Hadist Tentang Amal Jariyah
Hadist Tentang Amal Jariyah

Hadist Tentang Amal Jariyah

Pengertian Amal Jariyah

Amal jariyah adalah amal yang terus mengalir manfaatnya bagi orang lain meskipun sudah meninggal dunia. Amal jariyah bisa berupa sedekah jariyah, seperti membangun masjid, sumur, atau membiayai pendidikan orang lain.

Hadist Tentang Amal Jariyah

Ada beberapa hadist yang menunjukkan pentingnya amal jariyah, di antaranya adalah:1. Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Apabila seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau doa anak yang sholeh.” (HR. Muslim)2. Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya ketika manusia meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang mendoakannya.” (HR. Muslim)3. Dari Sa’id bin Ubadah, Rasulullah bersabda, “Jika anak Adam meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang mendoakannya.” (HR. Muslim)

Keutamaan Amal Jariyah

Adapun keutamaan dari amal jariyah adalah:1. Berpahala terus menerusAmal jariyah akan terus mengalir pahalanya bagi pelakunya meskipun sudah meninggal dunia. Bahkan, pahalanya bisa semakin besar jika amal jariyah tersebut memberikan manfaat yang besar bagi orang banyak.2. Menjadi tabungan di akhiratAmal jariyah bisa menjadi tabungan di akhirat bagi pelakunya. Semakin besar amal jariyah yang dilakukan, semakin besar juga tabungan yang akan diperoleh di akhirat nanti.3. Menghapus dosaAmal jariyah juga bisa menghapus dosa-dosa yang pernah dilakukan oleh pelakunya. Sehingga, amal jariyah bisa menjadi sarana untuk mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

Contoh Amal Jariyah

Beberapa contoh amal jariyah yang bisa dilakukan antara lain:1. Membangun masjidMembangun masjid adalah salah satu amal jariyah yang paling utama. Karena, masjid adalah tempat ibadah yang bisa memberikan manfaat bagi banyak orang.2. Membangun sumurMembangun sumur juga termasuk dalam amal jariyah. Karena, sumur bisa memberikan manfaat bagi banyak orang dalam memenuhi kebutuhan air bersih.3. Membantu pendidikan orang lainMembantu pendidikan orang lain juga termasuk dalam amal jariyah. Karena, pendidikan bisa memberikan manfaat bagi orang yang mendapatkannya.

Kesimpulan

Amal jariyah adalah amal yang terus mengalir manfaatnya bagi orang lain meskipun sudah meninggal dunia. Ada beberapa hadist yang menunjukkan pentingnya amal jariyah, di antaranya adalah sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau doa anak yang sholeh. Keutamaan dari amal jariyah adalah berpahala terus menerus, menjadi tabungan di akhirat, dan menghapus dosa. Beberapa contoh amal jariyah yang bisa dilakukan antara lain adalah membantu pendidikan orang lain, membangun sumur, dan membangun masjid.

Artikel Hadist Tentang Amal Jariyah

© Copyright 2023 TEKNOBGT.COM