TEKNOBGT
Hadits Makan dan Minum Sambil Berdiri
Hadits Makan dan Minum Sambil Berdiri

Hadits Makan dan Minum Sambil Berdiri

Di dalam agama Islam, terdapat banyak sekali hadits yang mengajarkan kita tentang berbagai hal, termasuk tentang cara makan dan minum. Salah satu hadits yang sering kita dengar adalah tentang makan dan minum sambil berdiri. Namun, apakah benar-benar dianjurkan untuk makan dan minum sambil berdiri? Berikut penjelasan lebih lanjut.

Hadits Tentang Makan dan Minum Sambil Berdiri

Hadits yang sering dikutip tentang makan dan minum sambil berdiri adalah sebagai berikut:

“Sesungguhnya aku melarang kalian makan dan minum sambil berdiri, karena sesungguhnya syaitan makan dan minum sambil berdiri.”

(HR. Muslim no. 2027)

Dari hadits ini, terlihat bahwa makan dan minum sambil berdiri dilarang oleh Nabi Muhammad SAW karena syaitan juga melakukan hal yang sama. Namun, apakah benar-benar dianjurkan untuk makan dan minum sambil duduk? Berikut penjelasannya.

Keutamaan Makan dan Minum Sambil Duduk

Islam mengajarkan kita untuk makan dan minum sambil duduk. Hal ini karena makan dan minum sambil duduk lebih baik untuk kesehatan tubuh kita. Selain itu, makan dan minum sambil duduk juga membuat kita lebih tenang dan santai saat makan.

Menurut para ahli kesehatan, makan dan minum sambil berdiri dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti sakit perut, asam lambung naik, dan gangguan pencernaan lainnya. Selain itu, makan dan minum sambil berdiri juga dapat mengganggu keseimbangan tubuh kita.

Makan dan minum sambil duduk juga memiliki keutamaan dalam agama Islam. Nabi Muhammad SAW sendiri selalu makan dan minum sambil duduk. Hal ini terlihat dari beberapa hadits berikut:

“Sesungguhnya aku adalah seorang manusia seperti kalian, yang makan dan minum seperti kalian. Maka barangsiapa yang duduk sambil makan, maka hendaklah ia mengucapkan bismillah. Dan barangsiapa yang lupa mengucapkan bismillah di awal, maka hendaklah ia mengucapkannya di akhir makan, yaitu dengan mengucapkan: bismillah fi awwalihi wa akhirihi.”

(HR. Abu Daud 3767)

“Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaklah ia duduk, karena sesungguhnya itu lebih baik bagi kalian.”

(HR. Bukhari no. 5084 dan Muslim no. 2156)

Dari hadits-hadits tersebut, terlihat bahwa makan dan minum sambil duduk adalah lebih baik dan dianjurkan dalam agama Islam.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa makan dan minum sambil berdiri dilarang dalam agama Islam karena syaitan juga melakukannya. Sebaliknya, makan dan minum sambil duduk adalah lebih baik dan dianjurkan dalam agama Islam karena lebih baik untuk kesehatan tubuh dan memiliki keutamaan dalam agama.

Jadi, jika kita ingin hidup sehat dan mendapatkan keberkahan dalam makan dan minum, sebaiknya kita mengikuti ajaran agama Islam untuk makan dan minum sambil duduk.

Artikel Hadits Makan dan Minum Sambil Berdiri

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM