TEKNOBGT
Dalil Tentang Qurban
Dalil Tentang Qurban

Dalil Tentang Qurban

Pengertian Qurban

Qurban adalah sebuah ibadah yang dilakukan oleh umat muslim pada saat hari raya idul adha. Qurban merupakan bentuk pengorbanan hewan yang dilakukan sebagai tanda syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan.

Dalil-dalil Tentang Qurban

1. Surat Al-Kautsar ayat 2فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْArtinya: “Maka dirikanlah shalat untuk Tuhanmu dan berqurbanlah.”2. Surat Al-Hajj ayat 37لَنْ يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَاؤُهَا وَلَٰكِنْ يَنَالُهُ التَّقْوَىٰ مِنْكُمْ ۚ كَذَٰلِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ ۗ وَبَشِّرِ الْمُحْسِنِينَArtinya: “Bukanlah daging dan darah (hewan qurban) yang dapat mencapai keridhaan Allah, akan tetapi yang mencapainya adalah taqwa dari kalian. Demikianlah Allah menundukkan (hewan qurban) itu untuk kalian, supaya kalian membesarkan Allah atas petunjuk-Nya kepada kalian. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.”3. Surat Al-Baqarah ayat 196وَأَتِمُّوا الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلَّهِ ۚ فَإِنْ أُحْصِرْتُمْ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِ ۖ وَلَا تَحْلِقُوا رُءُوسَكُمْ حَتَّىٰ يَبْلُغَ الْهَدْيُ مَحِلَّهُ ۚ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ بِهِ أَذًى مِنْ رَأْسِهِ فَفِدْيَةٌ مِنْ صِيَامٍ أَوْ صَدَقَةٍ أَوْ نُسُكٍ ۚ فَإِذَا أَمِنْتُمْ فَمَنْ تَمَتَّعَ بِالْعُمْرَةِ إِلَى الْحَجِّ فَمَا اسْتَيْسَرَ مِنَ الْهَدْيِ ۚ فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ فِي الْحَجِّ وَسَبْعَةٍ إِذَا رَجَعْتُمْ ۗ تِلْكَ عَشَرَةٌ كَامِلَةٌ ۗ ذَٰلِكَ لِمَنْ لَمْ يَكُنْ أَهْلُهُ حَاضِرِي الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِArtinya: “Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah. Kemudian jika kalian terhalang dalam melaksanakannya, maka (yang diwajibkan) adalah berkorban. Dan janganlah kalian mencukur rambut kepala sebelum (hewan) korban sampai korban telah sampai tempatnya. Maka barangsiapa di antara kalian sakit atau dalam keadaan yang menyulitkan karena rambutnya, maka hendaklah ia mengganti dengan puasa atau sedekah atau korban. Apabila kalian telah aman (dari bahaya), maka barangsiapa yang ingin melaksanakan umrah sebelum haji, maka hendaklah ia berkorban yang mudah didapatnya. Dan barangsiapa yang tidak menemukan (hewan korban) maka hendaklah ia berpuasa tiga hari selama dalam perjalanan haji dan tujuh hari ketika kembali. Itu sepuluh hari secara keseluruhan. Hal itu diperintahkan Allah bagi orang-orang yang tidak tinggal dekat dengan Masjidil Haram. Dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah sangat keras hukumannya.”

Keutamaan Qurban

1. Mendekatkan diri kepada Allah SWT
2. Menunjukkan rasa syukur kepada Allah SWT
3. Menguatkan tali persaudaraan antar sesama muslim
4. Memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan

Syarat-syarat Qurban

1. Hewan yang akan dikurbankan harus sehat, tidak cacat, dan memiliki umur tertentu.
2. Hewan yang akan dikurbankan harus dipilih dari jenis hewan qurban yang disyariatkan, yaitu sapi, kambing, atau domba.
3. Hewan yang akan dikurbankan harus dimiliki secara halal dan tidak berasal dari hasil korupsi atau penipuan.
4. Hewan yang akan dikurbankan harus disembelih oleh seseorang yang memenuhi syarat sebagai penyembelih.

Kesimpulan

Dari beberapa dalil di atas, dapat disimpulkan bahwa qurban adalah sebuah ibadah yang sangat dianjurkan dalam agama islam. Qurban dilakukan sebagai bentuk pengorbanan dan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah diberikan. Selain itu, qurban juga memiliki manfaat sosial dalam membantu masyarakat yang membutuhkan. Oleh karena itu, sebagai umat muslim, kita perlu memahami syarat-syarat dalam melakukan qurban supaya ibadah yang kita lakukan diterima oleh Allah SWT.

Artikel Dalil Tentang Qurban

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM