TEKNOBGT
Pengertian Recount

Recount merupakan jenis teks yang berisi cerita pengalaman atau kejadian yang telah terjadi. Teks recount biasanya ditulis berdasarkan urutan waktu dan menggunakan kata-kata yang sederhana sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

Struktur Teks Recount

Teks recount memiliki struktur yang terdiri dari tiga bagian utama, yaitu:

• Orientation
  • Event(s)
  • Reorientation

Orientation merupakan bagian yang berisi informasi mengenai waktu, tempat, dan orang yang terlibat dalam cerita. Sedangkan event(s) adalah bagian utama yang berisi cerita pengalaman atau kejadian yang ingin diceritakan. Terakhir, reorientation adalah bagian yang berisi kesimpulan atau pesan yang ingin disampaikan oleh penulis.

Karakteristik Teks Recount

Teks recount memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dengan jenis teks lainnya. Beberapa karakteristik tersebut antara lain:

• Penulis menceritakan pengalaman atau kejadian yang telah terjadi
  • Teks ditulis menggunakan kata-kata sederhana dan mudah dipahami
  • Teks ditulis berdasarkan urutan waktu
  • Biasanya terdapat gambaran atau deskripsi mengenai karakter yang terlibat dalam cerita
  • Tidak memiliki unsur konflik yang kuat

Tujuan Teks Recount

Tujuan dari teks recount adalah untuk menceritakan pengalaman atau kejadian yang telah terjadi. Selain itu, teks recount juga dapat digunakan untuk memberikan hiburan atau sebagai bahan bacaan yang menghibur.

Contoh Teks Recount

Berikut adalah contoh teks recount mengenai pengalaman berlibur ke pantai:

Orientation: Pada musim panas lalu, saya dan keluarga pergi berlibur ke pantai.

Event(s): Kami tiba di pantai pada pagi hari dan langsung menuju ke pantai. Kami berenang dan bermain pasir sepanjang hari. Siang harinya, kami makan siang di warung pinggir pantai dan menikmati makanan laut yang segar. Setelah itu, kami berjalan-jalan di sepanjang pantai dan menikmati pemandangan yang indah. Saat matahari mulai tenggelam, kami kembali ke penginapan dan menikmati makan malam yang lezat.

Reorientation: Liburan ke pantai benar-benar menyenangkan. Kami berharap bisa kembali ke pantai lagi di masa depan.

Kelebihan Teks Recount

Teks recount memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan jenis teks lainnya. Beberapa kelebihan tersebut antara lain:

• Mudah dipahami oleh pembaca karena menggunakan kata-kata sederhana
  • Menghibur pembaca karena menceritakan pengalaman atau kejadian yang menarik
  • Dapat digunakan sebagai bahan bacaan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis

Contoh Soal Teks Recount

Berikut adalah contoh soal mengenai teks recount:

“Pada hari Minggu lalu, saya dan keluarga pergi ke taman bermain. Kami membeli tiket masuk dan langsung menuju ke wahana permainan. Pertama-tama, kami naik roller coaster yang sangat seru. Setelah itu, kami mencoba wahana yang lain seperti bianglala dan rumah hantu. Selama di taman bermain, kami juga membeli makanan seperti hot dog dan popcorn. Pada akhirnya, kami pulang dengan perasaan senang dan lelah.”

Berdasarkan teks di atas, manakah yang bukan merupakan struktur teks recount?

Jawaban: Deskripsi karakter yang terlibat dalam cerita

Kesimpulan

Recount merupakan jenis teks yang berisi cerita pengalaman atau kejadian yang telah terjadi. Teks recount memiliki struktur yang terdiri dari tiga bagian utama yaitu orientation, event(s), dan reorientation. Teks recount memiliki kelebihan seperti mudah dipahami oleh pembaca dan dapat menghibur pembaca. Selain itu, teks recount juga dapat digunakan sebagai bahan bacaan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis.