqeena yu’khd’oona Allaha wa huwa khad’uhum wa ida qaloo la taftinoo bialbahri qaloo bal naktisibu ma’ahum ma lam yuhibbuhu Allahu walanu’ti bihi ajra almuhsineen.”

Ayat ini mengajarkan tentang perkataan dalam Islam. Islam mengajarkan untuk berbicara dengan baik dan tidak menyakiti hati orang lain.

15. Surat An Nisa (4) ayat 29

“Wala taqtulu anfusakum, inna Allaha kana bikum rahimaa.”

Ayat ini mengajarkan tentang kehidupan dalam Islam. Islam mengajarkan untuk menghargai kehidupan dan tidak membunuh orang lain tanpa alasan yang jelas.

16. Surat Al Isra (17) ayat 36

“Wala tasifu ma laysa laka bihi ‘ilmun, innas sam’a wal basara wal fu’ada kullu ulai ka kana ‘anhu mas’uula.”

Ayat ini mengajarkan untuk tidak berkata-kata tentang hal-hal yang tidak diketahui kebenarannya. Hal ini menunjukkan bahwa Islam sangat meng

Artikel Ayat Al Quran tentang Zina

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM